Penyebab Mengapa Harga NFT Token Tinggi Dan Faktor Penentu Harga NFT Token Tinggi

Advertisement

Advertisement

Aset Non-Fungible Token atau NFT saat ini memang sangat diminati, setelah sebelumnya ada beberapa kabar berita terjual lakunya foto milik warga Indonesia hingga harga miliaran rupiah. NFT sendiri adalah salah satu aset seperti sertifikat hak cipta yang menjamin keaslian dari sebuah karya seni dalam bentuk digital. Namun, cara kerja dari NFT sendiri mungkin yang membuat harga NFT token yang melambung.

Harga NFT Token

Kenapa harga NFT Token Tinggi?

Melambung tingginya NFT token tentu saja bukan tanpa alasan, pasalnya ada alasan paling mendasar yakni karena tidak ada penguasaan dan dominasi di dalam skema dari penjualan dan perdagangan NFT. Artinya cara menjual NFT sendiri tidak ada aktor dominan yang bisa mengendalikan harga yang ada di NFT. Hal ini karena heterogenitas dari NFT yang menguasai menjadi penentu nilai atau harga dari karya seni tersebut. 

Walaupun ada banyak karya seni digital NFT yang tersedia, namun sama sekali tidak ada penguasaan harga. Hal ini tentu saja menyebabkan harga nft token sendiri ditentukan oleh penjual dan pembeli bukan dari pihak ketiga yang menentukannya, seperti yang biasa terjadi di perdagangan konvensional yang membutuhkan campur tangan perusahaan atau pemerintah.

Selain itu, skema dari perdagangan barang di NFT sebenarnya mirip dengan skema perdagangan karya seni pada umumnya. Nilai satu lukisan sebenarnya dihasilkan dari hubungan yang kompleks antara penjual dan pembeli di marketplace OpenSea. 

Biasanya ini akan mengikuti selera dan trend yang sedang menjadi salah satu dasar utama dalam menentukan harga yang bersifat dinamis dan tidak pasti. Selera dan trend pasar ditafsirkan oleh pembeli dan penjual menjadi produk yang memiliki nilai. 

Dengan demikian, pada dasarnya harga NFT token sendiri memang sangat dinamis dan melambung karena memang semua orang bisa menentukan harga dari NFT sendiri dan semua orang tentu saja bisa dengan lebih bebas untuk melakukan penawaran untuk menjual dan membeli NFT.

Faktor yang mempengaruhi Harga NFT token

Walaupun memang dinamis, namun setidaknya ada tiga faktor yang bisa mempengaruhi harga NFT token yang akhirnya menafsirkan harga dari NFT itu sendiri, diantaranya adalah faktor visual, harga jual NFT hingga hubungan antara penjual dan pembeli dalam NFT itu sendiri. 

1. Harga Jual 

Salah satu faktor yang menjadi penentu dari harga jual NFT adalah harga jual sebelumnya. Jika sebelumnya harga NFT dari salah satu penjual terkenal maka harganya akan naik. Maka dari itu, harga NFT sendiri menjadi indikator penentu harga untuk model NFT serupa.

2. Kualitas

Faktor terbesar selanjutnya yang menentukan harga NFT token adalah kualitas visual dari NFT itu sendiri. 

3. Popularitas

Faktor lain yang mempengaruhi harga NFT sendiri adalah popularitas dari penjual. Dan NFT sendiri biasanya diperdagangkan melalui skema lelang yang sering dijumpai di beberapa situs online seperti Opensea.