CMS Website Terbaik : 4 Analisa CMS Terbaik, Perbedaan Wordpress.org Wordpress.com dan Blogger

Advertisement

Advertisement
 Image by bre-rick.blogspot.com


Akizaku.com - Seperti yang terdapat dalam artikel Cara Optimasi Search Enggine Optional (SEO) pada Blog dan Website secara Mudah yang mana kali ini seperti judul dari artikel ini yaitu Perbedaan CMS Blogger.com , Wordpress.com, dan Wordpress.org maka fokus pembahasan kita kali ini adalah mengenai perbedaan CMS atau Content Managable System antara Blogger.com , Wordpress.com, dan Wordpress.org.


CMS atau Content Managable System itu sendiri artinya, sebuah sistem untuk mengatur suatu konten atau isi yang ada dalam sebuah server. CMS biasanya ada yang gratis (Free), berbayar (Premium) balik lagi kita dengan istilah gratis (Free), berbayar (Premium). Kita akan bahas semuanya pada artikel ini dengan mudah dan bisa dipahami dengan cepat.


CMS yang gratis biasanya menggunakan fitur yang umum-nya ada dalam setiap CMS atau basic dalam suatu CMS. Sebenarnya dalam Internet ada banyak penyedia CMS yang ada dan banyak sekali, mulai dari Drupal, Wordpress, Joomla, Blogger dan masih banyak lagi.


Secara umum pengguna CMS Wordpress sangatlah banyak dibandingkan dengan pengguna CMS Blogger, apa yang mengakibatkan banyak yang memakai CMS Wordpress akan kita bahas juga pada artikel ini.


1.  CMS Untuk Kebutuhan Perorangan, Bisnis, Instansi atau Pemerintahan.

CMS atau Content Managable System Blogger disediakan untuk pengguna Google,Inc sedangkan untuk CMS atau Content Managable System Wordpress.com dan Wordpress.org lebih ke Universal User atau pengguna umum.

Jadi lebih baik memilih Blogger atau Wordpress, Anda bisa melihat rekomendasi sesuai kebutuhan anda setelah melihat artikel berikut Lebih Baik Memilih Blogger atau Wordpress



2. Tampilan Interface atau User Interfaces (UI dan UX)

Untuk tampilan dari CMS atau Content Managable System Blogger sangatlah meningkat dari tampilan dahulu, sedangkan untuk CMS atau Content Managable System Wordpress dari dulu sampai dengan sekarang masih sama, namun yang membedakan adalah peningkatan keamanan dari bug.

Berbicara masalah keamanan Google,Inc menjamin keamanan Servernya sangatlah kuat, sedangkan untuk CMS atau Content Managable System Wordpress keamanan untuk Wordpress.com ini bisa dibilang cukup dan untuk Wordpress.org biasanya kita berlanggana keamanan tambahan karena dalam Wordpress.org kita membuat server dengan Hosting sendiri.


Bagi anda yang masih belum tahu perbedaan Hosting dan juga server anda bisa melihat terlebih dahulu artikel mengenai Perbedaan Hosting di Memilih Hosting yang Bagus dan Kualitas  pada artikel tersebut kami membahas tentang hosting dan seluk beluk mengenai hosting dan cara membuat server dengan mudah.



3. Efisiensi, Kemudahan, dan Biaya

Wordpress.org dan Wordpress.com merupakan CMS atau Content Managable System yang banyak peminatnya, terlebih untuk Wordpress.org merupakan CMS dengan peminat no. 1 di dunia sedangkan untuk Wordpress.com menjadi yang kedua.

Apa yang menyebabkan keduanya menjadi CMS atau Content Managable System  yang banyak digunakan oleh para IMERS, ini didasari karena keperluan. Balik lagi dengan istilah keperluan,  bisa kita analogikan bahwa jika kita hanya ingin menulis sebuah catatan kecil maka kita tinggal membutuhkan kertas yang kecil, sedangkan jika kita mengingkinkan catatan kita lebih banyak maka kita bisa menggunakan sebuah buku.



Kemudian, masih menjadi sebab kenapa banyak sekali IMERS  yang menggunakan CMS atau Content Managable System Wordpress, karena pada dasarnya ketika kita membuat sebuah Server pada Hosting kita, Softcallus atau CMS Installer nya hanya menyediakan Wordpress, Drupal, Joomla, dan lainnya namun tidak ada CMS atau Content Managable System Blogger, dikarenakan blogger tidak untuk Universal User atau pengguna umum tadi, namun hanya untuk pengguna (Member) dari Google,Inc saja.


Memangnya kenapa banyak IMERS membuat server dengan CMS Wordpress?



4. SEO Advanced atau Fitur SEO

Dalam Blogger.com tidak menyediakan SEO Analyzer sedangkan untuk Wordpress menyediakan SEO Analyzer dan berbagai macam plugin yang bisa kita install, bahkan terdapat banyak sekali fitur yang bisa kita install dengan mudah pada Wordpress.

Memangnya apa gunanya fitur SEO advanced ini, pada kebergunaan CMS yang dipakai? 

Pastinya kegunaan dari Advanced SEO ini memudahkan kita untuk mengatur kinerja blog ataupun website kita supaya lebih baik lagi dan mendapati banyak trafik atau pengunjung.

Wordpresss.com dengan Wordpress.org sangatlah berbeda, untuk worpress.com pendaftarannya sangat mudah namun untuk paketan lanjutan kita dikenai biaya mulai dari $5 sampai dengan $20 per bulan, tergantung paket yang kita pilih. Untuk itu para IMERS yang sudah tahu mengenai hal tersebut lebih memilih membuat server sendiri dengan menyewa hosting dipihak penyewa hosting yang ada di Internet, ada banyak sekali provider penyedia dan penyewaan hosting. Anda bisa membaca artikel mengenai hal tersebut pada artikel 10 Penyedia Hosting Terbaik di Indonesia versi Yusuf Yogi Antoro Makfud



Maka dari itu jika kita membuat server dari hosting sendiri maka keamanan, isi, fitur bisa kita sesuaikan sesuai dengan yang kita mau, dan ini sangat recomended jika kalian merupakan Programmer atau seorang yang menginginkan bisnis di bidang Internet.