Panduan Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement

 


Pengajuan modal usaha merupakan hal penting bagi pelaku bisnis yang sedang mulai melakukan usaha, ataupun pelaku bisnis yang hendak mengembangkan usahanya namun butuh modal tambahan.

Berbagai lembaga finansial menawarkan jenis-jenis layanan yang dapat dipilih sebagai cara mencari modal usaha tanpa riba.

Mengenal konsep riba

Bagi umat Islam, perbuatan riba adalah suatu hal yang jelas diharamkan bagi kehidupan manusia. maka, kaum muslim mulai mencoba meninggalkan perbuatan yang terdapat unsur riba di dalamnya.

Inti dari adanya riba adalah karena adanya perbedaan ataupun perubahan akibat adanya tambahan yang dana yang diserahkan sebelumnya, dengan yang dibayarkan kemudian.

Pinjaman tanpa riba

Pinjaman tanpa riba menawarkan konsep baru yang berbeda dari konsep peminjaman konvensional, dimana tambahan yang dibayarkan adalah menggunakan sistem bunga. Sementara pada lembaga keuangan syariah menerapkan prinsip pinjaman tanpa riba, di antaranya adalah bagi hasil (nisbah), akad sewa (ijarah), dan juga jual beli barang (murabahah).

Konsep bagi hasil berlaku bagi peminjam yang akan menggunakan dananya sebagai solusi modal usaha tanpa riba, maka laba usaha akan menggantikan sistem bunga pada perbankan konvensional. Jadi, untung dan ruginya usaha akan ditanggung bukan hanya oleh pihak peminjam, namun juga oleh pihak yang dipinjami uang.

Akad sewa sendiri berupa perpindahan kepemilikan barang yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu peminjam dan pemberi pinjaman. Maka, baik peminjam maupun si pemberi pinjaman akan bertindak sebagai mitra.

Beberapa jenis pinjaman tanpa riba yang bisa Anda pilih di antaranya adalah: kartu kredit syariah, kredit tanpa agunan syariah, pegadaian syariah, pinjaman online syariah, dan sebagainya.

Pertimbangkan beberapa hal berikut ini

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

·        Pinjamlah dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan meminjam berlebih. Ingatlah selalu bahwa uang yang Anda pinjam akan dikembalikan suatu saat nanti. Jadi, pinjamlah seperlunya saja, sedikit pinjam maka sedikit hutang.

·        Pilihlah lembaga keuangan yang sudah terdaftar dalam OJK sehingga lembaga keuangan tersebut memiliki legalitas yang tidak perlu Anda pertanyakan. Pahami pula apakah lembaga keuangan tersebut benar-benar menerapkan sistem syariah secara seutuhnya atau tidak. Anda perlu memilih lembaga keuangan yang benar-benar sesuai untuk kebutuhan Anda. Adanya survei akan membuat Anda dapat menyeleksi dan memilih lembaga keuangan mana yang paling tepat untuk Anda.

·        Setelah Anda memutuskan untuk memilih lembaga keuangan mana yang akan Anda gunakan, selanjutnya Anda harus benar-benar membaca persyaratan dan konsekuensi yang mungkin timbul di kemudian hari. Jangan pernah menggampangkan persyaratan yang diajukan oleh pihak pemberi pinjaman, apalagi jika alasannya adalah kepepet. Baca dan pahami, jika Anda kurang paham Anda bisa bertanya kepada pihak terkait.

Demikian informasi cara mendapatkan modal usaha tanpa riba untuk kemudian Anda bisa mempergunakan dana yang Anda pinjam tadi secara bijak, sesuai dengan kebutuhan.