Penggunaan Tag Header Secara Benar Untuk Optimasi Seach Enggine Organic (SEO) Pada Blog dan Website

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Menyempurnakan sebuah SEO (search enggine optimazed) pada blog maupun webiste ditujukan guna untuk memaksimalkan pencarian artikel atupun blog serta website yang sedang dikelola pada mesin pencari google dan yang lainnya.


Untuk optimasi seo on page dan off page sendiri terdapat banyak sekali yang harus disusun maupun sampai dengan dirubah untuk optimasi sebuah web dan blog, sehingga banyak dari artikel yang telah kita tulis bisa terindeks pada mesin pencari dan banyak pengunjung yang mengunjungi website dan blog yang sedang dikelola.


Pembahasan kali ini adalah mengenai cara mengoptimasi website dan blog dengan menggunakan tag yang benar,untuk lebih lengkapnya anda bisa lihat pada pembahasan berikut.





Menggunakan Tag Heading untuk Optimasi SEO pada Website dan Blog


Tag H, atau seringkali disebut dengan tag  judul (heading) pada umumnya sedikit dipakai oleh sebagai blogger pemula, padahal tag h1, h2, h3, dan seterunya merupakan tag untuk memerjelas bahasan pada artikel yang ditulis.


Karena hal tersebut, google pada algoritmanya membuat tag h1,h2,h3 sebagai salah satu pola untuk seo on page website maupun blog. Dengan adanya tag tersebut pengunjung yang melihat artikel yang kita tulis paham mengenai sub bab judul dan sub sub bab judul yang kita tulis dengan mudah, dan dengan ini pengunjung blog maupun website bisa dengan mudah mencari apa yang mereka sedang cari di artikel yang kita tulis dengan cepat.


Pemilihan Tema yang Baik


Adapun tag h1,h2,h3 tersebut baik digunakan pada setiap artikel di blog maupun website yang kita kelola untuk mempermudah pengguna, ataupun pengunjung artikel yang kita tulis dengan mudah.


Dengan adanya pemilihan tema yang baik yaitu tema (template) yang responsif dan juga seo friendly, penggunaan tag akan sangan dinamis pada tema yang seperti ini, terlebih dengan penggunaan tema yang seo friendly akan mendongkrak optimasi seo on page website atupun blog anda.


Bagaimana Penggunaan Tag h1, h2, dan h3 yang Benar


Penggunaan tag h1,h2,h3 yang benar untuk optimasi seo on page website ataupun blog anda adalah h1 digunakan untuk sub heading atau sub judul, kemudian h2 dan h3 untuk sub judul dibawahnya.


Sekali kali anda boleh menggunakan tag sampai dengan h4, namun penulis rasa, penggunaan tag sampai dengan h4 akan sedikit memuat pembahasan yang lebih, namun untuk lebih memaksimalkan optimasi seo on page web ataupun blog anda, sebaiknya anda batasi hanya sampai tag h3 saja.


Cara Melihat Tema (template) Blog dan Website Anda Support Tag H1, H2


Ini juga tidak kalah penting untuk optimasi seo on page website anda, yaitu melihat apakah tema atau template blog dan website yang anda gunakan apakah sudah mendukung (support) tag h1, h2, dan h3 apa belum, yaitu dengan anda mengecek secara manual.


Cara mengeceknya, yaitu dengan anda membuka halaman dasar (homepage) blog ataupun website anda, kemudian anda coba lihat source code nya dengan tekan CTRL+U, selain dihalaman dasar blog ataupun website anda, anda juga bisa mengeceknya pada postingan atau artikel yang anda tulis dengan cara tersebut yaitu dengan tekan CTRL+U pada salah satu potingan di blog anda dan lihat apakah sudah support tag h1, h2 dan h3.


Tema yang kurang mendukung akan adanya tag h1, h2 dan h3 ini adalah bentuk tema yang ada pada tahun sebelum 2010, dikarenakan pada masa hanya sedikit orang mengerti mengenai website ataupun blog dan internet marketing. 


Namun, rata-rata untuk tema yang sekarang ini umumnya sudah dinamis dan mendukung dengan adanya tag h1,h2 maupun h3. Dengan begitu anda hanya perlu setting saja pada saat membuat artikel di website ataupun blog anda pada bagian post. 


Penerapan H1, H2, H3


Bagaimana sebuah tag h1 diberikan pada postingan blog ataupun website yang sedang dikelola?


Tag h1, biasanya diberikan untuk penempatan sebuah judul artikel, jadi jangan sampai pemberian tag h1 lebih dari sekali karena nantinya ini akan membingungkan pengunjung pada pembahasan pada artikel yang anda tulis..


Sedangkan untuk pemberian tag h2, h3 bisa anda lakukan lebih dari sekali pada artikel anda. Dan sebaiknya batasi penggunaan tag hanya sampai dengan tag h3 saja, agar optimasi seo on page anda lebih maksimal pada blog maupun website yang sedang anda kelola.