5 Langkah Membuat NFT Sendiri

Advertisement

Advertisement

NFT atau non fungible token adalah sebuah aset berharga yang bisa menghasilkan uang jika dijual dengan bantuan marketplace NFT. Objek NFT sendiri tidak terbatas untuk gambar saja, tetapi juga untuk video, gif, game, meme atau simbol unik. Kemudian nantinya setiap objek akan diubah menjadi NFT dan diposting ke pasar NFT misalnya Rerible atau Opensea. 

Membuat NFT Sendiri

Coba yuk, tutorial membuat NFT sendiri dan yakin laku!

1. Buat karya sendiri 

Karya seni memang tidak terbatas untuk grup tertentu, semua orang boleh membuat karya seni sesuai dengan tingkat kreatifitasnya. Karya seni Anda misalnya suara kucing level, gambar vektor bingung, atau video lucu yang benar – benar asli. Sehingga, Anda tidak akan tersangkut masalah hukum aset ke depannya. Pembuatan aset bebas, boleh dengan lukisan tangan asli, kamera, editing. 

2. Pilih blockchain 

Membuat NFT sendiri selalu berkaitan dengan blockchain yang saat ini ramai orang gunakan adalah ETh bukan bitcoin. Keduanya memiliki fungsi sama tetapi ETH lebih stabil nilai pembayarannya dibandingkan dengan blockchain lainnya. Lebih amannya, ETH adalah aset yang wajib Anda miliki sebelum menjual NFT sebagai bentuk transaksi mata uang kripto. Ibaratnya, Anda harus ada uang Rp. 100 ribu di saldo untuk alat pembayaran yang jenisnya sama yaitu uang fisik. Kalau NFT uang dalam bentuk ETH. 

3. Tentukan dompet kripto 

Untuk membeli atau menjual aset NFT, Anda harus memiliki dompet kripto sebagai media konversi untuk menukarkan uang fisik dalam bentuk mata uang kripto. Misalnya, Anda ada seni foto, kemudian memilih dompet kripto Math Wallet, Trust Wallet,  AlphaWallet, atau oinbase Wallet.  

4. Pilih pasar NFT 

Setelah itu, Anda pilih pasar NFT, katakanlah Anda menggunakan Opensea atau Rerible yang peminatnya sangat tinggi. Kemudian nantinya pasar NFT akan memperlihatkan sederetan postingan karya unik beserta harga di bagian bawahnya. 

5. Posting aset di pasar NFT 

Karya siap untuk di posting dengan mencantumkan harga yang bersaing artinya harga yang Anda pajang dibuat lebih murah dari harga postingan lainnya untuk menarik calon pembeli. Anda juga harus menetapkan batas lelang untuk 1 karya seni. Jika karya Anda belum juga ada yang mencolek, maka naikkan batas waktu lelang ke unlimited.  

Saat karya pertama membuat NFT sendiri laku, tentu merasa wajib untuk posting karya lagi bukan?

Inilah yang dinamakan dengan minting NFT, setiap ada postingan laku berikan jeda sesaat untuk merangsang orang penasaran dengan foto Anda. Namun, untuk semua aktivitas posting cara mendapatkan NFT tentu ada biaya lainnya, tidak 100% gratis karena timbal balik dari sebuah karya tersebut sangat tinggi. Anda bisa mempelajari berapa biaya dalam bentuk ETH sebagai modal untuk memulai karya lagi di waktu ke depan.