Berbagai Pilihan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement

 


Ketika anda ingin sekali memulai usaha, namun kebingungan karena tidak memiliki modal yang banyak, maka salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pinjaman modal usaha tanpa riba. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Adakah pinjaman modal bebas bunga?

Istilah syariah saat ini sudah semakin populer, lho. Dari mulai wisata, bisnis, pakaian, hingga persoalan tentang kebutuhan pinjaman dana sudah banyak yang menerapkan label syariah. Sehingga jika ada yang bertanya adakah pinjaman modal bebas bunga, maka jawabannya ada. Bahkan pinjaman dana usaha tanpa riba saat ini mulai dijadikan pilihan oleh orang-orang.

Anda bisa menemukan beberapa pilihan pinjaman dengan label “Tanpa riba atau pinjaman syari’ah”. Nah pinjaman tanpa riba dirancang khusus bagi nasabah yang memang tidak ingin adanya tambahan bunga saat membayar cicilan pinjaman modal. Sehingga tidaklah mengherankan jika dalam praktik perbankan syariah, mereka biasanya menggunakan akad ijarah dan murrabahah, yang merupakan sistem bagi hasil agar dapat memperoleh keuntungan.

Pilihan pinjaman modal usaha tanpa riba

Saat ini memang sudah banyak orang yang mencari modal usaha tanpa riba. Pastinya mereka punya alasan tersendiri kenapa lebih memilih pinjaman tanpa riba daripada pinjaman konvensional, salah satunya adalah tidak ingin terjerat riba. Karena dalam pinjaman syariah, tentunya pihak kreditur tidak akan membebankan sistem bunga untuk para nasabah, namun menerapkan sistem yang sesuai dengan syariah yaitu sistem bagi hasil.

Nah, dengan kehadiran pinjaman modal usaha tanpa riba kepada nasabah tentunya dapat memberikan jawaban untuk mereka yang saat ini sedang membutuhkan dana, namun tidak ingin terjerumus dalam sistem riba. Namun bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa riba? Maka tidak ada salahnya untuk memilih beberapa pinjaman syariah seperti pada ulasan berikut ini.

KTA syariah

Untuk anda yang tidak ingin berbisnis tanpa riba dan hutang, maka anda bisa memilih KTA atau Kredit Tanpa Anggunan Syariah. KTA syariah adalah produk perbankan yang menggunakan sistem syariah dalam praktiknya, atau tanpa riba. Nah, KTA syariah ini sebenarnya hampir sama dengan produk pinjaman yang ada di bank lainnya lho. Tetapi KTA syariah hanya dapat dikeluarkan bank syariah saja. Untuk sistem syariah, maka bunganya diperhitungkan dengan sistem bagi hasil, jika sudah ada keuntungan. Nah, jika sudah seperti ini usaha pinjaman uang tanpa riba bisa dengan mudah untuk anda dapatkan, ya.

Ada beberapa bank syariah yang memiliki produk KTA syariah. Salah satunya adalah Permata KTA iB Multiguna. Nah, produk KTA Syariah dari Bank Permata ini dapat dimanfaatkan oleh nasabah dalam berbagai kebutuhan. Tetapi pihak bank tidak memberikan pinjaman langsung seperti uang, namun pembiayaan tanpa agunan. Contohnya saja ketika anda ingin membeli laptop agar dapat menunjang aktivitas kerja anda, maka pihak bank nantinya akan membelikannya, kemudian menjualnya kembali kepada anda dengan margin yang sebelumnya telah disepakati. Kemudian anda membayarkan cicilannya sesuai dengan ketentuan syariah.

Nah, beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk ini yaitu nasabah akan dibebaskan uang muka, proses mudah dan cepat, jangka waktu sampai lima tahun, tanpa jaminan, dan bebas dari biaya administrasi maupun biaya transfer. Tidak hanya itu saja, ada pula produk dari KTA Mandiri Syariah dan KTA BRI Syariah.



Pegadaian syariah

Pinjaman modal usaha tanpa riba berikutnya yang bisa anda pilih adalah Pegadaian syariah. Terlebih lagi saat ini Pegadaian syariah sudah semakin diminati oleh masyarakat. Dan tentunya cara mendapatkan modal usaha tanpa riba dengan Pegadaian syariah juga cukup mudah untuk anda lakukan. Karena sebenarnya prinsip yang diterapkan sama saja dengan Pegadaian konvensional, yaitu sama-sama menyalurkan pinjaman dana dengan jaminannya adalah barang berharga. Namun ada beberapa perbedaan juga, seperti dari beban biayanya. Nah, jika Pegadaian konvensional menerapkan bunga atas pinjaman, tentunya Pegadaian syariah akan memberikan pinjaman dengan ketentuan bahwa nasabah perlu mengembalikan pokok pinjaman yang sesuai dengan yang diterima tanpa adanya bunga.

Nah, pihak Pegadaian syariah memperoleh pendapatan dari biaya penitipan, jasa pemeliharaan, biaya penaksiran, hingga biaya penjagaan. Jika anda saat ini sedang membutuhkan modal usaha tanpa riba, maka tidak ada salahnya memilih Pegadaian syariah. Untuk persyaratannya adalah dengan membawa KTP (fotokopi), identitas resmi lainnya, kemudian menyerahkan barang jaminan seperti barang elektronik, perhiasan, membawa BPKB yang diperuntukkan untuk kendaraan bermotor. Tentunya proses untuk mengajukan pinjaman dijamin cepat, yaitu hanya sekitar 15 menit saja, dana pun langsung cair.

Kartu Kredit Syariah

Masih ingin tahu cara cari modal usaha tanpa riba selanjutnya? Maka tidak ada salahnya memilih Kartu Kredit Syariah. Pada dasarnya alat transaksi pembayaran yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti

kartu kredit konvensional. Namun yang syariah ini telah mendapatkan fatwa dari MUI atau Majelis Ulama Indonesia dan DSN atau Dewan Syariah Nasional yang bernama syariah card. Nah, beberapa penerbit dari kartu kredit yang lebih dulu hadir seperti CIMB Niaga Syariah dengan nama Kartu Syariah Gold hingga BNI Syariah, yaitu iB Hasanah Card. Tentu saja fatwa DSN MUI telah menganjurkan supaya kehadiran syariah card ini tidak membebankan bunga. Tetapi nasabah perlu membayar iuran keanggotaan sebagai imbalan izin dari penggunaan kartu setiap bulannya. Adapun iurannya akan ditentukan oleh pihak bank.

Akad yang digunakan pada syariah card adalah kafalah yang nantinya menerima imbalan melalui jaminan semua transaksi menggunakan merchant. Selain itu, ada pula akad qardh, yang mana si penerbit akan mendapatkan imbalan di saat nasabah telah melakukan penarikan tunai dari ATM.

Hanya saja, bagi pengguna kartu kredit syariah atau syariah card tidak boleh berbelanja produk yang tak sesuai dengan syariah, misalnya saja minuman keras. Bagaimana, mudah kan cara mendapatkan modal usaha tanpa riba menggunakan kartu kredit syariah?

Meminjam modal dari teman dekat atau keluarga

Apakah anda pernah mencoba pilihan yang satu ini? Tentu saja teman dekat atau keluarga merupakan solusi pinjaman yang tidak ribet dan tentu saja tanpa riba. Namun jangan lupa anda harus tetap komitmen dalam membayar hutang, ya. Karena jika tidak, yang ada mereka akan kapok tidak ingin meminjamkan uang lagi kepada anda. Selain itu, pastikan juga bahwa keluarga atau teman anda ikhlas saat memberikan pinjaman modal tanpa riba kepada anda.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara dapat modal usaha tanpa riba? Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk anda memiliki buku terbaru tentang bisnis tanpa riba. Yang jelas dengan anda memiliki buku ini, wawasan anda bisa semakin bertambah mengenai pinjaman tanpa riba. Tentu saja, anda bisa mendapatkan buku ini di link berikut.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai pinjaman modal usaha tanpa riba.