Mengenal Pegadaian Syariah, Memudahkan Pinjaman Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement

 


Jika mendengar nama pegadaian pasti yang terbesit di kepala Anda adalah pegadaian resmi dengan lambang timbangan. Namun bagaimana dengan pegadaian syariah? Pernahkan Anda mendengar sebelumnya? Pegadaian syariah adalah salah satu penyedia jasa keuangan dengan jaminan dan menggunakan syariat Islam dalam kinerjanya. Di pegadaian Anda bisa mendapatkan pinjaman lunak tanpa riba. Apasih pegadaian syariah itu dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa tau cara mendapatkan modal usaha tanpa riba?? Mari bahas di ulasan ini

Produk yang ada di pegadaian syariah

Pegadaian syariah memberikan beberapa layanan untuk nasabahnya, beberapa layanan yang bisa dipilih nasabah adalah

1.      Amanah

Amanah adalah layanan pegadaian syariah untuk nasabah yaitu pinjaman kepada pengusaha atau pebisnis dan karyawan untuk pembelian kendaraan. Pinjaman yang ditawarkan pegadaian mulai dari 5 juta sampai 450 juta dengan jangka waktu 12 sampai 60 bulan.

Layanan ini banyak digunakan pekerja maupun pebisnis untuk membeli kendaraan yang kemudian pembayaran di lakukan per bulan.

2.      Rahn

Layanan peminjaman uang kepada nasabah dengan memberikan jaminan berupa alat elektronik, emas maupun surat atau dokumen yang bernilai. Besarnya nominal yang bisa dipinjam adalah 50 ribu sampai 1 milyar dengan waktu pelunasan minimal 4 bulan, namun waktu ini bisa diperpanjang lho. Sehingga waktu pelunasan lebih fleksibel.

3.      Arrum

Ada beberapa jenis arrum di pegadaian syariah ini, seperti arrum BPKB, arrum emas, dan arrum haji. Arrum adalah pemberian pinjaman kepada nasabah atau pelaku bisnis skala kecil dan menengah dengan jaminan BPKB kendaraan maupun perhiasan. Besar pinjaman untuk Arrum BPKB sebesar 3 juta sampai 400 juta. Sedangkan arrum emas mulai dari 1 juta sampai 500 juta. Kedua jenis pinjaman ini bisa dilakukan pembayaran kredit selama 12 bulan sampai 36 bulan.

Untuk arrum haji adalah pinjaman untuk daftar haji. Pinjaman dilakukan dengan memberikan jaminan emas mulai dari 3.5 gram, Anda kemudian akan didaftarkan haji dan memperoleh nomor haji dari kementerian agama.

Tidak ada bunga tidak ada riba

Di pegadaian syariah Anda tidak akan terkena riba karena pegadaian syariah tidak melakukan tambahan seperti bunga dalam pembayarannya. Pegadaian memberikan opsi biaya administrasi untuk nasabah. Biaya administrasi adalah biaya yang harus dikeluarkan nasabah untuk mengganti biaya perawatan dan penjagaan atas barang yang digunakan untuk jaminan. Besarnya tergantung pada tingkat perawatan. Dari awal pihak pegadaian syariah akan menjelaskan hal ini kepada nasabah. Sehingga nasabah bisa mendapatkan pinjaman lunak tanpa riba.

Jadi bagaimana, Anda tertarik dengan penawaran yang dilakukan oleh pegadaian syariah?? Proses mudah dan cepat bisa memenuhi kebutuhan Anda saat Anda memerlukan pinjaman lunak tanpa riba. Apalagi Anda bisa terhindar dari riba dan dosanya. Sekian ulasan kali ini semoga berguna!