SEO Website dan Blog : Panduan Optimasi SEO (Seach Enggine Optimazed) Untuk Masuk Posisi Halaman Pertama Google

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Banyak sekali IMERS atau seorang ahli dalam bidang IM (Internet Marketing) berlomba-lomba dalam menciptakan konten yang bermanfaat untuk semua pengguna, pembaca, maupun pelanggan-nya.


Kenapa?


Dikarenakan mereka semua menginginkan sebuah bentuk interaksi yang kuat antara mereka dengan pembaca yang mengunjungi produk dari yang mereka tampilkan, boleh itu berupa sebuah toko online (electronic commercial / e-commerce) maupun sebuah website yang menjajakan artikel yang bermandaat dan dibutuhkan oleh para pembacanya.

Source Image by chrisbramhallseolondon.co.uk


Kali ini akizaku.com akan memberikan beberapa artikel mengenai optimasi SEO On Page yang efektif diterapkan sekarang ini, terlebih ini didapati setelah kami melakukan riset pasar, jadi anda bisa menerapkan beberapa cara yang bisa dikatakan cara yang efektif dalam mengoptimasi SEO On Page anda dalam website yang anda kelola.


Beberapa hal yang bisa anda optimasi untuk meningkatkan SEO On Page pada website anda


Namun, sebelum masuk ke pembahasan mengenai bagaimana optimasi seo on page pada website ataupun sebuah blog, perlu anda perhatikan lagi tentang beberapa faktor yang mengakibatkan optimasi seo on page bisa dikatakan tidak dilakukan secara tidak maksimal atau optimasi seo on page bisa gagal.


Jadi beberapa faktor tersebut yang mengakibatkan optimasi SEO On Page bisa dikatakan gagal atau tidak berpengaruh terhadap optimasi website kita adalah


1. Panduan yang dipakai kurang tepat

Baik pada masanya, 3 kata yang menggambarkan sebuah teknik SEO jika anda memahami teknik seo on page pada artikel yang memaparkan bagaimana cara optimasi seo on page pada bulan, bahkan tahun sebelumnya.


Sedangkan kita tahu bahwa algoritma yang dipakai oleh Google,inc setiap tahun selalu ada pembaharuan atau selalu mereka update. Jadi jika kita menggunakan bahkan menerapkan tutorial pada sebuah artikel yang di publish pada tahun 2017 misalnya, namun anda menerapkan pada tahun 2019 maka ini mungkin hanya sedikit optimasi yang berhasil. Oleh karenanya banyak sekali kegagalan optimasi seo on page karena faktor panduan yang kurang tepat atau panduan yang kurang update, karena memang setiap tahun algoritma mengenai seo selalu diperbaharui (di-update) oleh google.


2. Tidak Sempurnanya Tips mengenai Optimasi SEO

Panduan mengenai bagaimana optimasi SEO, sampai dengan optimasi seo on page dan off page dirasa kurang lengkap, mungkin ini dikarenakan hanya memahami beberapa faktor saja yang membuat sempurnanya optimasi seo itu sendiri yang melewati bagian-bagian penting lainnya. Bahkan terdapat tips yang hanya memberikan pemahaman dasar mengenai optimasi seo.


Jadi untuk hal semacam ini anda bisa mencari artikel yang bagus dan berkualitas atau bisa dengan mengikuti seminar, biasanya tips mengenai optimasi seo yang sangat lengkap ini terdapat di webinar atau seminar web dan rata-rata berbayar, atau didalam ebook premium yang bisa anda beli di master IMERS. Namun, jika anda ingin informasi yang berkualitas dan otentik, anda bisa melihat tips lengkapnya di berbagai website profesional mengenai hal tersebut.


3. Belum Adanya Panduan Optimasi SEO (optimasi seo on page dan optimasi seo off page) yang Lengkap

Kenapa? Karena rata-rata panduan optimasi seo yang lengkap biasanya dipublish oleh orang yang benar-benar paham mengenai optimasi SEO itu sendiri. Dan yang memahami mengenai SEO (search enggine optimazed) itu adalah Google, inc sendiri. Jadi biasanya panduan-panduan yang ada di internet itu, berdasarkan dari panduan dari google, yang mana seorang blogger maupun web development biasanya memahami setelah berbagai riset pasar yang ada, dan karena banyaknya masalah (trouble) yang ada.


Setelah memahami beberapa faktor yang membuat kegagalan atau kurang sempurnanya optimasi SEO, dibawah ini merupakan artikel mengenai SEO secara lebih dalam. Dan bagaimana memulai optimasi SEO untuk website maupun blog kita.


Pahami Apa Itu SEO

Jika anda tidak tahu SEO namun anda berupaya untuk menyempurnakan rangking website anda dalam Google search maka itu salah, dikarenakan hal yang awal yang harus anda pahami untuk membuat website anda berada pada posisi awal atau page one dalam pencarian Google adalah pahami apa itu SEO.


Website Sukses Tanpa SEO

Memang banyak dari website yang dikelola pada internet ini sukses tanpa mereka memahami bahkan tahu mengenai SEO atau Search Enggine Optimazed ini. Namun kalau kita tidak menggunakan teknik SEO akibatnya kita akan kalah saing dengan orang yang memahami SEO, dikarenakan faktor dari SEO sendiri adalah peringkat, dan peringkat dipengaruhi dengan kualitas. Maka wajar bagi mereka yang paham akan SEO akan lebih unggul dari yang tidak menerapkan teknik ini. Dengan begitu perlu untuk kita lebih memanfaatkan penulisan artikel yang bermutu dan dengan pembahasan yang mendalam untuk bisa bersaing dengan website kompetitor kita.


Cara Bersaing dengan Website yang Menerapkan SEO

Perbaiki kualitas. 2 kata yang sangat berpengaruh pada setiap website untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian google.


Kualitas artikel sangatlah penting untuk membuat website kita bisa bersaing dengan website yang menerapkan teknik SEO. Rata-rata website ataupun blog yang menggunakan teknik seo ini bisa menduduki halaman awal pencarian, namun dengan kita membuat artikel sedalam dalamnya atau seditil-detil nya mungkin artikel yang kita tulis tersebut bisa menduduki halaman awal pencarian di mesin pencari (search enggine) walaupun kita tidak menerapkan teknik SEO pada website ataupun blog milik kita.


Jadi apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari cakupan arti dalam bahasa inggris yaitu Search Enggine Optimazed. Bisa diambil kesimpulan dari kata tersebut bahwa SEO adalah metode mengenai bagaimana cara untuk mengoptimasi (website) dalam mesin pencari atau (search enggine) supaya bisa menduduki peringkat yang lebih baik. Optimasi website disini utamanya pada cakupan SEO (search enggine optimazed)pada mesin pencari Google.

Namun, adapula pengertian lain dari SEO, yaitu Search Enggine Organic.

Konsep Dasar SEO

Google, Inc merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa, khususnya mereka merupakan penyedia layanan jasa untuk menampilkan pencarian mengenai sesuatu. Google sendiri mempunyai banyak produk mulai dari google mail, goole drive, google crome, youtube, dan lain sebagainya.


Karena Google Incorporate (Google,Inc)  bergerak pada sektor jasa inilah yang membuat google mengembangkan beberapa algoritma yang digunakan untuk menentukan pencarian dari sistem google itu sendiri.


Mereka menginginkan pengguna google mendapatkan user eksperiences atau pelayanan yang baik mulai dari artikel yang disediakan, navigasi yang mudah pada websiteyang memuat informasi yang mereka cari, dan sebagainya.


Karena kesemua itu google membuat sebuah algoritma untuk menangani hal tersebut dengan mengeluarkan algoritma untuk search enggine mereka. Sepertihalnya mereka mengeluarkan algoritma pinguin, kemudian algoritma white panda yang setiap tahun selalu ada pembaharuan dari pihak google


SEO sendiri merupakan seach enggine optimazed. Jadi pada dasarnya konsep dasar dari seo ini adalah Google, Inc menginginkan pengguna layanan search enggine google bisa mendapati pelayanan yang bagus berupa mendapatkan hal yang mereka inginkan dengan google memaparkan daftar pencarian yang paling populer dan memberikan hasil pencarian yang tepat dan memuat artikel bermanfaat dan baik.


Kemudian, Apa yang dimaksud dengan SEO on page ?

SEO (Search Enggine Oprimazed) on page artinya adalah bagaimana kita mengoptimasi search enggine pada website yang kita kelola. Kata On Page disini mempunyai arti halaman, webpage ataupun postingan yang ada dalam website ataupun blog kita. 


Jadi seo on page adalah bagaimana cara kita mengoptimalkan mesin pencari untuk membuat artikel maupun postingan di website kita tampil dalam halaman pertaman pencarian dalam mesin pencari Google. Kata On Page sendiri biasanya juga mengartikan konten maupun HTML yang ada dalam website ataupun blog kita.


Bagaimana cara kita untuk menyempurnakannya (SEO on Page) ?

Anda bisa melanjutkan membaca artikel ini, sampai selesai, karena beberapa hal yang ada dalam artikel ini akan bisa membuat pemahaman anda mengenai SEO semakin bertambah.


Begitu pentingnya sebuah pengoptimasian SEO terhadap sebuah website maupun blog, karena dengan adanya optimasi pada seo website yang dikelola, kita bisa tahu dan menganalisis performa dari website maupun blog yang kita buat tersebut.


Apa harus kita optimasi SEO?

SEO untuk website adalah Program primer atau utama. Sebuah kewajiban bagi tiap tiap IMERS, khususnya untuk seorang Internet Marketing  untuk melakukan optimasi SEO pada website mereka, dikarenakan dengan mereka melakukan optimasi banyak hal yang akan mereka dapati dibanding dengan tidak mengoptimasi SEO On Page website maupun blog yang mereka kelola.


Kalau dibilang perlu ini bisa dikatakan sangat diperlukan, terlebih untuk seorang web development atau blogger yang menginginkan artikel yang mereka tulis berada pada halaman pertama pencarian Google atau PR1 (Page Rank 1). 


Ini diperlukan strategi dan persiapan, persiapan-nya untuk membuat artikel kita tampil pada pencarian pertama google adalah kita harus memaksimalkan dan mengoptimasi SEO website kita, karena sudah banyak IMERS yang sudah mengoptimasi SEO On Page website maupun blog mereka, jadi jika kita tidak mengoptimasi seo website kita makakita akan kalah saing dengan artikel yang mereka buat, jadi artikel yang kita buat nantinya akan sulit untuk menempati halaman pertama pencarian.

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan SEO dan seo on page maka langkah selanjutnya adalah anda juga harus memahami serta memaksimalkan keyword untuk mengotimasi website anda. Tahapan mengoptimasi keyword ini merupakan tahap lanjutan dalam proses optimasi SEO On Page website anda.


Anda bisa melihat bagaimana cara mengoptimasi keyword untuk memaksimalkan optimasi SEO On Page website anda, pada artikel terkait mengenai hal tersebut dibawah ini.