Jenis-Jenis Riba yang Harus Anda Ketahui

Advertisement

Advertisement

 


Untuk Anda yang ingin menjalankan usaha pinjaman uang tanpa riba, maka Anda harus tahu lebih dahulu jenis-jenis dari riba. Hal ini digunakan untuk memastikan Anda bisa membedakan apakah pinjaman yang Anda ambil merupakan pinjaman riba atau tidak. 

Ciri riba 

Sesungguhnya ada 2 ciri khusus dari sebuah pinjaman yang bisa dikatakan sebagai riba satu tidak. Mengenai ciri khusus dari pinjaman riba ini, kami sudah membahasnya pada artikel sebelumnya. Akan tetapi agar lebih jelas, ada baiknya Anda juga mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dikategorikan dalam riba ini. 

Jenis riba dari bunga 

Jenis riba yang pertama adalah Jenis riba karena bunga. Jenis riba ini disebut dengan riba Qadh. Ketika Anda meminjam dana pada seseorang dan seseorang ingin menghendaki tambahan uang saat Anda meminjam uang tersebut sebagai syarat deal pengembalian dana ini, maka hal ini termasuk dalam riba Qadh. 

Intinya, riba jenis ini adalah riba yang dilakukan dengan menyaratkan tambahan dari jumlah pokok. Misalnya Anda meminjam uang sebanyak Rp 1 juta dan Anda harus membayar sebanyak Rp 1.2 juta saat akan mengembalikan uang tersebut, maka hal ini sudah termasuk dalam riba Qadh. 



Jenis riba karena timbangan tidak sama 

Jenis riba yang satu ini berlaku dalam tukar menukar barang atau barter. Jenis riba ini di lakukan jika Anda menukar beras berkualitas baik sebanyak 2 kg dengan beras pera sebanyak 5 kg. Hal ini sudah termasuk dalam riba yaitu jenis Riba Fadhli. Jadi usaha pinjaman uang tanpa riba bukan satu-satunya yang harus dihindari tapi juga menukar barang dengan takaran yang berbeda hal ini juga termasuk sebagai salah satu jenis riba. Jenis riba ini disebut dengan riba fadhli 

Jenis riba karena denda 

Jenis riba yang satu ini adalah riba karena denda. Ketika seseorang pinjaman modal usaha tanpa riba orang tersebut bisa meminjam uang tanpa perlu bingung kapan ia akan mengembalikan uang yang dipinjamnya. Akan tetapi jika Anda meminjam uang dari orang lain dan orang tersebut memberikan tenggat waktu pembayaran dengan ancaman denda jika tidak bisa membayar dengan tepat waktu, maka jenis pinjaman ini bisa dimasukkan dalam kategori riba. Jenis riba ini bisa disebut dengan jenis Riba Nasi'ah. 

Jenis Riba Jahiliyah

Jenis riba yang satu ini adalah jenis riba dimana jumlah bunga yang dihasilkan dalam sebuah pinjaman lebih banyak dari jumlah pinjaman pokok itu sendiri. Jenis bunga ini merupakan jenis bunga yang sangat membahayakan dan wajib Anda hindari jika ingin memulai usaha. Akan lebih baik jika Anda memulai usaha pinjaman uang tanpa riba hingga hasil bisnis Anda halal untuk diberikan pada keluarga Anda.