Penasaran Dan Ingin Membuat NFT Token? Ini Dia Langkahnya!

Advertisement

Advertisement

Non-Fungible Token atau disingkat dengan NFT memang salah satu aset digital yang sedang naik daun dan populer di masa ini. NFT ini bisa dikatakan seperti sertifikat digital bagi mereka (para pencipta) yang memiliki karya digital seperti video, foto ataupun karya virtual lainnya. Selain itu, NFT ini juga berfungsi untuk menandai kepemilikan yang ada dari sebuah item secara digital. 

Membuat NFT Token

Namun, tahukah Anda bahwa membuat NFT token ini ternyata sangat mudah. Jika penasaran langsung saja lihat informasinya seperti dibawah ini.

1. Cobalah Untuk Memilih Item Aset Digital

Untuk langkah pertama sebelum membuat NFT Token pastikan terlebih dahulu Anda telah membuat sebuah karya seni yang nantinya siap dijual di NFT. Di mana karya digital yang nantinya bisa dijual di NFT yakni meliputi seperti barang koleksi, GIF, video, music, dokumen digital dan karya digital lainnya.

2. Siapkan Ethereum Sebagai Langkah Membuat NFT Token

Ethereum merupakan token ataupun mata uang digital yang memungkinkan para pengguna agar bisa menggunakan NFT. Jadi, untuk membuat NFT bisa dilakukan di banyak blockchain yang berbeda. Akan tetapi, untuk cara yang lebih sederhana maka Anda bisa menggunakan ethereum dan mata uang ETH ini memang paling populer dan mendukung NFT.

3.  Pilihlah Pasar

Kemudian untuk cara mendapatkan NFT maka Anda harus bisa memperhatikan tahap atau langkah ini. Di mana Anda perlu memilih pasar dan mencantumkan NFT karya milik Anda. Ada beberapa marketplace yang populer saat ini yang bisa Anda gunakan salah satunya OpenSea, Metaroid dan lainnya. 

Jadi, jika nantinya Anda tertarik memilih marketplace OpenSea maka untuk caranya sangat mudah, pertama klik ikon pengguna > Profil Saya. Kemudian pada halaman ini, nantinya Anda akan bisa memilih metode penghubungan dompet ETH. Apabila Anda ingin menggunakan MetaMask maka Anda bisa memilih menu “gunakan wallet yang berbeda” dan tekan WalletConnet. 

Selanjutnya Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk platform dan jangan lupa pula untuk melakukan konfirmasi WalletConnect yang telah Anda unduh menggunakan app MetaMask.

4. Membuat NFT

Pada langkah ini yaitu membuat NFT. Jadi, setelah dompet ETH telah terhubung ke OpenSea maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya untuk membuat NFT. Caranya, klik “buat” yang terdapat pada menu atas dan buat koleksi. Disini Anda bisa melengkapi semua data informasi yang diminta dan klik simpan. Kemudian klik Item baru dan unggah karya seni milik Anda dan jangan lupa pula untuk menulis keterangan yang Anda inginkan serta klik Buat.

Jadi, dengan begitu token Anda sudah terbuat dan untuk bisa menjualnya di OpenSea maka Anda perlu membuka sebuah item yang baru saja dibuat di koleksi milik Anda serta silahkan jual. Selain itu, pada halaman penjualan, disini Anda juga bisa memilih token ETH yang akan Anda terima yakni sebagai pembayarannya.

Bagaimana sangat mudah sekali bukan? jika semuanya sudah terdaftar dan telah menjual token di pasar OpenSea maka saatnya untuk menunggu pembeli dan menghasilkan keuntungan.