Tips Menyempurnakan SEO Blog dan Website Supaya Page One dan Mendapat Banyak Trafik Organik dari Google

Advertisement

Advertisement

  

Ilustrated by thenextmarketers.com 


Akizaku.com - Pada mulanya berbagai macam tulisan hampir bisa dikatakan sebagai sebuah tulisan SEO, namun perlu kita ketahui bahwasanya dalam penulisan sebuah artikel ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Penulisan artikel yang digunakan pada blog untuk mendongkrak Search Enggrine Optimazed (SEO) ini sebenarnya ada beberapa macam mulai dari tahapan penulisan yang mudah sampai dengan setting yang ke tingkat lanjutan.


Kali ini,  Akizaku.com akan memberikan tutorial kepada para pembaca tentang bagaimana cara untuk membuat artikel menjadi SEO Friendly dan mengoptimasi blog ataupun website kita agar lebih baik dalam tingkatan Search Enggine Optimazed (SEO)


SEO Fiendly merupakan sebuah ungkapan bahwasanya artikel dari blog kita sangat User Exsperiences atau bisa dikatakan pada pengalaman  pengguna, artikel yang kita sediakan sangatlah baik, mulai dari bahsanya yang baku dan mudah dipahami oleh semua pembaca blog


Untuk membuat artikel yang SEO Friendly kita diharuskan:


1. Tentukan CMS

Apa yang dimaksud dengan CMS? CMS merupakan kependekan dari Conten Managable System atau Sistem Pengaturan sebuah Konten.


"Basisnya adalah ini sepertihalnya rumah, kemudian dirumah itu kita bisa isi dengan apa yang kita ingingkan"


CMS sangatlah berpengaruh terhadap sebuah artikel yang SEO Friendly, karena jika kita mempunyai sebuah rumah yang bagus dari depan, bisa dipastikan didalam rumah tersebut atau disini bisa disebut Conten nya pastinya bagus dan menarik.


Internet banyak sekali memuat berbagai CMS, mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar. Pada artikel ini saya hanya akan memadukan dua CMS yang populer digunakan oleh para IMERS, yaitu Blogger.com, Wordpress.com dan Wordpress.org


Untuk itu kita perlu menentukan terlebih dahulu mana CMS yang memang sesuai dengan kebutuhan blog kita, jika kita hanya membuat sebuah blog berisi pengalaman pribadi dan masih baru (New) dalam  dunia blogger, anda bisa memilih CMS Blogger.com untuk membuat sebuah blog, dikarenakan biayanya gratis dan mudah, namun masih bisa dibilang ini sudah cukup. Jika anda merupakan Blogger kelas menengah (Intermedier) saya sarankan untuk memilih Wordpress.com atau Wordpress.org,




2. Buatlah Artikel Baku

Membuat sebuah artikel dalam blog merupakan hal yang sulit dilakukan, jika kita kurang serius dalam mengurus suatu blog ataupun sampai dengan beberapa blog. Karena ini perlu tenaga, pikiran, dan waktu luang untuk menulisnya. Bahkan ada seorang IMERS yang malas menggunakan cara cepat yaitu dengan cara membeli artikel SEO di Internet.


Memang Apa Pengaruhnya terhadap SEO Blog Kita?



Pengaruhnya yang pasti, biasanya menggunakan gaya bahasa yang berbeda dengan setiap kita sebagai Admin dari blog tersebut, serta biasanya ini dilakukan sesuka-nya saja isinya, yang terpenting pada pihak jasa pembuat artikel adalah hasilnya ada walau tidak memperhitungkan aspek yang lain seperti kelayakan SEO dan lain lain.


Jadi anda bisa memilah, apakah anda menginginkan sebuah artikel SEO dengan mudah atau dengan cara yang relatif, karena memang sulit untuk membuat artikel yang SEO Friendly dan sangat berbeda dengan artikel yang lain yang memang bukan jenis artikel SEO. Anda bisa melihat perbedaan artikel yang SEO Friendly pada artikel berikut Perbedaan Artikel dengan Penerapan SEO Friendly dengan Artikel Non-SEO Friendly


Kategori Artikel yang termasuk dalam jangkauan Search Enggine Optimazed (SEO) ini adalah dengan kita menulis artikel dalam 400-700 kata, dimungkinkan untuk setiap post, dan ini juga merupakan sebuah syarat dari google jika nantinya kita ingin membuat sebuah iklan tampil pada blog kita atau seringkali disebut dengan adSense.


Apa yang dimaksudkan dengan adSense bisa anda lihat pada artikel kami yang lain yang berjudul Cara Mendaftarkan Blog Supaya Diterima Penuh (Full Aproved) oleh adSense




3. Gunakan Template Premium atau Free dengan Kategori SEO

Sebenarnya template gratis (Free) ataupun berbayar (Premium) ini hampir sama, yang membedakan adalah isi ataupun content attribution yang ada dalam template tersebut. Pada umumnya template yang gratis (Free) hanya memuat beberapa fitur yang disediakan dari pihak pembuat (Developer Template) tersebut, dan jika kita ingin konfigurasi lain maka kita harus setting sendiri. Cara setting template ini juga lumayan mudah, jika anda kurang paham bagaimana cara menkonnfigurasi template anda bisa lanjut membaca artikel berikut ini Setting Template Free Agar Menjadi SEO Friendly


Template berbayar (Premium)merupakan bagian yang saya recomendasikan, pasalnya banyak IMERS menggunakan template yang berlicensi orisinil (Licence) dari pihak pembuatnya, sehingga kita berhak mengotak atik dan juga menambahi sesuka hati, namun dengan catatan tidak menghapus Credit Template tersebut yang biasanya tampil di halaman paling bawah template. Terlebih template berbayar (Premium) lebih banyak diminati oleh Crawl dari mesin pencarian (Search Enggine) Google.




4. Kurangi Content Yang Tidak Perlu

Ini merupakan bagian yang mendasar dan sangat penting jika kita ingin mengoptimalkan suatu blog ataupun website kita agar artikel dan blog kita menjadi SEO Friendly secara penuh, yaitu dengan kita kurangi beberapa isi ataupun (Content) yang tidak perlu sepertihalnya Animasi berjalan (Kesannya blog seperti dibuat oleh seorang pemula, jika tidak ini berkesan seperti Norak).


Perilaku kita ini dengan menghapus isi (Content) yang tidak perlu akan mengurangi jumlah load dari blog atau website kita sehingga, saat diakses oleh pembaca blog, maka akan lebih cepat dalam proses loadingnya, dan ini nantinya akan menambah kualitas dari pengalaman pengguna (User Exsperience) dan pastinya pembaca akan betah untuk melihat artikel dalam blog ataupun website kita. Berbeda dengan halnya admin yang memasang Animasi, Logo tanpa kompres terlebih dahulu dan banyak foto, maka loading dari blog atau website tersebut akan memakan waktu yang sangat lama, dan ini mengakibatkan pengguna malas karena lamanya loading dari situs tersebut.


Perbedaan Kualitas Pengalaman Pengguna setelah adanya optimasi SEO dalam blog bisa anda baca pada artikel Cara Menambah dan Memperbaiki Kualitas SEO Pengalaman Pengguna (User Exsperiences) dalam Blog dan Website


Beberapa hal tersebut merupakan cara seorang admin untuk melakukan Optimasi SEO kepada blog atau websitenya dengan demikian peringkat DA dan PA dari sebuah blog akan menjadi lebih baik dan lebih tinggi, yang hasilnya akan lebih banyak artikel yang menempati urutan halaman pertama (Page One) dan otomatis pengunjung akan banyak yang melihat artikel yang kita tulis dari blog kita.