Pentingnya Menghindari Riba dan Berbagai Solusi Pinjaman Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement

 


Solusi pinjaman tanpa riba mungkin saat ini sedang Anda cari untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan disini bisa beragam, mulai dari kebutuhan untuk bisnis maupun untuk kehidupan sehari-hari. Tentunya, untuk menjalankan suatu usaha Anda memerlukan modal utama dan hal itu bisa didapatkan dari melakukan peminjaman. Namun, jangan sampai pinjaman tersebut memberikan riba.

Mengapa Harus Menghindari Riba?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa riba hukumnya adalah haram. Namun, mengapa riba bisa masuk kedalam kategori hal yang haram untuk dilakukan? Ternyata, hal tersebut dikarenakan riba bisa memberikan dampak kerugian yang luar biasa kepada siapapun yang melakukannya. Tak hanya itu saja, riba juga akan berdampak buruk pada orang-orang yang terlibat.

Sebagai contoh, pinjaman yang termasuk ke dalam kategori riba adalah ketika Anda meminjam uang kepada pihak tertentu dan pihak tersebut meminta untuk menambahkan sejumlah uang ketika Anda mengembalikannya atau yang kerap kali disebut dengan riba.

Riba tersebut akan menjadi tidak berkah untuk siapapun dan juga uang tersebut tidak akan berkah. Tak hanya itu saja, Allah SWT pun tidak akan memberikan ridho kepada siapapun yang melakukannya. Maka diperlukan pengetahuan solusi pinjaman tanpa riba jika Anda ingin menghindarinya.

Bagaimana Bisa Mengetahui Riba Dengan Mudah?

Sebenarnya, untuk mengetahui riba dalam suatu pinjaman bisa diketahui dengan mudah. Seperti misalnya ketika melakukan peminjaman harus ada uang lebih yang dikembalikan, ataupun uang yang dikembalikan nantinya harus dalam bentuk yang berlipat ganda.

Anda bisa mengetahui berbagai jenis riba lainnya dengan membaca berbagai referensi, misalnya membaca pada buku. Saat ini, sudah terdapat buku yang membahas tentang bisnis tanpa riba. Di dalamnya Anda bisa mempelajari jenis-jenis riba dan cara mendapatkan modal usaha tanpa riba yang baik dan benar.

Solusi Untuk Pinjaman Tanpa Riba

1.    Tentukan Nominal Pinjaman yang Dibutuhkan

Apabila Anda ingin melakukan pinjaman seperti misalnya untuk modal usaha, maka ada baiknya untuk Anda terlebih dahulu menentukan berapa nominal pasti yang dibutuhkan sebagai modal. Tak hanya itu saja, pastikan juga apakah beberapa bagian dari kebutuhan modal tersebut bisa ditanggung dengan uang pribadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pinjaman yang terlalu besar dan riba.

2.    Carilah Opsi Pilihan Pinjaman yang Berbeda Sebagai Pembanding

Apabila Anda sedang mencari bank atau lembaga dimana tempat kamu akan meminjam uang, ada baiknya untuk menyediakan beberapa opsi untuk menjadi pembanding. Ada baiknya untuk menggunakan yang memang tidak menghasilkan riba dan tidak memberikan dampak yang buruk untuk usaha Anda ke depannya.

3.    Pahami Berbagai Persyaratan

Setiap bank atau lembaga keuangan tentunya mempunyai persyaratan khusus mengenai peminjaman uang. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan baik itu untuk lembaga maupun untuk nasabah. Anda bisa mengamati dari persyaratan tersebut, apakah ada yang menuju ke arah riba. Jika ada, sebaiknya dihindari.

4.    Pahami Konsekuensi

Ada beberapa produk pinjaman tanpa riba yang biasanya mempunyai syarat tertentu yang harus dipenuhi nasabah, seperti misalnya menggadaikan kendaraan. Namun, biasanya persyaratan ini sudah disebutkan di awal sehingga ada baiknya untuk Anda lebih mempersiapkan diri dan memahami konsekuensinya. Namun, tidak semuanya mempunyai syarat tersebut.

5.    Pilih Produk Pinjaman Berbasis Syariah

Saat ini, ada berbagai produk pinjaman berbasis syariah yang bisa Anda pilih untuk membantu usaha Anda. Produk pinjaman ini bisa ditemukan di bank yang mempunyai produk khusus syariah maupun lembaga syariah yang menyediakannya. Proses peminjaman dan pengembalian akan dilakukan sesuai dengan cara yang sudah Islam ajarkan untuk bisa menjadi solusi pinjaman tanpa riba.