Tips Menghindari Riba untuk Modal Usaha

Advertisement

Advertisement


 Untuk Anda yang ingin mencari modal usaha tanpa riba, maka Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini. Apa saja? Simak ulasannya. 

Hitung jumlah modal yang dibutuhkan 

Untuk Anda yang ingin membangun bisnis, maka modal merupakan salah satu hal yang sangat penting. Memang ada beberapa bisnis yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan modal usaha akan tetapi untuk membangun bisnis seperti ini memang dibutuhkan ketelatenan yang tinggi dan juga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berkembang. 

Nah untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan modal dan ingin meminjam dana tanpa riba untuk modal Anda., maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan penghitungan terlebih dahulu. Penghitungan ini antara lain adalah penghitungan berapa modal usaha yang Anda butuhkan dan juga berapa kemungkinan kesuksesan usaha Anda. ROI harus dihitung dengan baik agar tidak menjerumuskan Anda pada masalah yang lebih dalam. 

Jika Anda tidak memiliki perhitungan yang baik, mungkin Anda akan mendapatkan masalah karena tidak bisa menutup modal pinjaman Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu ada peluang dan bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan baik. 


Pilih tempat meminjam modal 

Selanjutnya, ketika Anda ingin mencari modal usaha tanpa riba Anda harus tahu dimana Anda bisa mendapatkan dana pinjaman tanpa riba ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa sumber pinjaman dana tanpa riba, Anda bisa cek artikel kami sebelumnya karena di sana kami telah memberikan beberapa rekomendasi tempat peminjaman dana bebas riba yang mungkin cocok dengan kebutuhan Anda. 

Kenali jenis riba 

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai jenis riba yang diharamkan. Riba ada banyak bentuknya. Bahkan ketika Anda mendapatkan denda karena tidak bisa mengembalikan dana pinjaman modal usaha tanpa riba yang diberikan, maka hal ini sudah termasuk dalam riba. Riba bisa menjadi salah satu hal yang sangat berbahaya, oleh karena itu, akan lebih baik tahu lebih dahulu daripada sulit keluar bukan? Untuk Anda yang ingin tahu apa saja ciri riba dan juga jenis-jenis riba yang mungkin Anda hadapi, maka kami juga sudah membahasnya pada salah satu artikel yang sudah dibagikan sebelumnya. 

Lihat kembali perjanjian peminjaman 

Selanjutnya adalah mengenai perjanjian peminjaman yang harus Anda tanda tangan. Setelah Anda tahu apa saja yang termasuk dalam jenis riba dan juga ciri dari riba, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah sebuah perjanjian peminjaman dana ini merupakan perjanjian yang aman atau merupakan perjanjian jebakan. Jika Anda tidak yakin, maka Anda bisa mencari modal usaha tanpa riba yang lebih aman pada orang terdekat Anda atau bisa juga menjual aset untuk modal tanpa riba ini.