Yandex Metricana, Alat SEO Gratis dengan Fitur "Perfect Optimazed" SEO Blog dan Website

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan dibidang sains dan teknologi secara horizontal turut mengikuti adanya proses perkembangan tersebut.


Pada bidang teknologi dan informasi sekarang ini kita semakin dimudahkan lagi oleh adanya penyediaan layanan jasa dari berbagai produk Google, inc mulai dari pencarian google (Google Search), dan produk produk lain yang juga sangat bermanfaat semisal saja Google Drive, Google Mail, Google Calender, Contact Google, Google Adsense, dan berbagai startup yang telah terakuisisi dan merger oleh Google, inc sepertihalnya Android, Youtube, Blogger, dan lainnya.


Kita sudah tahu bahwa hampir semua sektor bidang teknologi dikuasai oleh Google, sehingga tidak banyak orang yang tahu mengenai Yandex.


Walaupun pada dasarnya kemampuan Yandex terbilang belum cukup untuk melampaui Google, namun terdapat beberapa alat yang sangat bagus untuk penerapan ataupun untuk analisis SEO.

Ilustrated by datawords.com

Sepertihalnya Google yang memiliki webmaster google, mereka juga mempunyai webmaster juga yang disebut dengan Yandex Metrica. Untuk kegunaan yandex metrica disini mereka masih belum sekompleks dengan webmaster google, karena pastinya ada beberapa perbedaan.


Untuk kemampuan ataupun kegunaan dari Yandex Metrica ini hampir setara dengan fitur seo yang disediakan gratis oleh Google yaitu Google Analytics dikarenakan yandex metrica menawarkan fitur yang hampir sama dengan google analytics. Namum terdapat kelebihan lain yang mereka miliki, pembaharuan merupakan kunci untuk adanya beberapa fitur unik lain yang bisa anda gunakan sebagai alat seo gratis alternatif selain dari alat seo gratis google.


Secara keseluruhan tampilan desain UI (User Interfaces) situs mereka sangat baik dan sebagai pengguna kita bisa melakukan navigasi dengan mudah pada berbagai fitur yang mereka sediakan.


Diantara fitur tambahan lainnya yang dimiliki yandex, terdapat fitur unik lain yang bernama WebVisor.


WebVisor -- Alat untuk mengukur keterlibatan pengguna


Yang membuat saya terheran-heran dengan Yandex Metrica ini adalah fitur yang diciptakan olehnya yaitu WebVisor yang sangat berguna untuk pengoptimalan seo tahap lanjutan.


Pada dasarnya ini adalah alat yang dikembangkan untuk memberikan data dari performa webpage blog ataupun website dari perekaman sesi, yang memungkinkan anda untuk melihat hampir kesemua hal yang terjadi pada situs web anda secara detail.


Dari melihat data perekaman sesi ini kita bisa menganalisa interaksi pengguna terhadap situs webpage blog ataupun website yang kita kelola, terlebih ini menampilkan seperti apa mereka melakukan interaksi.


Fungsi dari WebVisor ini sangat berguna ketika anda harus menganalisa perilaku pengguna, terlebih lagi jika ini dimanfaatkan untuk menganalisa perilaku pengguna terhadap situs website suatu perusahaan, disamping dapat melihat interaksi yang paling baik diberikan anda juga memahami kebutuhan dari pengguna.


Jikasaja terjadi masalah atau trouble pada website ataupun blog anda, webvisor akan menyediakan solusi alternatif untuk mengatasi masalah yang terjadi pada situs web anda. Mengatasi masalah akan jauh lebih mudah dikarenakan anda dapat melihat bagaimana pengguna berperilaku, sampai dengan bagaimana interaksi mereka terhadap situs web ataupun blog milik anda.


Perekaman sesi ini juga dapat memberikan masukan terhadap anda untuk lebih membuat bagusnya User Eksperiences atau kepuasan pengguna terhadap situs website milik anda, dengan alat webvisor ini anda bisa mengatai masalah yang ditemukan oleh pengguna pada halaman tertentu milik anda dan berbagai kekurangan lain semisal saja kekurangan readable dan kemudahan navigasi yang ada pada situs anda.


Cara Kerja WebVisor


Saat kita memasuki dasboard WebVisor, disana terdapat beberapa fitur yang berguna untuk keperluan seo disana dan bisa anda gunakan secara gratis.


Alat seo tersebut digunakan sebagai media untuk mengumpulkan data dari performa situs website ataupun blog milik anda berupa informasi sesi pengguna yang berkunjung pada situs web anda secara detail.


Anda bisa melihat rekaman sesi kunjungan perharinya, dan menganalisis beberapa hal yang mungkin anda butuhkan untuk lebih meningkatkan performa kepuasan pengguna atau User Eksperiences terhadap situs blog ataupun website yang sedang anda kelola.


Filter Sesi WebVisor (WebVisor Filter Session)


Pada dasarnya dari filter sesi webvisor hampir sama dengan kebanyakan webmaster yang ada, sepertihalnya filter sumber (source) , filter geografi (geography), filter perilaku pengguna (user interaction) , filter teknologi (tech).


Filter tambahan lain yang sangat bagus untuk kebutuhan seo yang mereka sediakan adalah filter sejarah (history) , filter ulangi sesi (repeat sesion) , dan filter e-commerce (marketplace or electronic commerce).


Filter Sejarah (history)


(Pengunjung baru : Pengunjung Lama)

Melihat sesi kunjungan berupa pengunjung baru dengan pengunjung lama.

(Nomor Sesi)

Melihat jumlah sesi yang masuk secara realtime.

(Waktu Sejak Sesi Pertama, Waktu Sejak Sesi Sebelumnya)

Melihat interfal atau jarak waktu antara sesi kunjungan pertama dengan sesi selanjutnya.

(Tanggal Kunjungan)

Melihat Sesi pertama sampai dengan sesi terakhir

(Waktu Sesi)

 Melihat sesi awal sampai dengan waktu untuk sesi terakhir

Filter Sesi Ulangi (repeat session)


Melihat sesi

Favorit.

(Melihat berbagai interaksi yang disukai oleh pengguna)

Aktifitas.

(Melihat aktifitas yang dilakukan pengguna terhadap situs website atau blog anda)

Frasa.

(Kata kunci yang digunakan dalam pencarian oleh pengguna)

Filter E-commerce (Electronic commerce)


Kategori Produk

ID Produk

Nama Produk

Dengan adanya banyak filter yang disediakan oleh WebVisor ini memungkinkan anda untuk lebih mengoptimalkan kepuasan pengguna, serta mengetahui berbagai hal yang megakibatkan sedikitnya interaksi terhadap situs website ataupun blog milik anda.


Berbagai fitur yang disediakan oleh webvisor ini bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin, sepertihalnya pada filter sumber, anda bisa menyaring sesi perekaman dari performa website ataupun blog milik anda untuk melihat adanya bounce rate terhadap web anda. Dengan adanya filter bounce rate ini akan sangat membantu anda untuk melihat dan menganalisa berbagai hal yang mengakibatkan tingginya bounce rate website anda.


Bounce rate tinggi artinya sedikit interaksi, karena singkatnya seorang pengguna mengunjungi website ataupun blog milik kita. Bisajadi itu dikarenakan situs milik kita mempunyai loading page yang lumayan lama, artikel yang kurang bermanfaat, artikel kurang menarik, penjelasan kurang jelas, artikel hanya membahas setengah setengah, dan karena tema yang kita gunakan kurang profesional. Anda bisa menganalisa berbagai hal yang membuat bounce rate tinggi pada filter bounce rate yang terdapat di webvisor ini.


Filter Pengguna WebVisor (WebVisor Filter User)


Pada filter ini juga terdapat banyak filter yang dapat menginformasikan data rincian serta analisis perilaku pengguna tertentu maupun menyeluruh secara mudah pada waktu realtime.


Karakteristik (User Caracteristic)


Jenis kelamin,

Usia,

Persentase Robot,

Geografi,

Minat

Tanggal Kunjungan Pertama

Parameter

Metrik (User Metric)


Jumlah Kunjungan

Jumlah Tampilan Halaman

Total Waktu di Situs

Sumber (Source)


Sumber lalu lintas (pertama)

Teknologi (User Technology)


Perangkat (Device)

Sistem Operasi (Operating System)

Browser

Teknologi Browser

IP

Resolusi

Perilaku (User Interaction)


Halaman Navigasi

Melihat URL

Parameter Sesi

Unduhan *

Eksternal Link

Tanggal Kunjungan

User E-commerce (Electronic Commerce)


Produk yang dilihat

Jumlah pembelian

Barang yang dibeli

Total pendapatan

Tampilan produk

Tampilan produk dari kategori

Pembelian barang

Pembelian produk dari kategori

Anda bisa menggunakan beragam filter tersebut sesuai dengan yang anda butuhkan untuk situs web ataupun blog yang sedang anda kelola. Terlebih lagi anda bisa memperbaiki lagi beragam data yang sering mengalami interaksi yang tinggi supaya lebih baik lagi, untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna (user eksperiences) terhadap situs web anda.


Bentuk Tampilan Data melalui Filter WebVisor


Perekaman sesi yang masuk secara realtime yang ditampilkan oleh WebVisor ini tersusun secara rapi dan bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.