CMS Terbaik : 4 Kaidah Penting Untuk Pemula Sebelum Membuat Website Menggunakan Blogger atau Wordpress

Advertisement

Advertisement

 

Ilustrated by mamanggraphic.com 



Akizaku.com - Conten Management System (CMS) merupakan suatu bagian terpenting untuk kita ketahui sebelum nantinya kita membuat sebuah server dan sebuah situs atau website. Pemahaman mengenai Conten Management System (CMS) sendiri harus kita ketahui pada sebelum pembuatan situs atau website, ini dikarenakan akan mempengaruhi pada hasilnya nanti.


Dianalogikan seperti kalau kita ingin sesuatu yang bagus dan berkualitas maka kita harus membeli dengan harga yang bisa dikatakan lumayan mahal, namun dalam konteks sebuah Conten Management System (CMS) Blogger dan Wordpress sendiri banyak aspek yang membuat saya ingin berbagi kepada para pembaca, tentang Lebih Baik Memilih Blogger atau Wordpress.


Dalam artikel saya sebelumnya yaitu Perbedaan CMS Blogger.com , Wordpress.com, dan Wordpress.org  saya menjelaskan setiap bagian yang menjadi blogger, ataupun wordpress menjadi lebih unggul.


Lebih Baik Memilih Blogger atau Wordpreess, nah ini merupakan topik bahasan yang perlu kita rincikan dalam beberapa aspek, karena itu akan sangat mempengaruhi dalam penentuan nantinya.




1. Tampilan

Memang , perlu diakui bahwasanya tampilan dalam Blogger.com lebih menarik dan semakin di Update semakin bagus pada tampilan dan bentuk fitur fitur yang disediakan. Namun dalam Blogger.com ini, tampilan dari fitur fiturnya masih sama dan belum ada tambahan fitur fitur yang lain. Fitur dari Blogger.com itu sendiri hanya terdapat basic nya saja, dan pada Blogger.com kita tidak bisa menggunakan akses admin untuk memberikan suatu perubahan pada fitur fitur yang ada, melainkan kita hanya bisa men-setting pada bagian yang diberikan level akses yang sama, sepertihalnya membuat, mengedit, dan menghapus postingan, kemudian mengedit template, menghapus dan membackup blog.


Dan untuk fitur sepertihalnya SEO kita hanya bisa menggunakan fitur diluar dari Blogger.com itu sendiri, yaitu dengan adanya Web Master Google, mulai dari Analytic sampai dengan AdsWord. Walaupun demikian, fitur yang ada di Blogger.com masih lumayan memadai dan masih berguna (Useful) untuk pemakaian seorang awam, pemakaian dari fitur Blogger.com masih bisa dikatakan relatif mudah.




Sedangkan, tampilan dari wordpress yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org memang tidak memiliki suatu perubahan bahkan bisa dikatakan sama dari dulu, hanya saja tampilan dibuat lebih elegan untuk wordpress yang sekarang ini, dan yang menjadi pembeda adalah keamanan dan update plugin, karena pada dasarnya wordpress menyediakan berbagai macam plugin untuk keperluan pemasaran atau toko online (e-commerce) dan pembuatan situs website (web development). Sehingga plugin yang disediakan menjadi sangat banyak dan kita tinggal men-install saja plugin yang kita inginkan. Namun masih menjadi perbincangan yaitu kalau kita menggunakan Wordpress.org maka kita bebas men-install plugin apapun, namun kita sebelumnya harus membuat server sendiri dan menyewa hosting dari suatu provider penewaan hosting yang ada, sedangkan untuk Wordpress.com kita bisa menginstall aneka macam plugin yang disediakan setelah kita berlangganan pada paket Profesional dan kita diwajibkan untuk membayar biaya berlangganan kita selama satu tahun.




Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi artikel terkait mengenai hal tersebut pada Kekurangan dan Kelebihan Paket yang disediakan oleh Wordpress.com


 


2. Indexing

Index atau sering dikatakan sebagai pencarian Crawl dari Google,Inc merupakan suatu bagian yang penting dalam proses pencarian pengunjung (visitors), oleh karenanya indexing menjadi penting dalam prinsip seorang IMERS karena itu juga akan menaikan nilai (Domain Autority) DA dan (Page Autority) PA sehingga ranking dari website kita akan menjadi lebih baik. Untuk sebab kedua-Nya adalah jika blog ataupun website kita sudah dipasang dengan adSense, maka secara otomatis itu akan berdampak pada pendapatan (Earning) bulanan kita nantinya.



Karena Blogger.com merupakan bagian dari Google,Inc maka kita bisa dengan mudah indexing postingan artikel kita kedalam Add URL Google, dan secara cepat akan ter Crawl oleh Spider Web milik Google,Inc yang pastinya ini memiliki algoritma sendiri sendiri. Namun dikarenakan banyak yang menggunakan Conten Management System (CMS) Blogger ini menjadikan saingan menjadi lebih besar, dan kita harus banyak banyak mengoptimalkan SEO Blog atau website kita beserta dengan artikel yang kita buat, sehingga bisa mencapai target halaman pertama (Page One).



Jika anda masih belum bisa meningkatkan SEO Blog ataupun website anda, anda bisa mengunjungi atikel terkait lainnya mengenai hal tersebut yang telah admin tulis pada Cara Optimasi Search Enggine Optional (SEO) pada Blog dan Website secara Mudah



Sedangkan untuk wordpress, yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org sendiri, secara mudah untuk indexing artikel maupun situs website sangatlah mudah, karena pada Conten Management System (CMS) wordpress menyediakan berbagai macam plugin yang bisa kita gunakan untuk mendongkrak SEO On Page situs blog ataupun website kita. Untuk rekomendasi admin pada pemilihan plugin utamakan dulu plugin yang premium atau plugin yang memang disediakan oleh wordpress, dikarenakan banyaknya hacker yang menabarkan plugin premium secara gratis namun malah membuat situs website kita menjadi down pada keamanan-Nya.


Bagaimana ini bisa terjadi padahal wordpress sudah aman?


Jawabannya adalah karena adanya bug yang ada pada plugin tersebut maka seorang hacker bisa masuk kedalam wordpress kita melalui hal tersebut, ini umumnya menjadi masalah pada kebanyakan user dari Wordpress.org dikarenakan server membuat sendiri dari menyewa hosting menjadikan hal tentang keamanan, trafick, flow control, nya dilakukan semuannya sendiri, dan terlepas oleh penyedia hosting, namun perlu dipertegas lagi bahwa ini semua tergantung anda masing masing, dan juga rata rata ada tambahan keamanan dengan biaya sendiri dari penyedia hosting jika anda takut akan hal website kita diganggu oleh hacker.




Anda bisa melihat artikel terkait lainnya pada Cara Mengatasi Agar Blog Tidak Bisa Terkena Deface  dan Cara Memperbaiki Blog atau Website Setelah Terkena Deface


 


Sedangkan untuk pengguna Wordpress.com umumnya aman-aman saja dari adanya hal tersebut yaitu Deface website. Dikarenakan untuk Conten Management System (CMS) Wordpress.com, penyedia melakukan keamanan untuk semua user dan rata-rata untuk penginstalan plugin bisa dilakukan setelah kita berlangganan minimal program Profesional, disana kita secara tidak terbatas (Unlimited) bisa menginstal plugin yang disediakan oleh wordpress tanpa membeli-Nya.


 


3. Keamanan

Pada point kedua tadi telah disinggung beberapa hal yang menyebabkan Conten Management System (CMS) dari Blogger.com dan Wordpress.com lebih unggul. Memang itu sebuah fakta yang sudah kebanyakan orang tahu, dikarenakan pihak penyedia merupakan raksasa bidang internet, yaitu Google, Inc dan Wordpress.




4. SEO

Untuk hal yang satu ini saya lebih merekomendasikan kepada wordpress, dikarenakan kita bisa dengan mudah Optimasi SEO blog atau website kita dengan mudah tanpa perlu optimasi yang lain lain. Namun kembali lagi dalam konteks kebutuhan kita masing masing, jika hanya untuk blog pribadi saya rekomendasikan Blogger.com saja dan untuk sebuah instansi saya merekomendasikan sebuah Wordpress.org dikarenakan ini merupakan Conten Management System (CMS) wajib untuk administrator, dan lebih mudah serta Full Control oleh admin-Nya sendiri.




Kesimpulan:


Anda bisa menggunakan Blogger.com untuk membuat sebuah blog personal dengan mudah, dan jika anda menginginkan pembuatan website anda bisa menggunakan Wordpress.com, sedangkan untuk anda yang menginginkan pembuatan sebuah server, saya sarankan untuk menggunakan Wordpress.org saja. Karena ini perlu adanya control yang banyak dalam melakukan optimasi selanjutkan dalam website yang kita buat.


Intinya kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita masing masing, dikarenakan kebutuhan seseorang dengan orang yang lain sangatlah berbeda. Jika anda menginginkan sebuah blog dengan Conten Management System (CMS) wordpress, maka buatlah, namun perlu diketahui ini akan banyak mengeluarkan uang dikantong anda dan perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman Blogger.com sangatlah berbeda dengan bahasa pemrograman wordpress yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Selamat memilih Conten Management System (CMS) yang paling baik menurut anda masing-masing.