Tips Mengatasi Stres Saat Pandemi

Advertisement

Advertisement

Sampai saat ini Pandemi Covid belum juga medera, bahkan saat ini sedang melangami kenaikan kasus di banyak daerah di Indonesia. Tidak sedikit tempat  dan jalan – jalan yang ditutup , serta banyak terdapat pembatasan kegiatan dimana – mana, Sehingga kita tidak dapat bertemu dan berkumpul dengan orang – orang, dengan teman, keluarga, teman kantor, liburan, belajar di sekolah,  bekerja dan beraktifitas di kantor, Semua hal di lakukan di rumah. Karena kegiatan ataupun kebiasaan yang biasa kita lakukan dalam sehari – hari  kini harus dirubah selama masa pandemi ini. Dan tidak dapat di pungkiri hal ini dapat membuat kita merasa bosan bahkan merasa stres. Padahal stres yang tidak dapat dikelola dengan baik dapat menurunkan sistem imun tubuh dan hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan sakit. Nah, kita tidak mau hal itu kan, maka kita harus mengelola stres dengan baik. Ada beberapa cara atau tips yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi stres saat pandemi. Berikut beberapa tips yang dapat membatu untuk mengatasi stres saat pandemi.

Tetap berpikir positif

Hingga saat ini kita yang masih melakukan aktifitas dan kegiata di rumah, tentu merasa dan mulai berfikir kapan pandemi akan berakhir, akankah pandemi ini akan berakhir. Nah kita harus merubah pola – pola pikir kita menjadi lebih positif, fikirkan hal baik yang kita dapat akibat pandemi, mungkin kita lebih banyak waktu untuk keluarga karena kita seharian dirumah, atau mungkin kalian bisa melakukan banyak kegiatan  baru yang tidak biasa kamu lakukan.

Tetap menjaga kesehatan tubuh

Pastikan tubuh kita sehat dengan stamina yang baik. Terapkan pola hidup yang sehat, seperti makan dengan teratur, makan makanan bergizi, banyak minum air putih, minum vitamin, istirahat dan tidur yang cukup, mulai olah raga dengan rutin, memperhatikan kebersihan tubuh dan kelola stres dengan baik.

tetap terkoneksi dengan orang – orang terdekat

Karena kita harus melakukan social distancing, kita tidak bisa bertemu dan mengobrol secara langsung dengan orang – orang  terdekat kita seperti keluarga (jika tinggal terpisah dari keluarga) taupun teman dan sahabat.

Namun, kita tetap dapat melakukan obrolan walaupun via virtual dengan memanfaatkan aplikasi – aplikasi obrolan secara virtual seperti video call menggunakan whastapp, telegram, atau melakukan pertemuan virtual menggunakan zoom, google meet dan yang layanan aplikasi lainnya.

Lakukanlah obrolan, saling bertanya kabar, bercerita kepada teman atau keluarga. Hal itu dapat dapat membantu mengurangi tingkat stres saat pandemi dan dapat membantu mengatasi stres saat pandemi.

baca selanjutnya