Tips Memaksimalkan Kinerja SEO pada Blog dan Website Dengan Seach Console dan Google Analytic

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Kontribusi anda dalam sebuah blog ataupun website tidak serta merta hanya dilakukan pada saat pembuatan webpage tersebut, melainkan masih ada tahap lanjutan untuk memaksimalkan SEO untuk webpage blog ataupun website milik anda.


Ini dikarenakan SEO merupakan hal yang berkelanjutan, walaupun anda sudah mengoptimasi SEO milik anda namun anda juga perlu untuk mengamati akan hasil dari optimasi SEO yang telah anda lakukan, karena mungkin seo yang anda terapkan sudah berbeda dengan pembaharuan algoritma dari google mengenai seo saat ini. Teknik seo yang anda gunakan sudah tidak mengikuti pembaharuan atau tidak update dengan algoritma mengenai seo yang ada.


Hal semacam itu bisa anda tepis dengan anda sering melihat perkembangan website milik anda. Pada tahap melihat perkembangan webpage website ataupun blog yang anda miliki, anda bisa melihat pada kurun waktu 1 minggu sekali, 1 bulan sekali, 3 bulan sekali jika webpage milik anda sudah bagus dalam performa maupun trafik setiap hari yang masuk. Optimasi semacam bisa dilakukan dalam kurun waktu tersebut, dan analisa saja bagian mana yang kurang teroptimasi.


Ilustrated by sarjana3.web.id


Walaupun demikian, anda masih disarankan untuk menganalisa website anda jika ada beberapa hal yang kurang optimal mengenai teknik seo yang diterapkan pada webpage website ataupun blog anda anda bisa memaksimalkan kinerja SEO dengan melakukan optimasi lagi. Terlebih bagi anda yang masih merasa performa dari webpage yang anda miliki kurang baik dan trafik yang masih sedikit, tidak ada salahnya untuk melakukan optimasi lanjutan untuk lebih memaksimalkan kinerja SEO untuk webpage website ataupun blog anda.


Bagaimana cara untuk melakukan analisa untuk memaksimalkan kinerja SEO webpage blog ataupun website anda, anda bisa mulai mengikuti panduan mengenai hal tersebut supaya anda mendapati kinerja yang maksimal pada teknik SEO yang anda terapkan pada website ataupun blog yang sedang anda kelola.


Pentingnya Search Console

 

Menggunakan Google Analytic

Crawling Webpage Website dan Blog


Crawling Otomatis

Proses crawling secara otomatis ini biasanya dilakukan oleh google melalui data yang masuk pada search console. Jadi memang sangat perlu kita sudah memahami bagaimana cara kita untuk melakukan indexing artikel maupun webpage blog atau website kita melalui search console dari google.


Crawling Manual

Sedangkan crawling secara manual adalah kita melakukan crawling untuk webpage blog atau website milik kita sendiri, berbeda dengan crawling otomatis yang mana google mencrawling semua data di internet berdasarkan link-link yang ada, data yang dicrawling oleh google sendiri sangatlah banyak sampai dengan milyaran data setiap harinya yang selalu di crawling oleh google.


Banyaknya data ini mengakibatkan cepat lambatnya artikel yang kita buat bisa langsung terindeks oleh mesin pencari google. Proses crawling itu sendiri merupakan proses dimana google membuat pembaharuan indeks untuk kesemua data yang ada. Ini juga dipengaruhi oleh PA (page authority) suatu website ataupun blog.


Proses crawling sendiri dimulai dari website ataupun blog yang memiliki PA (page authority) tinggi sampai dengan PA yang rendah, sedangkan untuk DA (domain authority) hanya sebagai acuan kedua untuk proses crawling yang dilakukan google melalui prosesnya yang disebut spider bot, bot, atau robot.