Mengapa Lebih Baik Tidak Pinjam Uang untuk Memulai Bisnis?

Advertisement

Advertisement


 Pinjaman dana usaha tanpa riba bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memang ingin membangun bisnis Anda tapi tidak memiliki cukup dana. Akan tetapi jika Anda bisa, akan lebih baik jika Anda menghindari meminjam dana untuk memulai bisnis. Mengapa? Berikut ini adalah alasannya. 

Bisnis adalah sesuatu yang tidak pasti 

Salah satu hal yang menyebabkan peminjaman dana untuk memulai bisnis akan lebih baik untuk dihindari adalah karena bisnis merupakan sesuatu yang tidak pasti. Ketika Anda memulai bisnis Anda mungkin tidak selalu sukses dalam satu kali bidik. Ada banyak pengusaha yang jatuh bangun dalam memulai bisnisnya. 

Nah jika bisnis yang Anda bangun ternyata tidak menghasilkan kesuksesan, maka hal ini mungkin akan membuat Anda sulit untuk membayar hutang Anda bukan? Jadi meskipun modal usaha yang Anda dapatkan ini adalah modal usaha tanpa riba akan tetapi sulit bukan bagi Anda untuk mengembalikan modal usaha tersebut? 

Meminjam uang tanpa riba sulit sekali 

Selanjutnya, mencari pinjaman dana usaha tanpa riba bukan hal yang mudah untuk dilakukan dewasa ini. Hal ini disebabkan karena tidak setiap orang mengetahui apa itu riba dan hal apa saja yang masuk dalam riba. Dengan begitu ada banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan peluang ini untuk menipu orang-orang yang tidak paham mengenai riba bagi keuntungan mereka. 

Nah jadi sebelum Anda mencari dana pinjaman usaha yang bebas riba, akan lebih baik jika Anda mulai mencari ilmu dan membekali diri terlebih dahulu untuk memastikan dana yang Anda pinjam untuk modal usaha ini merupakan dana yang aman dan bebas dari riba. 

Perasaan selalu bisa dapat uang 

Selanjutnya, hal lain yang menyebabkan pinjam uang merupakan salah satu hal yang cukup membahayakan adalah mengenai pikiran bahwa Anda bisa selalu mendapatkan uang. Ketika Anda mencari pinjaman dana dan Anda mendapatkannya, maka Anda mungkin akan merasa mendapatkan uang bukan hal yang sulit untuk di dapatkan. Hal ini menyebabkan Anda akan merasa nyaman dan merasa selalu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa riba yang Anda butuhkan. Mental seperti ini adalah mental yang buruk karena bisa membuat Anda jatuh pada lubang hutang yang sangat besar. 

Dosa riba

Nah, meminjam uang jika tidak dilakukan pada jasa yang benar juga bisa menyebabkan Anda meminjam dana di jasa yang menawarkan pinjaman riba. Pinjaman riba memiliki banyak risiko baik itu risiko seperti terikat dengan piutang maupun risiko dosa riba. Dosa riba ini tidak main-main jadi akan lebih baik jika Anda tidak mencobanya. 

Nah, demikian adalah beberapa alasan jika Anda tidak mengambil pinjaman untuk modal usaha. Akan tetapi jika Anda sudah memiliki usaha yang mantap dan ingin mengembangkan usaha Anda dengan mencari pinjaman dana usaha tanpa riba, maka pilih jasa yang benar-benar amanah.