16 Ciri Artikel SEO dan Cara Optimasi SEO On Page Blog dan Website Anda

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Optimasi SEO tidak lepas dari kita  membuat sebuah konten dengan baik, dan berkualitas untuk visitors atau pengunjung blog ataupun website kita/ Sedangkan untuk memulai membuat konten yang baik, belum tentu baik menurut pengunjung website kita. Terdapat beberapa hal yang membuat artikel yang kita buat bisa dikaregorikan sebagai artikel yang SEO Friendly atau tidak.

Pada penerapannya, artikel blog atau website yang menggunakan jenis artikel seo friendly pada webpage mereka lebih banyak mendatangkan pengunjung dan lebih dipercaya oleh google sehingga kebanyakan IMERS yang menggunakan artikel SEO Friendly mereka ini banyak yang mendapati halaman pertama pencarian Google.

Artikel yang SEO Friendly memungkinkan halaman situs web anda dapat muncul pada halaman utama (halaman pertama pencarian search enggine google), dengan munculnya halaman webpage anda tersebut nantinya memungkinkan untuk anda mendapatkan banyak klik, suka, bagikan dan mempunyai interaksi yang bagus.

Dari sisi pembaca sendiri, mereka menginginkan artikel yang kita paparkan kepada mereka adalah jenis artikel yang mudah dipahami, mendalam, berkualitas (populer) dan memang sesuai dengan yang sedang mereka cari. Berikut beberapa kriteria penulisan artikel seo friendly yang sesuai dengan kriteria seo.

 

 

Ilustrated by indonesianwriter.com

Cara membuat konten anda SEO-Firendly


1. Jumlah Kata (Memaksimalkan panjang artikel anda)


Dalam beberapa tahun terakhir ini, Goole telah menunjukan bahwa mereka lebih memberikan prioritas lebih tinggi untuk mendapatkan halaman utama untuk konten yang lebih lama dan berkualitas lebih tinggi.

Mereka bertujuan untuk memberikan jawaban terbaik saat seorang pencari mencari suatu hal pada mesin pencari google ini dan rata-rata ini jawaban ini didapat pada artikel yang memiliki postingan secara mendalam, kompleks dan menyeluruh namun mudah dipahami dan dibaca oleh pengguna google.

Terlebih dikrenakan setiap blog ataupun website berbeda-beda dalam penentuan topik bahasan mereka, sehingga untuk jumlah kata yang digunakan bisa anda sesuaikan dengan pembahasan mengenai topik webpage milik anda. Untuk webpage yang membahas mengenai tutorial anda bisa membuat artikel sedetail-detailnya sampai dengan kurang lebih hampir 2600 kata. (Kebanyakan untuk penulisan 2000++ sudah sangat detail untuk penulisan sebuah artikel turorial)

Karena jumlah kata yang diberikan sangatlah banyak oleh karenanya anda bisa gunakan sejumlah paragraf yang singkat singkat supaya pembaca artikel pada webpage anda tidak merasa jenuh. Terlebih kalau artikel anda memang berkualitas, maka hal ini juga bisa mendongkrak trafik website ataupun blog anda, dan dengan penulisan kata pada artikel anda yang banyak nantinya juga akan lebih memperkaya kata kunci mengenai artikel yang anda tulis tersebut.

 


2. Semakin Banyak Semakin Bagus?


Bukan semakin banyak semakin bagus, melainkan semakin jelas, mendetail dan mendalam pada saat menjelaskan itulah yang semakin bagus.

Jadi artikel yang mempunyai jumlah kata yang banyak, belum bisa dikategorikan bagus karena masih ada beberapa faktor yang membuat artikel yang dibuat termasuk artikel yang bagus.

 


3. Kriteria Jumlah Kata dalam Penulisan artikel SEO


Tidak serta merta jumlah artikel yang seo harus diatas 2000 kata, namun dengan menggunakan artikel 500 kata anda juga bisa membuat artikel secara SEO Friendly.

Karena yang dimaksud dengan artikel seo friendly sendiri adalah jenis artikel yang mendalam, readable, berkualitas. Jadi jika dengan menyuguhkan 500 kata pada setiap penulisan artikel pada website atau blog anda sudah menjelaskan secara mendalam dan pembaca bisa memahaminya, itu sudah cukup dan sudah termasuk artikel yang seo friendly.

Namun karena banyaknya kompetitor, sehingga anda diharapkan paham untuk bagaimana memikat para calon visitors atau pengunjung anda dengan membuat artikel sedetail mungkin, dan sejelas-jelasnya, sehingga pembaca bisa paham secara menyeluruh tentang artikel yang anda sediakan.

 


4. Jumlah Kata Setiap Artikel


300 kata :

Kurang. Termasuk kedalam artikel berkualitas, namun untuk kualitas SEO perlu diperbanyak.

300 - 500 kata :

Cukup. Artikel sudah mendapati kategori optimal, dan bisa dikategorikan SEO Friendly jika pada penulisan artikel mendalam, jelas dan readable.

500-1000 kata :

Cukup. Artikel dengan jumlah kata 500-1000 masih dikategorikan cukup untuk membuat SEO Friendly, dikarenakan rata-rata para master SEO membuat artikel sampai dengan lebih dari 1.890 kata tiap artikelnya.

1000 - 2000 kata :

Bagus. Menurut penulis sendiri jumlah kata antara 1000 -- 2000 sudah sangat bagus untuk penulisan tiap artikel, dengan catatan anda harus membuat artikel tersebut masih bisa dipahami oleh visitors webpage blog atau website anda.

Jangan sampai dengan artikel yang sangat banyak membuat mereka jenuh karena, terdapat bagian yang kurang pahami. Terlebih jangan ada paragraf yang terlalu berdempetan, karena pengunjung bisa lewati pembahasan yang terlalu melebar.

2000 ++ kata :

Bagus. Penyuguhan artikel yang sangat banyak ini jika kita bisa membuat artikel yang kita tulis SEO Friendly dengan membuat artikel tersebut readable, mudah dipahami, jelas, mendalam, dan detail dengan yang dicari pengunjung, dan artikel yang mereka cari lengkap dan jelas membuat mereka akan senang dengan artikel yang kita sediakan semacam ini.

Itu merupakan anggapan dari penulis mengenai jumlah kata yang paling cocok untuk anda yang menginginkan website ataupun blog milik anda menggunakan artikel yang SEO Friendly untuk penggunjung webpage anda.


Kenapa pembahasan ini dimulai dengan jumlah kata?


Karena kebiasaan seseorang yang masih awam dalam hal NgeBlog akan lebih terfokus  pada penulisan yang secara asal. Bukan berarti asal dalam menulis melainkan mereka belum bisa memahami kriteria penulisan dan jumlah kata yang tepat yang harus mereka gunakan dalam menulis sebuah artikel.

Penggunaan Keyword "Big Volume" (Banyak Pencarian)

Maksud dari penggunaan keyword big volume disini adalah pada saat membuat artikel sebaiknya menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari oleh orang-orang.

Anda bisa melihat kata kunci yang banyak dicari oleh orang orang melalui jasa research keyword atau dengan software aplikasi.

Beberapa jasa online dan software aplikasi untuk melihat persaingan dan juga melihat banyaknya pencarian suatu keyword adalah :

1.     Google Keyword Planner

2.     Ahref

3.     Moz

4.     Semrush

5.     Longtail Pro


Kesemua jasa online maupun software diatas bisa anda gunakan untuk tahapan research keyword. Kemudian untuk tahapan lanjutan mengenai bagaimana cara memaksimalkan keyword untuk optimasi SEO, anda bisa melihat pada artikel dibawah ini :

 


5. Penggunaan Keyword dengan Bijak (Keyword Most Used) 


Mulailah dengan mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dengan topik milik anda.

Anda bisa memulai dengan membuat sebuah kata kunci dari pemikiran anda sendiri mengenai sebuah topik pembahasan, kemudian anda bisa menggunakan alat bantu SEO untuk tahap lanjutan atau menggunakan jasa review SEO online untuk melakukan optimasi lebih lanjut artikel milik anda, untuk lebih memaksimalkan SEO on page website ataupun blog yang sedang anda kelola.

Pada poin kedua terdapat beberapa jasa online dan software alplikasi yang bisa membantu anda untuk meningkatkan kualitas SEO On Page website atau blog milik anda.

Dalam penggunaan keyword atau fokus keyword yang diterapkan pada artikel milik anda, anda perlu anda memperhatikan untuk tidak sering menggunakan keyword tersebut secara berlebih-lebihan, karena google akan menandai hal ini sebagai sebuah keyword stuffing.

Keyword stuffing merupakan kata kunci yang diterapkan pada suatu webpage blog ataupun website yang sering diulang-ulang pada suatu artikel. Ini juga merupakan penyebab jeleknya penilaian mengenai website ataupun blog milik kita dimata google. Sehingga optimasi SEO akan kurang maksimal karena hal semacam ini.

Setelah anda membuat memahami bagaimana pemilihan kata kunci yang cocok atau relevan untuk artikel yang nantinya anda tulis pada blog atau website milik anda, anda bisa memulai menulis dan menggunakan kata kunci tersebut. Anda dapat menggunaka kata kunci dalam judul, alamat artikel dengan mengedit permalink artikel tersebut, meta desktipsi, tag Alt pada gambar, dan utamanya pada artikel yang anda tulis.

 


6. Artikel Dapat Memuaskan Keinginan Pencari


Saat anda mencari sebuah informasi atau yang sedang anda cari, pastinya anda menginginkan artikel yang bermutu, berkualitas, bagus dan relevan.

Bayangkan saja jika artikel yang kita dapati dalam pencarian google kurang baik bahkan sampai tidak relevan terhadap pembahasan mengenai suatu hal. Ini pastinya membuat seorang pencari yang sedang browsing di mesin pencarian google kurang puas terhadap artikel yang didapatinya.

Bounce rate yang tinggi juga termasuk faktor yang membuat jeleknya penilaian website ataupun blog milik kita  dimata google.

Bounce rate merupakan waktu seseorang visitors atau pengunjung melihat artikel ataupun webpage milik kita, jika bounce rate tinggi maka ini menandai bahwa artikel yang kita tulis kurang baik, kurang relevant, bahkan mungkin karena artikel milik kita kurang menarik yang membuat adanya bounce rate tinggi pada website ataupun blog milik kita.

Jika Bounce rate website ataupun blog milik kita tinggi, sebaiknya kita optimasi lagi artikel yang kita tulis tersebut.

  • Cara Melihat Bounce Rate Website dan Blog

Histats > Anda bisa mendaftar pada situs tersebut (www.histats.com) nantinya website atau blog yang telah didaftarkan akan terlihat statistic summary pengunjung harian dengan lengkap.

 


7. Artikel Lengkap (Berkualitas, Lengkap, Mendalam)


Pada saat penulisan artikel, kita jangan hanya membahas sebagian saja sedangkan pembahasan yang lain mengenai hal tersebut dibahas pada artikel yang lain.

Lebih baik kita muat artikel yang serupa kedalam satu artikel yang membahas topik yang sama. Rata-rata pengunjung enggan untuk melirik artikel yang lain, karena mereka menginginkan artikel yang lengkap dalam satu artikel yang mereka kunjungi.

 


8. Penulisan Artikel Secara Spesifik


Artikel yang spesifik nantinya akan memudahkan dalam pemahaman pengunjung mengenai hal apa yang sedang dibahas, terlebih artikel yang spesifik membuat kata kunci atau keyword yang diterapkan lebih terarah.

 


9. Relevansi Konten


Antara judul dengan isi haruslah sama mengenai pembahasan yang dimuat. Jangan sampai judul dengan isi berbeda pembahasannya.

 


10. Paragraf Singkat


Untuk tidak membuat jenuh pengunjung melihat artikel kita, kita bisa menvariasi paragraf supaya mudah dibaca.

Bisa dengan membuat beberapa paragraf singkat dalam pembahasannya dan menyediakan ruang putih disetiap paragrafnya, yang dilain untuk membuat tampilan semakin profesional dalam artikel tersebut, ini juga berkesan kita paham tentang apa yang sedang dibahas.

 


11. Layak Baca (Readable, Etnograph, and Contentful)


Kita harus memahami mana artikel, mana makalah, dan mana tutorial.

Jangan sampai artikel yang ada pada webpage website atau blog kita tidak enak dibaca, karena banyaknya kalimat didalam satu paragraf. Terlebih memuat banyak kalimat dalam satu paragraf membuat mata lelah saat membaca dan kurang bagus dilihat.

 


12. Maksimalkan Pemberian Heading dan Subheading


Menggunakan tajuk atau tag heading berupa tajuk h1,h2 maupun h3 merupakan bagian dari optimasi SEO untuk webpage blog maupun website milik anda. Terlebih ini memungkinkan artikel yang anda tulis menjadi lebih seo friendly.

Dengan menggunakan pemberian tajuk heading dan subheading ini, pembaca akan lebih dimudahkan dalam membaca artikel milik kita. Terlebih orang akan lebih cenderung membagikan hal hal yang bermanfaat dan mudah dibaca.

Fungsi dari pemberian tajuk heading dan sub heading ini juga berlaku ada spiderbot, bot atau robot mesin pencari. Saat google melakukan crawling data, dan pada saat mereka merayapi situs webpage anda, mereka akan lebih mengenali tajuk utama yang anda buat pada konten yang anda buat.

Terlebih memiliki judul dan subjudul (heading dan subheading) ini juga termasuk kedalam bagian faktor yang dapat meningkatkan fokus kata kunci yang kita targetkan dalam sebuah artikel.

 


13. Sudut Pandang Terbaik (Baku, Menarik, dan Unik) 


Penulisan artikel tidak serta merta harus selalu menggunakan kata baku pada penulisannya, melainkan pergunakanlah kata baku saat memberikan penjelasan mengenai suatu hal. Sedangkan untuk lebih memperjelas bagian tersebut anda bisa menggunakan kata-kata anda sendiri.

Sudut pandang yang unik merupakan nilai tersendiri bagi seseorang dalam menilai sebuah situs website atau blog .

Kadang pembaca lebih suka dengan situs yang memberikan pembahasan dengan cara yang unik, dan memberikan pertanyaan. Interaksi merupakan salah satu pemberian sudut pandang yang terbilang baik dalam membuat artikel SEO.

 


14. Menentukan Topik dan Judul Yang Tepat


Menulis artikel tidak serta merta kita langsung menulis, dan seketika bisa mendapati halaman utama pencarian google. Sejatinya pada tahapan penulisan artikel, seorang blogger maupun web development diharapkan untuk tahu terlebih dahulu dalam menentukan sebuah keyword melalui riset keyword supaya nantinya artikel yang ditulis bisa mendapati trafik yang bagus.

Jika kita membuat artikel dengan topik pembahasan yang yang mudah dan mainstream, kemungkinan trafik webpage mungkin tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Oleh karenanya penentuan sebuah topik dan pemberian judul yang tepat juga perlu dilakukan untuk membuat sebuah artikel yang seo friendly.

 


15. Mengoptimalkan Penggunaan Gambar


Pemberian gambar pada sebuah artikel sangatlah penting, karena selain untuk lebih memberikan suatu gambaran, logika sederhana mengenai hal yang sedang dibahas, dan lebih menarik.

Pemberian gambar sangat cocok untuk menarik pembacanya supaya tidak mudah bosan dengan artikel yang disediakan, terlebih untuk perusahaan yang membuat situs webnya memiliki gambar-gambar menarik dan relevan dengan yang dibahas akan lebih dimungkinkan orang-orang akan membeli, ataupun menggunakan jasa dari perusahaan tersebut

Dalam mengoptimalkan pemberian gambar pada artikel webpage blog atau website anda, akan lebih baik jika anda menggunakan gambar yang jelas namun dengan ukuran data yang kecil.

Jelas bukan berarti besar. Dengan menggunakan gambar yang jelas dan tidak kabur serta menarik, termasuk kedalam konsisteni dan bagusnya relevansi terhadap artikel milik anda.

Buatlah gambar hanya seperlunya saja, jangan memberikan banyak gambar pada artikel milik anda, karena gambar hanya untuk lebih memperjelas pembahasan artikel saja dan bukan merupakan bagian yang sangat diperlukan. Karena fokus utama sebuah artikel adalah pembahasan yang berkualitas dan bukan gambar yang berkualitas.

Jadikan gambar yang anda tampilkan sekecil mungkin namun tanpa mengurangi kulitas dari gambar tersebut. Jika anda belum meminimalkan ukuran gambar yang selalu anda gunakan pada artikel milik anda, penulis sarankan supaya mulai sekarang ketika kita menggunakan gambar pada artikel sebaiknya kita kompres terlebih dahulu ukuran gambar tersebut.


Beberapa Jasa Kompres Gambar Online

1.     JPG Minify

2.     JPG Compress

 


16. Mengunggah Konten Secara Konsisten


Mengunggah artikel 2x sehari pada webpage blog atau website milik anda akan jauh lebih baik daripakan mengunggah 100 artikel, namun setelah itu tidak menulis artikel lagi.

Google lebih melihat perkembangan blog melalui rutin tidaknya sebuah webpage blog atau website melakukan update dan menggunggah artikel. Terlebih jika kita dalam sehari melakukan unggah lebih dari 100 artikel dalam sekejap, penulis rasa itu tidak akan memberikan dampak yang optimal terhadap webpage milik kita. Bahkan ini akan dinilai seperti sebuah robot.

Penulis sarankan dalam pembuatan artikel pada website pribadi, sebaiknya setiap harinya hanya menggunggah 2 artikel saja, dikarenakan update algoritma pada tahun ini google lebih melihat artikel berkualitas daripada sebuah kuantitas.

Dan jika anda sudah membuat artikel yang banyak serta berkualitas, anda bisa setting pusblish pada hari selanjutnya. Terlebih cara itu akan lebih efisien dalam kedepannya anda menulis sebuah artikel. Pengunggahan 2 artikel setiap hari ini termasuk merupakan salah satu syarat yang dapat membuat permohonan adsense dapat disetujui oleh google.

Sedikit namun berkualitas, dan ditulis melalui berbagai tahapan, mulai dari research keyword, penulisan yang bagus, akan lebih baik daripada membuat artikel dengan kuantitas yang besar namun hanya sebagian sebagian saja pembahasannya.

Jadi, lebih baik sedikit, rutin dan berkualitas daripada banyak namun kurang berkualitas. Artinya kualitas lebih baik daripada kuantitas.