Tips Memilih Pinjaman Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement

 


Meminjam uang pasti semua orang pernah melakukannya, namun meminjam uang di bank dalam jumlah besar, pernah kah Anda? Hal Meminjam uang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya terkait riba. Hal ini sangat sensitif untuk beberapa kalangan karena riba dinilai haram, dimana hal ini bisa menurunkan tingkat keberkahan hidup seseorang, jadi banyak orang berpikir dua kali untuk menggunakan layanan bank yang ada ribanya. Gimana tips mendapatkan pinjaman halal tanpa riba? Berikut tipsnya

Ketahui dimana Anda akan meminjam

Pinjaman halal tanpa riba bisa Anda lakukan di bank syariah, pegadaian syariah, dan pinjaman online syariah. Sekarang sudah banyak sekali layanan keuangan syariah yang bisa Anda jadikan opsi, bahkan koperasi pun sudah ada yang syariah. Penggunaan layanan keuangan syariah ini sudah jelas layanannya berdasarkan prinsip Islam dan tidak menggunakan riba sehingga Ansa bisa mengetahui cara mendapatkan modal usaha tanpa riba.

Ketahui nominal yang akan Anda gunakan

Meminjam uang pasti mengetahui berapa nominal yang Anda butuhkan. Jika Anda bisa meminjamnya pada keluarga tanpa ke layanan keuangan syariah akan lebih mudah lagi. Jumlah uang yang Anda butuhkan sesuai dengan jumlah modal Anda jadi hitung lagi modal yang Anda gunakan untuk bisnis. Jangan melebihkan jumlah pinjaman untuk hal yang kurang berguna karena hal ini akan menyusahkan Anda saat pembayaran.

Memahami syarat pinjaman

Meminjam uang di layanan keuangan syariah, Anda harus mengetahui syarat peminjaman. Syarat ini memudahkan pinjaman Anda cepat cair dan lancar. Selain itu Anda juga harus mengetahui risiko yang ada saat Anda memutuskan meminjam uang, seperti nominal per bulan dan jangka waktu sampai barang yang di gadai. Memahami risiko memudahkan Anda mengambil langkah ke depanya untuk bisnis.

Jaminan yang Anda masukan adalah barang yang Anda miliki, sehingga saat Anda memasukkan barang ke pegadaian syariah pastikan Anda mengetahui risikonya.

Bandingkan

Bandingkan layanan keuangan a dan b hal ini agar Anda menemukan layanan terbaik dan maksimal dengan risiko rendah. Jadi menguntungkan Anda dan sesuai dengan keinginan Anda. Tidak salah kok membandingkan satu lembaga dengan yang lain yang terpenting Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Komitmen

Meminjam uang juga perlu komitmen dalam pembayarannya. Maka sebelum Anda benar-benar meminjam uang Anda yakinkan diri bisa membayar dengan tepat waktu dan rutin.

Peminjam uang di keuangan syariah memang lebih jelas dalam hal agama dan aturannya. Hal ini tentu saja lebih menenangkan pikiran daripada menggunakan layanan konvensional yang mematok bunga cukup tinggi dan riba yang haram. Pinjaman halal tanpa riba mudah Anda dapatkan namun Anda juga harus komitmen untuk membayarnya dengan baik.