Strategi Bisnis yang Bagus Diterapkan untuk Bisnis Anda Pada Era 4.0

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Pemahaman mengenai strategi dalam bisnis memang menjadi acuan seorang pembisnis sebelum melakukan suatu bisnis ataupun membuat suatu usaha yang nantinya akan terus ditekuni. Pemahaman mengenai strategi bisnis harus ada pada jiwa pembisnis, karena nantinya ini akan sangat dibutuhkan untuk mengelola bisnis yang telah dibuat.

Image from  www.syntrio.com


Dalam penyusunan strategi, ada beberapa aspek yang yang menjadikan strategi dikatakan baik mulai dari sebuah koordinasi tim, tema, identifikasi faktor pendukung sampai dengan pendanaan ataupun modal. Pembahasan lanjutan mengenai hal tersebut bisa anda lihat pada artikel ini. Kesemuannya merupakan hal yang membuat strategi dalam pengelolaan suatu bisnis maupun usaha menjadi baik.


Koordinasi Tim


Dalam sebuah bentuk strategi yang baik terdapat beberapa pola koordinasi tim yang menjadikan strategi tersebut bisa berjalan dengan lancar, dengan adanya tim maka suatu stategi yang dibuat oleh suatu individu ataupun organisasi bahkan sampai dengan lembaga yang menjalankan suatu bisnis akan mudah dalam pelaksanaan suatu aktivitas dalam bisnis-nya.


Penentuan Tema

Tema merupakan hal yang juga patut kita pahami dalam membuat sebuah strategi yang baik, dikarenakan fokus bahasan pada tema yang ada akan menjadikan rekan tim, yang pastinya dengan koordinasi tim akan lebih mudah membuat goals tujuan akhir yang berujung pada proses keuntungan atau pendapatan laba pada sebuah bisnis yang dijalankan. 


Berbeda dengan bisnis yang tidak menggunakan ataupun menfokuskan tema pada bisnis nya, atau bisnis dengan prakata 'mencoba coba' ini memang dialami oleh seorang pembisnis yang mungki bisa dikatakan belum tahu yang namanya stategi, tema sangatlah perlu dalam sebuah bisnis dikarenakan tema akan memberikan kita angan -- angan yang membuat kita paham bagaimana nantinya bisnis kita dan fokus dalam bisnis kita.


Identifikasi Faktor Pendukung

Identifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip bisnis yang kita tekuni juga merupakan bentuk dari strategi yang baik untuk dijalankan, pengaruh tentang faktor pendukung yang sesuai ini menjadikan bisnis yang kita tekuni b isa berkembang dengan lancar dikarenakan ada supply (bantuan) yang bisa kita ambil dari faktor pendukung dari bisnis kita.


Efisiensi dalam Pendanaan (Modal)

Suatu bisnis akan bisa berdiri atau ada jika terdapat modal, bisa dikatakan modal ini bisa dari pengelola, pembuat, maupun dari sebuah pendanaan atau sering kali disebut dengan nama investors. 


Dengan adanya pendanaan yang diberikan dari investors terhadap bisnis yang kita tekuni membuat bisnis yang kita tekuni bisa dengan cepat berkembang. Invesors biasanya menjadikan produk berkembang dengan cepat dikarenakan faktor modal yang dipinjamkan terhadap pihak pengelola, adapun sebuah bisnis tanpa sebuah


Taktik

Sebuah bisnis harusnya mempunyai sebuah taktik untuk tujuan jangka pendek, sepertihalnya penerapan pada sebuah bisnis mengenai marketing yang lebih baik, kualitas produk maupun jasa yang diproduksi ditingkatkan dan masih banyak lagi. Dengan adanya taktik dalam bisnis kedepannya akan membantu dalam proses perkembangan dari bisnis tersebut.


Pembahasan mengenai strategi yang baik kali ini ditujukan agar pembaca paham mengenai lingkup bisnis yaitu strategi bisnis yang baik, ditujukan supaya nantinya agar lebih mudah lagi untuk memahami perpaduan atau kesinambungan antara bisnis dengan teknologi dimasa mendatang.