Fungsi dan Cara Menggunakan Permalink Secara Tepat Untuk Optimasi SEO Lanjutan Untuk Blog dan Website

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Pembuatan sebuah website selain untuk membagikan informasi yang bermanfaat, unik, dan menambah ilmu pengetahuan dan yang lain, rata-rata kesemuanya itu bertujuan untuk memberikan interaksi yang baik sehingga bisa membangun branding yang baik di masyarakat.


Rata-rata website ataupun blog yang dibuat oleh web development biasanya mempunyai tujuan jangka panjang yang menginginkan supaya web maupun blog yang dibuatnya bisa lebih bagus. Untuk itulah seseorang blogger maupun web development perlu mengetahui bagaimana agar bisa sampai ke campaian-nya. Dengan menerapkan teknik SEO On Page, bisa dipastikan hal semacam ini bisa dicapai.


Bagaimana penerapan teknik SEO On Page yang bisa anda praktikan untuk membuat web  branding dan juga banyak pengunjung berdatangan ke website ataupun blog yang anda buat. Berikut beberapa cara untuk optimasi seo on page pada website anda.


Penggunaan Permalink Sesuai dengan Ketentuan SEO




Permalink yang SEO Friendly


Sebelum membahasa kebidang yang lebih kompleks lagi, anda perlu tahu yang dimaksud dari Permalink itu sendiri. Sebenarnya, kata Permalink merupakan  singkatan dari beberapa kata dalam bahasa inggris yaitu Permanent Link (Permalink), atau link tetap dari sebuah website maupun blog yang anda kelola.


Permalink yang SEO.


Terdapat beberapa permalink yang termasuk kedalam bentuk link tetap yang merupakan SEO. Sepertihalnya permalink yang pendek dan langsung mengarahkan kedalam artikel.



/%postname%


/%postname%/


Apa yang membedakan kedua permanet link tersebut? Memang sepetinya keduanya sama, namun yang membedakan dikedua permanent link tersebut adalah letak dan penempatan "slash atau / " pada akhir  jenis permalink.


Keduanya merupakan jenis permalink yang bagus untuk diterapkan kedalam blog maupun website yang sedang anda kelola. Untuk jenis web atu blog yang standar, bidang pendidikan, blog pribadi, dan semisalnya anda dapat gunakan permalink semacam itu.


Namun untuk website yang lebih kompleks lagi sepertihalnya website atau blog mengenai ecommerce atau jual beli, permalink yang lebih umum dipakai adalah jenis permalink add category, atau penambahan kategori sebelum adanya link postingan atau link artikel.



/%category%/%postname


/%category%/%postname/



Permalink Blogger dan Wordpress


Ada berbagai macam perbedaan antara permalink pada cms blogger dan permalink pada cms wordpress. Perbedaan yang paling mendasar pada blogger dan wordpress adalah bagaimana seorang admin website maupun blog dalam mengelola atau custom permalink nya pada artikel yang mereka tulis.


Untuk wordpress sendiri, dikarenakan cms wordpress tidak berasal dari hosting google, atau bisa dikatakan hosting milik sendiri (self hosting) maka kita bisa membuat custom permalink sesuai dengan yang kita inginkan, mulai dari permalink plain, day and name, mont and name, numeric, post name, dan custom structure.


 


Plain :


http://(Nama-Domain-Anda)/?p=123



Day and name :


http://(Nama-Domain-Anda)/2019/07/21/sample-post



Mont and name :


http://(Nama-Domain-Anda)/2019/07/sample-post



Numeric :


http://(Nama-Domain-Anda)/archieves/123



Post name :


http://(Nama-Domain-Anda)/sample-post



Custom Structure :


http://(Nama-Domain-Anda)/%postname%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%year%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%monthnum%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%day%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%hour%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%minute%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%second%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%post_id%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%category%/


http://(Nama-Domain-Anda)/%author%/


 

Permalink pada blogger biasanya diberikan secara otomatis dan berbentuk permalink "day and name" atau "mont and name", kemudian kita hanya bisa mengubah link nama artikel yang kita buat secara manual sesuai dengan yang kita inginkan. Karena secara otomatis blogger hanya akan memberikan link artikel pada blogger secara otomatis dalam 200 karakter dari judul artikel yang kita tulis. Jika kita ingin mempersingkat penulisan alamat link pada artikel kita pada blogger, kita bisa edit link tersebut secara manual.


Ini juga berpengaruh terhadap seo on page website kita, dikarenakan jika kita mempersingkat link pada artikel yang kita tulis dengan menggantinya atau hanya memberikan kata kunci nya saja itu juga akan lebih mengoptimalkan lagi optimasi seo on page pada website kita. Sayangnya, pada blogger kita tidak bisa menggunakan permalink custom /%postname% atau /%postname/ dikarenakan memang tidak ada opsi untuk custom permalink tersebut dalam blogger. Alasannya adalah karena blogger ingin mengetaui kapan anda membuat sebuah artikel di blog yang anda buat. Dan juga untuk mengetahu seberapa bagus artikel anda dan juga apakah anda sering update artikel tersebut atau tidak.



Permalink Blogger Tanpa Tanggal


Apakah bagus membuat permalink blogger tanpa tanggal?


Jawabannya, kalau untuk optimasi SEO sangatlah buruk.




Kenapa?


Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan memaparkan terlebih dahulu mengenai cara membuat permalink blogger tanpa tanggal, dikarenakan ini sangatlah penting. Jadi sebenarnya, pembuatan permalink blogger tanpa tanggal atau membuat postingan pada blogger tanpa tanggal membutuhkan scrip yang mana scrip tersebut hanya redirect atau menyambungkan postingan blogger yang asli (link artikel blogger dengan tanggal) kedalam bentuk postingan tanpa tanggal.Hal ini membuat 2x proses indexing, yaitu pada proses index link artikel blogger dengan tanggal dan yang satunya lagi indexing dengan link artikel tanpa tanggal.



Kenapa ini Buruk?


Dikarenakan nantinya index pada google sendiri akan terjadi duplicat atau ganda, dikarenakan hal semacam itu. Anda bisa memahaminya jika anda membuat sebuah content kemudian yang terindeks adalah artikel http://(Nama-Domain-Anda)/2019/07/21/cara-optimasi-seo , sedangkan anda memberikan redirect kedalam http://(Nama-Domain-Anda)/cara-optimasi-seo maka yang akan terjadi adalah proses ini menjadikan 2x proses indexing pada artikel yang kita buat pada blog yang sedang kita kelola.



Jika artikel yang anda tulis yang terindeks di google adalah http://(Nama-Domain-Anda)/cara-optimasi-seo kemudian anda ganti template blog yang lain, maka anda harus mensetting lagi seperti yang sebelumnya untuk membuat corect indexing pada google. Namun, rata rata hal semacam ini buruk untuk diterapkan jika anda baru saja memulai dalam bidang SEO, hal semacam ini buruk untuk dilakukan, karena lebih baik natural apa adanya tanpa mengubah dengan redirect. Karena ini berbeda dengan wordpress yang mana memang ada opsi permalink untuk setiap artikel yang ditulis, sedangkan pada blogger tidak ada, dan ini hanya mengalihkan link artikel yang masih ada tanggal kedalam link artikel yang tidak ada tanggal dengan sistem redirect atau pengalihan saja.