Cara Membuat NFT Yang Mudah Dijamin Untung Besar

Advertisement

Advertisement

Belakangan ini, hadirnya NFT (Non-Fungible Token) menjadi salah satu produk investasi yang kian populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, sebagai salah satu aset digital yang mampu mewakili objek dunia nyata seperti seni musik, lukisan, video dan berbagai item dalam game, menjadikan NFT ini menjadi topik pembicaraan hangat karena dinilai mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan. Sehingga, tak mengherankan jika sekarang ini banyak orang berlomba – lomba untuk mengetahui tips bagaimana cara membuat NFT yang mudah dan praktis. 

Cara Membuat NFT


Mengenal pengertian apa itu NFT

Secara umum, NFT sendiri dikatakan sebagai salah satu produk investasi turunan dari crypto (kripto). Token yang diperoleh dari NFT ini nantinya bisa dengan mudah ditukarkan ke blockchain (teknologi penyimpanan data digital yang terhubung dengan kriptografi). Di sisi lain, NFT juga dikenal sebagai suatu aset digital berbentuk karya seni / aneka barang koleksi seperti halnya foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game dan lain – lain. Adapun koleksi inilah yang nantinya bisa dipakai untuk membeli sesuatu secara online.

Jika tadi Anda hanya mengetahui pengertian soal NFT saja, maka kini Anda juga perlu tahu mengenai pengertian NFT Crypto. Umumnya, NFT Crypto sendiri dikatakan tidak ada duanya atau tidak ada duplikatnya sama sekali dan memang sudah termasuk dikatakan sebagai sebuah token yang unik. Terlebih lagi jika melihat keberadaannya yang sudah ada sejak tahun 2014 silam, NFT Crypto ini sudah semakin populer di kalangan masyarakat. Ini dikarenakan, produk tersebut menjadi salah satu metode praktis dalam membeli / menjual karya seni.

Apa perbedaan antara NFT dan Crypto?

Meskipun NFT dikatakan sebagai turunan dari crypto, akan tetapi siapa sangka jika NFT sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Baik itu dari segi bentuk, tujuan dan penggunaannya. Sebagai contoh aset kripto seperti Bitcoin yang memiliki nilai tukar yang sama dan bisa dijualbelikan. Dalam aset kripto ini, uang senilai Rp 100 ribu nilai tukarnya akan tetap Rp 100 ribu. Hal ini sama dengan 1 Bitcoin yang bernilai 1 Bitcoin. Sehingga, persamaan inilah yang menjadikan kripto sebagai alat terpercaya dalam melakukan transaksi di blockchain.

Kendati demikian, Anda juga perlu memahami bahwa harga 1 NFT sendiri terbilang mahal karena memang diproduksi / dibuat sekali dengan nilai seni yang berbeda – beda dan sudah dilengkapi dengan tanda tangan secara digital. Artinya, hal ini menjadikan setiap produk NFT tidak bisa ditukar dengan NFT lain. Di samping itu, NFT juga memiliki data uni yang kinerjanya seperti sidik jari untuk memudahkan proses verifikasi kepemilikannya yang bersifat mutlak. Dalam hal ini, NFT memiliki beberapa fungsi / kegunaan di berbagai sektor antara lain sebagai berikut :

  • Sektor industri karya seni
  • Sektor hobi dan hiburan
  • Sektor bisnis

Sistem kerja dari NFT Crypto

Meski kehadirannya dikatakan sering kali diperjualbelikan menggunakan mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum di marketplace de NFT, akan tetapi Anda perlu tahu bahwa NFT ini bukanlah mata uang kripto. Hal ini dikarenakan, NFT dikatakan unik lantaran mereka tidak memiliki nilai yang setara / sebanding dengan NFT unik yang lainnya. Dimana dalam hal ini, Anda bisa menggabungkan satu NFT dengan yang lain untuk dapat mengembangkan NFT ketiga yang tentunya unik.

Dengan harga NFT Crypto yang terbilang cukup menjanjikan, maka tidak heran jika produk investasi ini dapat memberikan manfaat utama untuk efisiensi pasar. Sebab, dengan NFT bisa dijadikan sebagai konversi aset fisik yang mampu menjadi aset digital untuk dapat menyederhanakan proses dan menghilangkan perantara. Bahkan, NFT ini juga mampu mewakili suatu karya seni digital pada blockchain untuk menghilangkan kebutuhan akan agen dan mampu membantu seniman untuk bisa terhubung langsung dengan para audien mereka.

Bagaimana cara membuat NFT yang mudah dan praktis?

Sebelum menerapkan tips cara bermain NFT, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana proses pembuatan dari NFT itu sendiri, bukan? Apalagi jika Anda merupakan seorang desainer atau seniman, maka hal ini akan lebih memudahkan dalam membuat NFT karya sendiri yang tentunya unik dan menarik. Oleh karena itu, disini akan dijelaskan secara lebih lengkap mengenai tips membuat NFT paling mudah dan praktis.

Pilih item / karya seni yang tepat

Walaupun kini sudah banyak penawaran mengenai cara membeli NFT di berbagai marketplace, akan tetapi akan lebih baik jika Anda tahu bagaimana proses membuat karya seni tersebut. Dalam membuat NFT ini, langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan memilih item / karya seni yang tepat. Disini, Anda bisa membuat NFT dari teks, musik, lukisan digital maupun video untuk diubah menjadi potongan – potongan unik yang memiliki nilai jual tinggi.

Menyiapkan beberapa Ether

Jika sudah memilih aset digital, maka langkah selanjutnya yakni dengan menyiapkan beberapa Ether. Dimana, Ether ini merupakan token atau mata uang yang membantu memungkinkan / mendorong penggunaan aplikasi ini. Mengingat dalam membuat NFT ini perlu yang namanya biaya, maka Anda perlu mengunduh aplikasi bernama MetaMask di perangkat ponsel. Adapun untuk memiliki Ether ini, dibutuhkan harga NFT paling mahal yakni setidaknya Us$ 100.

Tentukan pasar

Apabila sudah menyiapkan beberapa Ether, maka langkah selanjutnya yakni dengan menentukan pasar / tempat Anda untuk membuat dan mencantumkan berbagai contoh NFT Crypto. Disini, Anda bisa menggunakan beberapa pasar seperti Mintable, Rarible maupun OpenSea. Dalam pemilihan pasar ini, ada baiknya Anda untuk menggunakan OpenSea karena dinilai sebagai pasar gratis dan tidak memiliki moderasi yang rumit pada konten yang nantinya akan Anda daftarkan.

Mulai membuat NFT 

Setelah Anda berhasil menghubungkan dompet Ether ke pasar OpenSea, maka Anda nantinya bisa memulai untuk membuat NFT baru yang sebenarnya. Ketika karya Anda dimuat di situs tersebut, maka pastikan memberikan detail secara lengkap untuk menarik peluang pendapatan berupa coin NFT terbaik nantinya. Apabila karya seni yang Anda buat berhasil menarik perhatian, maka nantinya Anda akan mendapatkan royalti berupa pembayaran yang sesuai dengan kebijakan dari pihak penyedia layanan karya NFT.

Memperoleh keuntungan

Langkah terakhir, Anda tinggal menunggu keuntungan yang nantinya diperoleh dari setiap harga NFT art ataupun harga dari pembuatan karya seni NFT. Meski demikian, sebelum memperoleh keuntungan tersebut biasanya Anda diharuskan untuk memasarkan karya tersebut kepada komunitas / orang – orang yang memang memiliki daya tarik tinggi terhadap karya seni Anda tersebut. Dengan begitu, maka hal ini akan memudahkan Anda untuk memperoleh peluang penghasilan tambahan lebih mudah. 

Demikianlah ulasan menarik bagi Anda terkait beberapa tips dan trik cara membuat NFT paling mudah dan praktis dijamin berhasil dan tentunya bisa menghasilkan pundi – pundi keuntungan yang menjanjikan.