Tips Mendapatkan Dana Pinjaman Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement

 


Kesadaran akan pentingnya melakukan transaksi keuangan tanpa adanya riba membuat sebagian orang mulai beralih dari cara-cara mendapatkan modal usaha konvensional menjadi cara mencari modal usaha tanpa riba.

Peminjam tidak akan merasa khawatir dan cemas akan terjerat riba jika meminjam pada lembaga keuangan yang menerapkan sistem syariah pada transaksinya. Bagaimanapun, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika hendak mencari lembaga keuangan untuk peminjaman Anda.

Pilih lembaga keuangan yang terdaftar secara resmi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat apakah lembaga keuangan yang akan Anda gunakan terdaftar dalam OJK ataupun diawasi oleh BI (Bank Indonesia) dan DSN (Dewan Syariah Nasional). Jika tidak, sebaiknya Anda perlu waspada.

Penting bagi lembaga keuangan non bank untuk terdaftar dalam lembaga-lembaga tersebut sehingga pihak peminjam tidak perlu khawatir apakah lembaga keuangan yang Anda gunakan akan menyalahi aturan agama ataupun aturan negara.

Lembaga keuangan yang menawarkan cara mendapatkan modal usaha tanpa riba di antaranya adalah:

·        Lembaga keuangan syariah dengan kredit tanpa agunan

·        Lembaga pinjaman syariah

·        Lembaga pinjaman online syariah

·        Pegadaian syariah

Tentukan jumlah pinjaman

Anda yang akan mengajukan pinjaman, tentukan terlebih dahulu jumlah pinjaman yang Anda butuhkan. Sesuaikan dengan kebutuhan, dan pinjamlah uang dengan mempertimbangkan kebutuhan dana cadangan supaya Anda tidak perlu bolak-balik meminjam uang, namun juga tidak berlebihan. Bagaimanapun, yang namanya pinjaman harus dikembalikan.

Sebelum mendatangi lembaga peminjam syariah, Anda harus menghitung kebutuhan dan menuliskan rencana anggaran belanja, berikut dengan biaya investasi aset produksi, biaya produksi pertama Hitung pula dana yang Anda miliki, baru kekurangannya meminjam pada lembaga terkait.

Survei lembaga keuangan

Untuk mendapatkan lembaga keuangan yang paling sesuai syariah, paling mudah dan sedikit persyaratan, ataupun paling minim risiko, Anda tentu harus mempertimbangkan beberapa lembaga keuangan yang ada.

Kemudian, Anda bisa membandingkan lembaga keuangan mana yang paling sesuai untuk Anda. Perbandingan yang Anda lakukan ini akan membantu Anda mendapatkan lembaga keuangan yang paling tepat.

Baca dan pahami persyaratan

Ketika dalam keadaan terdesak ataupun buru-buru, terkadang peminjam hanya membaca sekilas tanpa benar-benar paham akan isi persyaratan yang diajukan oleh pihak kreditur. Ini adalah kesalahan besar dan perlu dihindari.

Anda harus membaca dan benar-benar memahami apa saja persyaratan yang harus Anda siapkan sebelum dapat menggunakan dana pinjaman tanpa riba tersebut. Risikonya, Anda akan mengalami pembengkakan hutang. Tentu Anda sendiri tidak mau ini terjadi.

Dengan membaca dan memahami dengan benar persyaratan yang diajukan, Anda juga akan paham tentang konsekuensi yang akan terjadi di kemudian hari apabila Anda yang melanggar ketentuan.

Anda yang hendak mengajukan pinjaman syariah juga harus dibarengi dengan penggunaan modal secara jujur dan sesuai dengan kesepakatan, supaya apa yang menjadi tujuan awal (menghindari riba untuk keburukan) dapat terlaksana.