Cara Menghindari Riba untuk Modal Usaha

Advertisement

Advertisement

 


Untuk Anda yang ingin menghindari modal usaha tanpa riba, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara di sini untuk memastikan Anda bisa berjalan tanpa ancaman riba. Lalu apa saja hal yang harus dilakukan untuk menghindari riba ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

Gunakan uang dengan bijaksana 

Ada banyak sekali bisnis yang tumbang karena terjun dalam modal usaha dengan riba. Hal ini disebabkan karena banyak sekali bahaya yang akan Anda dapatkan jika menjalankan bisnis dengan riba. Untuk tahu apa saja bahaya bisnis dengan riba ini Anda bisa cek artikel kami sebelumnya yang berhubungan dengan bahaya menjalankan usaha dengan menggunakan riba. 

Salah satu hal yang menyebabkan banyak pengusaha yang gagal dalam menjalankan usahanya karena riba adalah karena mereka tidak bisa mengontrol diri dalam menggunakan uang yang mereka pinjam. Setelah mendapatkan uang pinjaman, banyak pengusaha yang menggunakan uang ini dengan sembarangan, tidak terencana atau bahkan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Meskipun Anda meminjam uang untuk modal usaha tanpa riba, Anda tetap harus menggunakan uang Anda dengan bijak. Karena penggunaan uang dengan bijak dan terencana ini akan sangat menentukan kemampuan Anda membayar hutang Anda atau tidak di masa depan. 

Tidak perlu buru-buru ingin mengembangkan usaha 

Jika Anda ingin meminjam uang modal usaha tanpa riba untuk mengembangkan usaha Anda, Anda juga perlu lebih hati-hati. Lihat apakah bisnis Anda memiliki peluang untuk sukses atau tidak. Jika bisnis yang Anda miliki tidak memiliki peluang sukses, maka Anda harus menahan diri. Anda harus sabar dan menunggu momen yang tepat untuk bisa mengembangkan usaha Anda ini. Contohnya ketika Anda memiliki bisnis sepatu lokal dan Anda ingin mengembangkannya, Anda harus lihat bagaimana pergerakan pasar, apakah pasar sedang menunjukkan angin segar untuk produk lokal atau arah angin sedang berada di jalur produk impor. Hal ini sangat penting untuk memastikan uang yang Anda pinjam tidak sia-sia penggunaannya. 

Cari modal dari orang dengan pandangan sama 

Selain meminjam pada lembaga keuangan, jangan lupa Anda juga bisa meminjam uang pada orang-orang yang memiliki visi yang sama dengan Anda. Yaitu orang-orang yang ingin menghindari riba. Selain itu, Anda juga bisa meminjam dana dari orang tua Anda atau orang yang memiliki kedekatan spiritual dengan Anda sehingga mereka bisa percaya pada Anda. 

Mendekatkan diri pada Allah 

Agar uang pinjaman modal usaha tanpa riba yang Anda gunakan bermanfaat dan dapat menyukseskan bisnis Anda, pastikan Anda mendekatkan diri pada Allah agar terlindung dari hal-hal yang menjatuhkan Anda pada dosa dan kesulitan. Hal ini disebabkan karena sebaik-baiknya pelindung, hanya Allah yang bisa melindungi Anda dari segala mara bahaya tapi pastikan Anda memilih meminjam modal usaha tanpa riba ya! Sayang jika Anda meminjam modal riba karena hal ini akan membuat Allah Murka.