Bagaimana Sistem Gaji Kurir SiCepat 2020 Berikut Estimasinya

Advertisement

Advertisement

Anda yang sudah sering berbelanja secara online mungkin sudah tak asing lagi dengan salah satu pilihan pengiriman SiCepat. Meskipun bisa dikategorikan sebagai layanan baru, SiCepat berhasil menjadi layanan terpercaya di Tanah Air. Dengan ekspansinya yang terbilang pesat, tak heran jika layanan ini menarik minat pencari kerja untuk menjadi kurir dan mencari tahu bagaimana sistem gaji kurir SiCepat 2020.



Mengenal Layanan Jasa Pengiriman SiCepat dan Berapa Perkiraan Gajinya

Tak salah apabila Anda berminat untuk ikut bergabung dan mencari tahu tentang bagaimana sistem gaji kurir SiCepat 2020. Sebelum membahas lebih lanjut, tak ada salahnya kita membahas tentang layanan calon Anda melamar tersebut. Tentu saja agar Anda bisa memiliki pertimbangan dan menjadi lebih yakin untuk melanjutkan proses melamar kerja sebagai kurir SiCepat atau yang dikenal sebagai SiGesit ini.

SiCepat Ekspres sendiri merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan berfokus pada layanan pengiriman barang. Mulanya layanan perusahaan ini melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, namun kini mereka mulai memperluas layanannya hingga ke benua Asia dan Australia.  

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 ini berhasil mencatatkan perkembangan yang begitu pesar dengan lebih dari ratusan cabang di seluruh wilayah Indonesia. Sejumlah besar agen tersebut   bermitra dengan SiCepat demi mendukung operasional layanan pengiriman. Tak heran jika kini SiCepat Ekspres menjelma menjadi salah satu perusahaan besar dan menjadi kompetitor bagi perusahaan sejenis di Tanah Air.

Perkembangan layanan SiCepat pun tak melulu pada kualitas pengiriman barang saja. Terbukti pada 21 Februari 2018 yang lalu perusahaan ini juga menghadirkan program SiCepat Syariah untuk layanan yang lebih Islami. Tahun berikutnya, perusahaan mendapatkan penghargaan 'Indonesia BusinessNews Award 2019' untuk kategori 'The Best Growth Strategy in Logistic Industry 2019".

Berbagai pencapaian positif yang didapatkan oleh SiCepat ini kemudian semakin meyakinkan lebih banyak orang utnuk ikut bergabung ke dalam jaringan layanan mereka. Selain halnya posisi di perusahaan, banyak pula masyarakat yang berminat untuk bergabung sebagai agen maupun kurir. Tak terkecuali Anda yang mungkin saat ini juga memiliki minat yang sama untuk menjadi kurir.

Ya, SiCepat yang terus meningkatkan kualitas dan kuantitas layanannya memang sering membuka lowongan untuk berbagai posisi di perusahaan mereka. Anda mungkin menemukan lowongan sebagai kurir SiCepat di kota Anda. Dan tak menutup kemungkinan pula, Anda juga melihat lowongan kerja SiCepat di kota lain sekitar lokasi Anda.

Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki mekanisme penggajian sendiri yang bisa diketahui pada saat wawancara kerja atau setelahnya. Terkait bagaimana sistem gaji kurir SiCepat 2020 tentunya juga bisa Anda tanyakan pada saat mengikuti sesi interview tersebut. Sebagai gambaran, mungkin saja Anda mendapatkan gaji pokok, tunjangan seperti BBM dan pulsa hingga komisi pengiriman per paket.

Sementara untuk estimasi gaji yang bisa Anda dapatkan di perusahaan SiCepat ini diantaranya sebagai berikut;  

·         Posisi Frontliner dengan gaji di kisaran Rp 2 jutaan

·         Posisi Staff (Data Entry) dengan gaji sekitar Rp 2,5 jutaan

·         Posisi sebagai Driver dengan gaji sekitar Rp 2,5 jutaan

·         Posisi Kurir dengan gaji sekitar Rp 2,5 jutaan

·         Posisi sebagai Customer Service menerima gaji sekitar Rp 4 jutaan

·         Posisi Supervisor dengan gaji sekitar Rp 5 jutaan

·         Posisi Manager dengan gaji di kisaran Rp 14 jutaan

Perlu diingat bahwa angka di atas hanyalah estimasi dan bisa saja sedikit berbeda berdasarkan wilayah kerja yang akan Anda lamar. Perbedaan gaji pastinya juga bisa diperbarui apabila ada kebijakan dari perusahaan maupun pemerintah terkait besaran upah. Namun tak menutup kemungkinan, pada posisi tertentu bisa mendapatkan penerimaan tambahan seperti tunjangan dan upah lembur.

Bagi Anda yang mengetahui adanya lowongan kerja di SiCepat sebaiknya tak menyianyiakan kesempatan. Apabila dirasa cocok, silakan Anda segera melamar dengan melengkapi berbagai persyaratan yang dijelaskan pada informasi lowongan. Ini karena tingginya peminat dengan kesempatan yang terbuka lebar baik para fresh graduate dan lulusan SMA.

Tips Mempersiapkan Diri Melamar Posisi Kurir SiCepat

Nah apabila Anda sudah yakin ingin melamar posisi sebagai kurir di perusahaan SiCepat, tak ada salahnya segera mempersiapkan diri. Salah satunya dengan menyiapkan berbagai persyaratan melamar posisi kurir. Pada dasarnya, persyaratan menjadi kurir di SiCepat tak jauh berbeda dengan syarat menjadi kurir di perusahaan pengiriman sejenis. 

Tentunya Anda harus menggunakan informasi yang dijelaskan pada informasi lowongan resmi untuk mengetahui persyaratan melamar posisi kurir di cabang SiCepat di kota Anda. Nah beberapa persyaratan yang perlu Anda ketahui diantaranya;

1. Surat Izin Mengemudi (SIM)

Bisa dikatakan ini adalah syarat wajib yang harus sudah dimiliki oleh kurir. Tentu saja karena tugas utama seorang kurir dilaksanakan dengan mengendarai sepeda motor maupun mobil melalui jalanan umum. Maka dari itu, SIM C menjadi dokumen wajib yang harus Anda siapkan bila Anda akan melamar sebagai kurir bermotor. Sementara SIM A wajib dimiliki kurir yang menggunakan mobil alias Driver.

2. Kendaraan Bermotor

Tak jarang perusahaan layanan pengiriman barang seperti SiCepat juga mensyaratkan agar calon kurir mereka harus memiliki kendaraan bermotor sendiri. Hal ini karena pihak perusahaan tidak menyediakan kendaraan melainkan hanya memberikan kompensasi untuk anggaran operasional kendaraan tersebut. Namun tak jarang pula perusahaan sudah menyiapkan kendaraan operasional sehingga tak ada salahnya Anda mencermati detail lowongan atau menanyakannya.

3. Smartphone

Saat ini semua sudah serba digital, tak terkecuali untuk operasional perusahaan dan kurir. Calon kurir pun sebaiknya juga memiliki smartphone sendiri dengan spesifikasi yang memadai untuk memastikan kelancaran pekerjaan. Ini karena berbagai proses administrasi sudah beralih ke cara digital, termasuk halnya untuk konfirmasi barang datang. Untuk itu, terkadang perusahaan juga menyiapkan tunjangan pulsa atau paket data.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Dokumen ini juga menjadi syarat lainnya yang sering dimintai oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan, begitu pula SiCepat ingin lebih memastikan bahwa calon kurir mereka memiliki tanggung jawab tinggi dan kejujuran. Tentu saja karena paket barang yang mereka bawa merupakan amanat yang harus disampaikan dengan aman.   

Itulah beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk melamar posisi kurir, seperti halnya SiGesit di SiCepat. Untuk persyaratan dan kriteria yang lebih jelas, tentunya Anda harus mengacu pada informasi lowongan yang diumumkan oleh cabang SiCepat yang membuka lowongan tersebut.

Tips Menjadi Kurir yang Baik Sehingga Cepat Naik Gaji

Mungkin saja Anda merasa informasi tentang estimasi dan bagaimana sistem gaji kurir SiCepat 2020 di atas dirasa kurang cukup nominalnya. Namun masih ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjadi kurir yang profesional sehingga bisa cepat mendapat promosi atau naik gaji. Ya, selain halnya memenuhi persyaratan umum di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kinerja Anda mendapat penilaian positif dari atasan.  

Tips yang bisa Anda terapkan pada pekerjaan kurir sehari-hari diantaranya

Selalu Bersikap Ramah

Pekerjaan kurir memang sangat melelahkan, namun selalu berusaha sebisa mungkin untuk tetap bersikap ramah kepada klien. Hal ini pastinya sudah dijelaskan dalam SOP perusahaan bagi kurirnya. Namun konsisten untuk selalu sopan, murah senyum dan kooperatif bisa sangat sulit apabila Anda sudah begitu lelah. 

Bekerja dengan Penuh Ketelitian

Teliti menjadi syarat lain yang harus selalu Anda lakukan dalam pekerjaan sehari-hari. Seorang kurir harus secara konsisten teliti memastikan bahwa paket diterima oleh orang yang tepat. Begitu pula untuk paket COD dimana pembayaran diserahkan kepada kurir. Pada transaksi semacam ini, seorang kurir juga harus teliti memastikan bahwa uang yang dibayarkan sesuai jumlah atau kembaliannya.  

Cekatan

Meskipun teliti, menjadi kurir juga harus tetap bekerja dengan cekatan dan menghargai waktunya. Terlebih dengan layanan SiCepat yang dikenal memang tepat waktu, kurir harus bisa menuntaskan semua paket yang masuk dalam shift kerjanya. Seorang kurir juga dituntut sanggup mengatasi berbagai kendala yang ia temui di jalan yang seringkali di luar dugaan dan memerlukan kecekatan.

Jujur dan Bertanggungjawab

Sebenarnya bukan hanya pekerjaan kurir saja yang harus jujur dan bertanggungjawab karena semua profesi pun demikian. Namun kedua hal ini menjadi begitu penting dalam dunia layanan jasa dimana aspek ini akan sangat dinilai oleh konsumen. Kurir haruslah profesional, service oriented, jujur dan bertanggungjawab.

Dengan terus memegang teguh berbagai hal di atas, tak menutup kemungkinan kerja keras Anda akan terbayar dengan promosi ataupun kenaikan gaji. Bergabung di layanan SICepat sama sekali bukanlah pilihan yang buruk selama Anda terus optimis dan profesional dalam menjalankan pekerjaan, apapun itu. Termasuk dengan menjadi seorang kurir sekalipun. Semoga bermanfaat.