Problem Solving : Memperbaiki Tampilan Eror Pada Tampilan Mobile Pada Blog atau Website

Advertisement

Advertisement

Dalam hal pengaturan situs website banyak sekali hal yang harus diperhatikan mulai dari hal yang sederhana sepertihalnya tampilan sampai dengan hal yang lebih kompleks seperti optimasi pengindeksan pada suatu website.


Seringkali seorang Web Development mendapati beberapa masalah mengenai tampilan website pada seluler, dikarenakan untuk tampilan seluler sendiri seorang Web Development harus membuat suatu baris kode yang baru, dan banyak sekali Error yang seringkali dialami, berikut ini adalah beberapa Error yang sering terjadi dan penyebabnya.


Ilustrated by unplanet.org



Menggunakan Suatu Plugin yang Tidak Kompatible


Plugin yang diinstal pada website tersebut tidak kompatibel dengan website tersebut pada tampilan Seluler sehingga menimbulkan Error, untuk permasalahan ini biasanya plugin yang diinstal sepertihalnya Flash, sehingga sebagian besar tidak mendukung pada browser seluler, jadi pada saat seorang pengguna menggunakan seluler untuk pencarian suatu hal dan mendapati website kita, maka beberapa dari tampilan website kita tidak bisa dimuat dikarenakan Flash pada seluler pengguna tersebut tidak mendukung.


Namun, untuk mengatasinya anda bisa menghapus plugin tersebut atau anda bisa mendesain ulang halaman website anda mengggunakan HTML 5 misalnya.



Viewport  Tidak Ditetapkan (Pada Website Anda)


Viewport ini merupakan properti yang digunakan untuk menyesuaikan dimensi dan juga penskalaan halaman yang ada pada website kita, supaya bisa sesuai dengan ukuran layar pada perangkat pembaca yang mengunjungi website kita.


Jadi untuk Error yang satu ini, kita bisa memberikan tag meta viewport agar pengunjung website kita dapat melihat tampilan halaman pada website kita sesuai dengan perangkat yang mereka gunakan, dikarenakan perangkat yang mereka gunakan tidak semuanya sama melainkan berbeda, mulai dari perangkat dekstop dengan layar yang lebar sampai dengan penggunaan perangkat mobile dengan skala layar kecil, bisa mendapati tampilan yang responsif saat membuka website kita nantinya.



Konten Lebih Lebar daripada Layar (Tampilan isi Lebih Lebar dari Tampilan Seluler)


Anda bisa melakukan perbaikan pada desain CSS --nya agar tampilan dibuat menjadi responsif dan memiliki lebar relatif  dan nilai posisi untuk elemen CSS nya, dan pastinya dalam hal ini nilai gambar dapat diskalakan juga.


Perbaikan pada deklarasi CSS yang ada pada website kita bisa anda setting dengan lebar browser tertentu sepertihalnya menggunaka anka 980 pixel untuk penggunaan lebar tampilan selulernya. Jadinya, nanti semua pengunjung akan mendapati tampilan dengan skala 980 pixel setiap kali mengunjungi website kita, namun bisa juga memperbesar gambar pada skala tertentu.


Teks Terlalu Kecil Untuk Dibaca (Optimasi Deklarasi CSS-nya)


Ini timbul jika tampilan font yang ada sangatlah terlalu kecil pada perangkat pengunjung website kita, dan pengguna seluler perlu memperbesar ataupun zoom pada bagian tertentu, sehingga user exsperiences pada website kita akan kurang karena hal ini.


Untuk perbaikannya anda bisa setting pada bagian viewport untuk halaman website secara benar, dan sering sering anda melihat tampilan website anda sendiri seperti pada dekstop dan seluler.



Elemen yang Berdekatan


Yang saya maksudkan disini adalah beberapa elemen yang saling berdekatan yang kesemuannya bisa diklik, sehingga timbul masalah ataupun Error Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan satu sama lain, jadinya untuk masalah ini pada pengguna seluler akan sulit untuk memilih artikel dari website kita yang mereka inginkan, namun keuntungan dari adanya Error ini jika pada website kita sudah mendapati Iklan Baris dari Google, maka impresion nya akan naik berkat adanya Error ini, dikarenakan tingkat klik pada bagian ads atau iklan akan lebih tinggi diakibatkan karena element yang bisa di klik berdekatan.


Namun, ini masih sebuah masalah, jadinya kalau masalah pastinya menimbulkan suatu dampak pada website kita untuk itu kita perlu memperbaiki adanya masalah tersebut. Anda bisa memberikan ukuran ataupun jarak link pada navigasi website ataupun blog anda dan memberikan tombol yang sesuai dengan berbagai perangkat.


Untuk seorang IMERS anda bisa membuat sebuat iklan dari Google supaya tampil relevant pada website kita, dikarenakan sekarang ini algoritma dari google dirubah lagi dan menurut pengalaman pengguna, klik dari website yang memberikan artikel yang mempunyai element bisa di klik berdekatan nantinya impression nya akan tinggi namun CPC akan sangat sadis, serta pengunjung website ataupun blog kita akan malas mengunjungi website kita lagi karena faktor tersebut, samahalnya website yang banyak menggunakan iklan yang sangat banyak dan lebih lebih website yang banyak memuat iklan propeler ads, maka pengunjung bisa risih karena iklan yang selalu ada dan tampil dalam browser.