Bahaya Riba untuk Mencari Modal Bisnis

Advertisement

Advertisement



Pinjaman modal usaha tanpa riba bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda, selain membantu mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih aman, tidak bersentuhan dengan riba juga dapat membantu Anda hidup dengan lebih nyaman baik di dunia maupun di akhirat. Lalu apa saja bahaya riba ini untuk bisnis Anda yang sedang dimulai? Berikut ini adalah ulasannya. 

Jerat Riba yang selalu berputar 

Hal pertama yang menjadi masalah ketika Anda meminjam uang riba untuk modal bisnis Anda adalah mengenai jerat riba yang selalu berputar. Riba membuat Anda merasa selalu mudah mendapatkan uang. Hal ini juga disebabkan karena kemudahan-kemudahan yang akan Anda dapatkan ketika mencari uang pinjaman. 

Rasa was-was

Hal lain yang menyebabkan pinjaman dengan riba berbahaya adalah rasa was-was yang akan menghantui Anda di tiap hari Anda. Karena pinjaman riba mengenakan denda jika Anda mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran. Hal ini akan membuat Anda selalu was-was tiap harinya karena belum membayar hutang tersebut. Oleh karena itu, jika pun Anda harus meminjam uang untuk memulai bisnis Anda, pastikan Anda mencari pinjaman modal usaha tanpa riba seperti meminjam pada orang tua atau orang terdekat yang memiliki prinsip sama dengan Anda. 

Hilangnya rasa empati 

Karena selalu was-was dan juga selalu terdesak dengan masalah piutang ini, maka para peminjam dana riba akan merasa selalu kekurangan dan tidak melihat orang lain yang mungkin lebih kekurangan dari diri mereka. Jika hal ini terus menerus di lakukan, maka lama-lama rasa empati akan menghilang hati Anda akan tertutup untuk melakukan sedekah. Padahal salah satu cara untuk membuka rezeki adalah dengan bersedekah. 

Sikap hidup boros 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mencari dana pinjaman saat ini memang sangat mudah untuk dilakukan. Saking mudahnya orang-orang merasa hidup mereka menjadi lebih mudah karena bisa membeli barang yang mereka butuhkan untuk mencukupi kebutuhan baik itu primer maupun kebutuhan tersier. 

Ya, meski awalnya Anda meminjam uang dengan tujuan bisnis peminjam uang riba biasanya akan melepas kontrol diri mereka dan menggunakan uang modal ini untuk kebutuhan lainnya di luar kebutuhan bisnis. Hal ini terjadi secara natural mengikuti sifat manusia yang tidak pernah puas. Akan tetapi dengan menggunakan Anda pinjaman modal usaha tanpa riba hal ini bisa dicegah dengan mendekatkan diri pada Allah. 

Stres 

Karena di kejar tagihan, banyak orang yang pada akhirnya akan merasa stres dengan masalah finansialnya. Apalagi mereka yang memilih pinjaman riba tentu akan lebih jauh dari Tuhan sehingga akan makin stres kehidupannya. Nah, untuk Anda yang tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, maka cari modal usaha baik dari pinjaman modal usaha tanpa riba atau dari aset yang bisa Anda jual untuk memenuhi kebutuhan modal bisnis Anda.