Butuh Modal Usaha tapi Takut Riba? Ada Solusinya!

Advertisement

Advertisement

 Banyak cara mudah mendapatkan modal untuk berwirausaha, seperti meminjam uang di bank sesuai nominal. Namun kebanyakan bank memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi, bahkan mencapai separuh pinjaman pokok. Selain memberatkan hal ini juga dinilai riba oleh sebagian kalangan, riba adalah penetapan bunga atau memberikan nilai yang lebih besar dari pinjaman awal hal ini bisa terjadi pada transaksi jual beli dan pinjam-meminjam uang/harta. Beberapa kalangan terutama muslim, riba adalah hal yang haram sehingga proses pinjam meminjam harus dilakukan hati-hati. Kemudian, bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa riba, berikut adalah solusi modal usaha tanpa riba

Bank syariah

Bank syariah adalah solusi dari permasalahan riba dalam peminjaman uang baik ke bank maupun lembaga simpan pinjam lainya. Bank syariah hadir untuk memberi opsi peminjaman uang tanpa ada riba. Prinsip yang digunakan oleh bank syariah adalah memberikan pinjaman namun dengan sistem bagi hasil, sehingga tidak ada riba dari bunga, namun berbagi keuntungan antara kedua belah pihak dengan margin yang telah ditentukan. Sehingga bank syariah bisa meminjamkan uang tanpa melanggar aturan agama. Transaksi yang dilakukan bank syariah adalah dengan memberitahukan konsep bagi hasil pada nasabah dan keduanya menentukan akad. Salah satu konsep bagi hasil adalah pihak bank meminjamkan uang kepada nasabah dalam jumlah tertentu untuk membeli barang, kemudian pihak bank memberitahu nasabah harga barang asli, dan membuat kesepakatan dalam pembayaran, nasabah tersebut akan membayar dengan "lebih" kepada pihak bank namun sudah mengetahui harga barang yang asli dan membayar sesuai kesepakatan kedua pihak. 

Prinsip yang digunakan oleh bank syariah

Bank syariah memiliki beberapa jenis prinsip yang digunakan dalam transaksi perbankan. Prinsip ini diterapkan oleh semua bank atau jasa keuangan syariah, sehingga prinsip ini bisa membantu Anda mendapatkan solusi modal usaha tanpa riba. Apa saja prinsip tersebut? 

  1. Wadiah 

Kesepakatan atau akad dari nasabah maupun dari pihak bank dalam hal penitipan barang atau uang agar pihak yang dipercaya akan barang atau uang tersebut menjaga keutuhan, keselamatan barang/uang. Misalnya Anda meminjam uang dari bank maka Anda wajib menggunakanya dengan baik dan membayarnya secara utuh dari kesepakatan. Kemudian contoh lain adalah jika Anda memberikan barang Anda untuk jaminan maka pihak bank/lembaga keuangan syariah lain wajib menjaga keutuhan dan keselamatan barang Anda. 

  1. Musyarakah 

Akad antara dua pihak atau lebih yang memberikan beberapa bagian dana untuk pengembangan usaha.

  1. Mudharabah 

Kesepakatan antara penyedia keuangan (bank syariah) dengan nasabah, dengan bank syariah untuk penyediaan seluruh modal dan nasabah sebagai pengelola dana dengan kesepakatan/akad yang jelas. 

  1. Murabahah 

Pembiayaan barang dengan harga asli diketahui kedua pihak khususnya nasabah kemudian membuat akad mengenai pembayaran yang sudah ditentukan. Pembayaran ini lebih tinggi nilainya daripada harga asli untuk keuntungan bank syariah sesuai kesepakatan bersama. 

  1. Qardh

Peminjaman dana dari bank syariah kepada nasabah dengan ketentuan tertentu yang telah disepakati dan nasabah mengembalikan sesuai waktu tertentu (sesuai kesepakatan). 

Meminjam uang dengan prinsip syariah memang lebih nyaman selain karena transparansinya, keuangan syariah juga menghindarkan diri dari riba. Baik sampai disini pembahasan bank syariah sebagai solusi modal usaha tanpa riba, semoga artikel ini membantu! 

Artikel dana bantuan tanpa riba yang lainnya bisa Anda baca disini.