Tutorial Integrasi WhatsApp Dengan Woocommerce Menggunakan Woowa Eco

Advertisement

Advertisement


Di era digital ini, semua bisa dilakukan tanpa harus berkontak langsung muka antar muka. Dari bercakap cakap, mencari teman, bermain semua dilakukan dengan hanya gerakan jari tangan. Begitu juga jual beli, di masa pandemic seperti ini toko online berperan besar pada dunia digital yang sedang melejit tinggi. 

   

Tentu dengan hadirnya toko online ada penjual online yang siap menyediakan kebutuhan customer. 

Nah, bagi kamu para suppliers Woocommerce yang ingin menghadirkan sistem notifikasi otomatis Woowa untuk para konsumen dan belum tahu cara mengintegrasi nya, ayo kita simak langkah langkah berikut:  


  1. Beli Lisensi Woowa Eco

Untuk bisa menggunakan notifikasi order & reminder otomatis via WhatsApp dari Woowa tentu kita harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

Harganya cukup terjangkau, dengan Rp 197.000,00/bulan kamu bisa mendapatkan lisensinya. Skuy, langsung beli di webnya dengan klik link ini.

Masih bingung? Simak stepnya dibawah:


  1. Klik beli

  2. Isi form device

  3. Klik checkout

  4. Lakukan pembayaran, pembayaran dapat melalui transfer bank atau paypal.

  5. Konfirm pembayaran mu ke CS woowa.

  6. Yes, lisensi sudah dikirimkan ke alamat emailmu.


Lisensi yang kamu beli sudah mencakupi unlimited messages, unlimited domain, menggunakan nomor pribadi dan full dokumentasi API.

  1. Menghubungkan Koneksi Server WA Sender Ke Woowa.

Ikuti langkah berikut untuk menghubungkan server WA sender ke server Woowa:


  1. Masuk dashboard woowa di go.woo-wa.com .

  2. Klik link WA

  3. Masukkan nomor WA dan namamu.

  4. Tunggu 3-5 menit.

  5. Klik check untuk melihat status koneksi.

  6. Jika muncul keterangan Your phone is logged out Click Scan QR to login maka klik Scan QR.


  1. Tunggu sampai kode QR muncul lalu scan kode QR tersebut dengan WhatsApp di handphonemu.

  2. Pastikan nomor yang digunakan adalah yang nomor telah didaftarkan di awal dan sudah mempunyai gambar profil.

  3. Jika muncul Your Phone Is Online maka koneksimu telah sukses terhubung.


  1. Aktivasi Lisensi.

 

Setelah kamu membeli lisensi dari Woowa, aktivasi lisensimu dengan memasukkan kode lisensi dan token key yang didapat dari Woowa lewat alamat email

 

      


Setelah mengaktivasi lisensi akan ada “License Key Activated” di tab Log.

Tandanya lisensi milikmu sudah aktif dan siap digunakan. 

Lihat potongan screenshot dibawah ini.


  1. Setting

Agar notifikasi order dan reminder darimu sampai ke aplikasi WhatsApp milik customer, maka kamu harus mensetting terlebih dahulu. 

Yuk, lihat langkah langkahnya dibawah:

Pada menu notifier for WA → tab setting Isi kolom kode negara dengan mengklik icon bendera negara sesuai negaramu. Jadi kalau kamu tinggal di negeri wkwkwkwk land nanti kode negara otomatis akan jadi +62. Settingan ini berguna untuk memudahkan customer yang mengisi form checkout jadi ada kode negaranya otomatis.


Jika kamu ingin memunculkan checkbox confirmation di halaman checkout, maka klik checkbox yang ada tepat di bawah kolom nomor handphone lalu isi text box di bawahnya dengan tulisan yang akan mendampingi kolom checkbox nanti sebagai keterangan. Seperti gambar dibawah ini.

Di halaman checkout page ketika customer tidak mencentang opsi ini maka customer tidak akan mendapat pesan WA.

Sekarang klik checkbox dengan keterangan Woowa Eco, karena kali ini kita akan menggunakan lisensi dengan tipe Woowa Eco.Tekan tombol Save Setting untuk menyimpan settingan yang telah kamu buat .





  1.  Mengatur Template Notifikasi


Setelah mengaktifkan lisensi dan mensetting di awal, sekarang kita mulai untuk mengatur template notifikasi pesan yang nantinya akan sampai di nomor WhatsApp customer. Simak yuk!


  1. Pertama kita perlu pindah dari Notifier For WA ke Templates For Woocommerce di bagian kiri halaman web.


  1. Di tab Templates pilih jenis template apa yang ingin kamu aktifkan. Klik toggle on off di sebelah kanan untuk mengaktifkan template.


Sedikit penjelasan. Jika kamu menggunakan template After Checkout, customer mu akan mendapatkan pesan notifikasi WhatsApp setelah melakukan check out. Kalau kamu mengaktifkan Order Complete customer akan mendapat pesan notifikasi WhatsApp setelah pesanannya terpenuhi. Dan masih banyak template lainnya.


  1. Klik kolom template yang sudah kamu aktifkan, disana kamu bisa mengedit atau menuliskan text pesan yang akan disampaikan kepada customer. Tentu kamu ingin pesan yang sampai ke customer ramah dan jelas bukan?Di bagian kanan ada kode singkat referensi (shortcode) seperti nama tagihan, alamat tagihan, penerima dan lain lain untuk dimasukan ke dalam template sehingga pesan yang dihasilkan untuk dikirim ke customer isinya berbeda-beda sesuai dengan data customer tersebut. Setelah itu save!


  1. Di bagian bawah ada notification khusus buat seller. Nah, disitu kamu bisa menambah nomor dan mengedit sesuai dengan keinginanmu.

  2. Kamu juga bisa menambahkan sendiri template yang kamu butuhkan sesuai dengan order status yang ada di woocommerce. Untuk menambah status lain sesuai kebutuhan pada woocommerce bisa menggunakan plugin Custom Order Status for WooCommerce By Tyche Softwares. lihat link ini


Setelah semua siap. Waktunya uji coba!


  • Pertama kita masuk ke Woocommerce.

  • Masuk ke tokomu dan pilih beberapa produk.

  • Pergi ke keranjang belanjamu, dan checkout!

  • Nah, di halaman checkout isi data data yang dibutuhkan.

  • Setelah mengisi data, klik checkbox di bawah tabel data yang ada keterangan “Send me order detail notification through WhatsApp(optional)” atau text yang kamu tuliskan di awal saat mensetting notifikasi di dashboard.

  • Lalu klik Place order, untuk kamu yang sudah mengaktifkan template notifikasi After Checkout maka tunggu kurang lebih 1 menit dan notifikasi WhatsApp akan sampai otomatis ke hpmu.

Hasilnya akan seperti yang dibawah ini.

Itu dia sedikit uji coba yang sederhana yang mungkin akan membantumu dalam mempraktekkan tutorial diatas.

Nah, itu tadi tutorial integrasi WhatsApp dengan Woocommerce menggunakan Woowa. Mudah kok.


Jika kamu masih bingung jangan malu untuk bertanya oke?

Selamat mencoba!