Berbagai Keuntungan Dari Penggunaan Kredit Syariah Tanpa Riba

Advertisement

Advertisement


 Kredit syariah tanpa riba akan sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai suatu usaha dengan harapan bisa memberikan berkah. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa riba bisa memberikan berbagai dampak buruk sehingga beberapa ulama menganggapnya sebagai haram. Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk Anda apabila membutuhkan modal untuk menggunakan yang berbasis syariah agar terhindar dari riba.

Mengenal Kredit Syariah Tanpa Riba

Kredit syariah merupakan suatu pinjaman yang dilakukan dengan cara Islam dan tidak mempunyai riba sehingga terhindar dari perbuatan riba. Dalam prosesnya, didalam kredit syariah harus diawali dengan akad Murabahah. Akad Murabahah merupakan akad yang dilakukan dalam mengawali jual beli sesuai dengan Islam.

Contoh dari akad Murabahah yaitu apabila Anda membutuhkan kredit sebesar Rp. 50 juta untuk memulai suatu usaha, maka bank ataupun lembaga keuangan syariah lainnya akan memberikan dana tersebut dan terdapat kelebihan yang nantinya akan Anda berikan kepadanya ketika pengembalian. Kelebihan dana tersebut merupakan keuntungan untuk bank dan nantinya ada beberapa persen yang harus dijadikan sebagai dana zakat.

Perbedaan Kredit Syariah Dengan Kredit Konvensional

1.    Bunga

Hal yang menonjol dari perbedaan kredit syariah dengan kredit konvensional yang utama adalah bunga. Pada kredit syariah tidak diperbolehkan ada bunga sama sekali karena dilakukan untuk menghindari riba. Sedangkan, pada kredit konvensional biasanya dana akan diberikan apabila sudah ada persetujuan pengembalian dan bunga yang ditetapkan.

2.    Kerugian

Apabila Anda mengambil kredit syariah tanpa riba, maka kerugian yang mungkin saja terjadi akan ditanggung bersama oleh Anda dan pihak penyedia kredit syariah. Sedangkan, pada kredit konvensional kerugian tersebut hanya akan ditanggung oleh Anda sepenuhnya sebagai seorang debitur.

3.    Sistem

Pada kredit syariah, sistem pinjaman yang dilakukan adalah sistem syariah sesuai dengan anjuran pada Islam. Sedangkan, pada kredit konvensional sistem pinjaman yang diberlakukan adalah sistem umum yang biasa diterapkan pada proses peminjaman dengan bank biasa.

4.    Keuntungan

Keuntungan yang didapatkan oleh bank atau lembaga syariah merupakan dari bagi hasil yang sudah dilakukan akad sebelumnya dengan Anda. Sedangkan, pada kredit konvensional mendapatkan keuntungannya dari bunga tertentu pada pinjaman yang diterapkan.

Keuntungan Memilih Kredit Syariah Tanpa Riba

1.    Tanpa Riba

Keuntungan utama yang akan Anda dapatkan dari memilih kredit syariah adalah tidak adanya riba. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari perbuatan yang dilarang dan tidak mendapatkan dosa. Tak hanya itu saja, dengan tanpa adanya riba ini juga akan lebih memperjelas transparansi dana antara Anda sebagai peminjam dengan bank atau lembaga syariah yang meminjamkan dananya. Uang yang didapatkan merupakan hasil dari cara mendapatkan modal usaha tanpa riba.

2.    Halal Untuk Dilakukan

Karna dilakukan tanpa ada riba di dalamnya, maka kredit ini halal untuk dilakukan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi merasa cemas ketika sedang menggunakan dananya untuk keperluan usaha.

3.    Fasilitas yang Memuaskan

Walaupun berbeda dengan kredit konvensional yang sudah umum untuk dilakukan pada bank konvensional, namun fasilitas yang diberikan pada kredit syariah tetap sama dan memuaskan. Beberapa fasilitas yang memuaskan seperti contohnya yaitu kemudahan pembayaran cicilan, adanya internet banking, dan lain sebagainya.

Cara Mengetahui Kredit Syariah Tanpa Riba

Untuk bisa mengetahui bagaimana kredit syariah tanpa riba, Anda bisa membaca pada berbagai referensi baik itu dari bank secara langsung maupun dari buku-buku yang kini sudah banyak beredar. Hadirnya buku tersebut bisa memudahkan Anda untuk mengetahui berbagai contoh, cara pengajuan, sistem, dan juga cara pengajuan dari kredit syariah tanpa riba.