Tempat Mendapatkan Modal Usaha tanpa Riba

Advertisement

Advertisement



Untuk bisa mendapatkan modal usaha tanpa riba memang tidak mudah, hal ini disebabkan karena saat ini riba bisa menjelma jadi hal apapun yang mungkin paling dekat dengan hidup kita. Akan tetapi untuk Anda yang ingin mencoba mulai mencari modal usaha tanpa riba, berikut ini adalah beberapa tempat mendapatkan modal usaha bebas riba untuk bisnis Anda. 

Bank Syariah 

Salah satu tempat yang bisa Anda tuju untuk mendapatkan modal tanpa riba adalah dengan meminjam dana dari bank syariah. Bank syariah merupakan salah satu tempat yang bisa Anda gunakan untuk mencari modal usaha yang bebas riba. 

Bank ini memang memiliki sistem sama dengan bank pada umumnya, akan tetapi akad yang digunakan ketika meminjam uang dari bank syariah ini tidak sama dengan bank konvensional. Bank syariah biasanya akan menggunakan akad jual beli dan juga akad sewa untuk Anda yang ingin meminjam dana untuk modal bisnis. Hal inilah yang membuat bank syariah bisa menjadi bank paling cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan modal usaha tanpa riba.



Menjual Aset 

Hal lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai modal usaha Anda adalah dengan menjual aset bisnis yang Anda miliki. Jika Anda memiliki aset seperti mobil atau tanah kosong, maka menjual mobil dan tanah kosong ini bisa menjadi salah satu sumber modal bebas riba untuk bisnis Anda. Akan tetapi menjual aset memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga karena keputusan harus diambil bersama. Akan tetapi jika Anda memang merasa pengembangan bisnis Anda potensial dan bisa mengembalikan aset Anda tersebut, maka menjual aset bisa jadi pilihan terbaik untuk modal usaha Anda. 

Mencari Produsen atau supplier bayar belakang 

Selanjutnya, hal lain yang bisa dilakukan jika Anda ingin mencari pinjaman modal usaha tanpa riba adalah dengan mencari produsen atau supplier barang yang bisa diajak kerja sama. Kerja sama ini contohnya adalah dengan bayar belakangan sehingga barang mereka bisa Anda gunakan terlebih dahulu untuk melakukan produksi dan menjalankan usaha Anda. 

Produsen atau supplier seperti ini memang tidak mudah ditemukan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengikuti forum dan juga kelompok orang-orang yang berkembang dalam bisnis dengan prinsip bebas riba untuk bisa mendapatkan koneksi dengan lebih mudah. 

Pinjam pada orang terdekat

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mendapatkan modal pinjaman tanpa riba adalah dengan meminta bantuan pada orang terdekat. Orang terdekat yang bisa Anda percaya dan percaya pada Anda. Orang tua adalah salah satu tempat yang paling aman untuk meminjam dana untuk membangun usaha. Akan tetapi pastikan usaha yang Anda bangun dengan menggunakan bantuan orang tua atau orang terdekat lain ini dikembalikan sebagaimana mestinya dan tidak membuat Anda malah bersantai-santai karena telah mendapatkan modal usaha tanpa riba.