Tips Keluar dari Jerat Riba

Advertisement

Advertisement

 


Sebelum Anda cara cari modal usaha tanpa riba, maka pastikan Anda keluar terlebih dahulu dari jerat riba. Untuk bisa keluar dari jerat riba ini, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti. 

Bertaubat 

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk lepas dari jerat riba adalah bertaubat. Banyak pengusaha yang merasa tidak bisa keluar dari riba karena hutan yang terlalu banyak. Hal ini juga disebabkan karena jerat riba memang sangat sulit untuk dilepaskan. 

Akan tetapi tidak ada yang sulit jika Anda bertaubat terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan bisnis tanpa riba Anda. Bertaubat dan pastikan Anda tidak melakukannya lagi. Hal ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. 

Menghentikan mencari hutang riba baru 

Selanjutnya, pastikan Anda tidak mencari hutang baru. Baik itu cara cari modal usaha tanpa riba ataupun tanpa riba, pastikan Anda menghindari mencari hutang terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk membantu Anda membangun mind set baru dimana hutang bukan satu-satunya jalan untuk membangun bisnis Anda. Hal ini juga akan membantu Anda untuk belajar mengendalikan diri agar tidak terjebak di lingkaran piutang lebih dalam. 

Masuk ke komunitas bisnis tanpa riba

Setelah bertaubat memang tidak mudah untuk hidup lurus seterusnya, oleh karena itu, Anda harus mulai mencari lingkungan baru yang dapat mendukung Anda bertahan dalam bisnis tanpa riba. Hal ini sangat penting karena dalam komunitas ini Anda bisa menguatkan diri Anda dan juga bisa membantu Anda mencari tahu bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa menggunakan riba ini. 

Cari supplier untuk kerja sama 

Selanjutnya adalah Anda bisa menari supplier yang bisa diajak kerja sama. Saat ini tidak semua supplier mengharuskan Anda punya uang untuk bisa menggunakan modal barang dari mereka. Asalkan Anda memiliki bisnis dengan dasar yang kaut dan juga memiliki peluang untuk maju, maka tidak sedikit supplier yang bisa Anda temukan yang mau membantu Anda untuk menyediakan barang atau kebutuhan lain untuk produksi bisnis Anda. Jika Anda bisa mendapatkan supplier dengan model seperti ini, maka Anda tidak perlu lagi mencari pinjaman modal usaha tanpa riba maupun pinjaman riba untuk bisnis Anda bukan? 

Lepas aset yang penyebab riba 

Jika Anda sedang terjerat riba, salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah menjual aset yang menyebabkan Anda terjerat dengan riba tersebut. Riba adalah dosa yang memang sulit untuk dihilangkan. Contohnya jika Anda membeli mobil secara kredit untuk usaha, hal ini sudah termasuk riba jika akadnya salah. Akan sulit bagi Anda untuk melepaskan mobil tersebut bukan? Akan tetapi hal ini harus dilakukan. Hal ini penting karena selama Anda tidak bisa lepas dari jerat barang riba ini Anda tidak akan berhenti mencari kemudahan yang ditawarkan oleh dosa riba. 

Nah demikian ulasan mengenai cara cari modal usaha tanpa riba dan cara lepas dari riba dalam menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat ya!