100 Hal tentang YOAST SEO untuk Membuat Website Teroptimasi Penuh

Advertisement

Advertisement

Akizaku.com - Sebuah plugin yang seringkali dipakai oleh seorang web development, maupun internet marketing. Yoast SEO merupakan plugin yang bisa digunakan untuk CMS (content management system) WordPress.

Yoast SEO hanya bisa anda instal pada situs webpage dengan cms Wordpress saja, selain cms tersebut plugin ini tidak bisa diinstal, dikarenakan memang pada dasarnya plugin Yoast SEO ini dibuat untuk keperluan seo pada situs yang memakai cms wordpress. Baik itu berupa situs pribadi, instansi, lembaga maupun perusahaan.

CMS Blogger, Drupal, Joomla, Prestashop, Hugo, dan lain sebagainya, tidak bisa menggunakan plugin ini, namun anda bisa menerapkan berbagai teknik seo terhadap situs yang memakai cms tersebut yang bisa anda pelajari dari berbagai sumber, khususnya sumber yang berasal dari internet, ebook pembelajaran maupun seminar.

Pemakaian plugin Yoast SEO ini bisa dipakai selama situs tersebut dibuat melalui cms wordpress. Dengan hosting dari Wordpress.com ataupun dengan hosting sendiri atau self-host, anda masih bisa untuk memakainya.

Yoast SEO ini merupaka plugin yang digunakan untuk keperluan optimasi tahap lanjutan mengenai seo on page website yang anda kelola, terlebih untuk pemakain Yoast SEO Premium anda bisa dengan mudah menggunakan untuk optimasi seo website anda karena fitur mengenai optimasi SEO terbilang cukup lengkap.

Untuk Yoast SEO yang biasa atau plugin Yoast SEO gratis pastinya terdapat beberapa fitur yang tidak tersedia, jika dibandingkan dengan fitur yang ada pada plugin Yoast SEO Premium.

Ilustrated by YOAST SEO Plugin



Namun, Yoast seo gratis masih memuat berbagai fitur yang mendukung untuk optimasi website anda supaya lebih responsive dan seo friendly mulai dari fitur :

  • Keyword optimazed
  • Tell Google exactly what your page is about
  • No outdated content
  • Preview of your page
  • Readability check
  • Full control over your breadcrumbs
  • No duplicate content
  • Works in the block editor and clasic editor
  • Technical stuff in the background
  • Always updated for Google's algorithm

Kesemua fitur dari plugin gratis yoast seo sudah cukup untuk anda gunakan untuk optimasi website anda. Namun jika anda menginginkan fitur optimasi yang jauh lebih baik anda bisa menggunakan Yoast SEO Premium. Karena untuk fitur yang ada pada plugin yoast yang gratis hanya menyediakan beberapa fitur dasar optimasi seo saja.

 

Mengunduh dan Install Yoast SEO

Langkah awal setelah anda memahami mengenai plugin Yoast SEO ini, adalah dengan anda menerapkan plugin tersebut kedalam situs website anda, artinya anda harus menginstal plugin ini.

Dari halaman awal wordpress anda klik bagian sisi kiri layar :

  • Klik bagian Plugins > Tambah Baru (Add New)
  • Setelah anda klik add new nantinya akan terlihat berbagai pilihan plugin yang disediakan gratis untuk anda, dan anda bisa cari plugin tersebut dengan mengetik.
    "Yoast SEO" pada bagian cari plugin (Search Plugins)


  • Setelah kita mengetikan kata tersebut nanti hasilnya akan tampil beberapa plugin yang sesuai dengan pencarian kita.
  • Klik Instal Sekarang (Install Now) > Tunggu ... (...Waiting)

Untuk tahapan mengunduh dan menginstall plugin dari wordpress.com hanya sampai disini. Tahapan ini sangat mudah untuk anda aplikasikan kedalam situs website milik anda.

Disini muncul pertanyaan;

Bagaimana jika kita ingin menginstall plugin melalui media offline semisal, localhost ?

  • Unduh Plugin Yoast SEO (Gratis)
  • Tahapan awal untuk menginstal plugin Yoast SEO gratis ini adalah anda mendownload atau mengunduhnya di situs penyedia plugin  ini.
  • Diluar sana banyak yang menyediakan plugin ini dalam berbagai versi, namun akan lebih baik untuk mengunduh dari pihak developer karena selain untuk memastikan bahwa plugin tersebut asli, dan buka nulled ataupun crack kita juga akan mendapat plugin dengan versi yang terbaru.


  • Masuk kedalam Dasboard Wordpress (wp-admin) > Klik Plugins > Add New
  • Cari Plugin Yoast SEO
  • Plugin yang telah anda unduh tadi
  • Klik Instal Sekarang (Install Now) > Tunggu ... (.. Waiting)

 

Setelah anda mengunduh dan menginstal plugin tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada plugin yang telah kita install tersebut.

Anda perlu memahami bahwa untuk konfigurasi awal (default setting) dari Yoast SEO ini sudah termasuk kedalam konfigurasi yang bagus, namun anda bisa buat lagi supaya sesuai dengan konfigurasi yang anda inginkan, terlebih ini untuk optimasi seo on page website milik anda.

Karena pengaturan plugin Yoast SEO yang ideal menurut orang tidak sama melainkan bervariasi, terlebih lagi antara situs yang satu dengan yang lainnya berbeda, oleh karena itu penulis hanya sebatas memandu anda supaya memahami pengaturan yang  terbilang cukup baik untuk diterapkan pada sebuah situs website, konfigurasi ini berdasarkan pengalaman dari penulis, karena tidak semua konfigurasi situs-situs yang menggunakan plugin ini memakai konfigurasi yang sama .

Namun anda juga bisa bereksperimen dengan konfigurasi milik anda sendiri yang menurut anda paling baik.

 

Mengimpor Konfigurasi dari Plugin SEO Sebelumnya

Sebelum menggunakan plugin Yoast SEO ini, apakah anda sudah pernah menggunakan plugin seo lain?

Perlu diperjelaslagi jika anda masih mempunyai plugin seo selain ini, anda dapat memberikan konfigurasi pengaturan yang sama kedalam konfigurasi plugin yoast seo ini.

Karena daripada melakukan setting kembali yang dapat memakan waktu yang cukup lama, anda bisa melakukan import konfigurasi seo dari plugin seo yang sebelumnya digunakan oleh anda.

 

Konfigurasi Yoast SEO

Mungkin ini tahapan paling penting untuk anda ketahui, terlebih untuk konfigurasi yang bisa anda terapkan kedalam situs website anda jika anda tidak memiliki konfigurasi dari plugin seo lain.

Supaya konfigurasi yang diterapkan untuk yoast seo ini sudah benar, anda bisa mengecek satu persatu konfigurasi yang ada. Untuk selanjutnya akan saya pandu anda mengkonfigurasi serta menjelaskan berbagai fitur yang ada pada plugin ini.

Mulailah dengan anda membuka dasboard admin situs website anda, kemudian pada bilah kiri dasbor anda carilah tulisan SEO.

  • Masuk Dasboard Admin > SEO

Pada bagian ini, anda bisa mecari dengan cara alternatif lain dengan melihat ikon logo Yoast plugin seperti gambar Y disamping kiri fitur dasbor wordpress anda.

 

Pengaturan Umum (Default Setting Yoast SEO)

Umum (General)

Pada tab umum (general) ini terdapat beberapa macam fungsi yang dapat menjelaskan yoast seo secara umum, mengatur ulang konfigurasi, dan melihat sejarah konfigurasi yang kita terapkan.

  • Intoduction Tour (Penjelasan)
  • Pada intoduction tour ini digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian secara ringkas yang ada dalam fitur yang tersedia pada plugin yoast seo ini.


  • Latest Changes (Perubahan Terakhir)
  • Untuk bagian tab latest changes ini digunakan untuk melihat konfigurasi yang terakhir kita terapkan, selain itu kita bisa melihat konfigurasi yang biasanya kita terapkan pada plugin seo ini.


  • Restore Default Settings (Pengembalian Ulang Konfigurasi)
  • Pada tab restore default setting ini, kita bisa mengembalikan konfigurasi seperti saat awal plugin ini belum belum terkonfigurasi oleh anda.
  • Pada dasarnya restore default setting ini digunakan untuk mengembalikan semua konfigurasi menjadi bentuk konfigurasi awal dari yoast seo
    .

Info Anda (Your Info)

Pada tab info anda (your info) ini, kita bisa memasukkan informasi mengenai nama website anda, dan nama alternatif website yang lain.

Pengaturan pada your info ini digunakan untuk menampilkan nama website anda pada pencarian google, walaupun secara alami nama website anda sudah bisa tampil dengan tegas pada mesin pencari google, terlebih ini merupakan plugin seo, jadi semua yang anda konfigurasi pada plugin ini akan berpengaruh pada optimalnya penerapan seo on page yang diterapkan untuk website anda.

Untuk nama alternatif (alternate name) bisa anda isi dengan website yang dijadikan sebagai kompetitor dengan anda, dengan demikian jika seseorang sedang mencari website kompetitor anda maka website anda juga akan tampil dalam pencarian google.

Sehingga akan menambah adanya nilai lebih dalam hal trafik maupun bisa sampai memenangkan kompetisi diantara kompetitor anda.

Sedangkan untuk bagian company or person hanya menampilkan bagian profil dari seorang maupun perusahaan yang mempunyai website.

 

Alat Webmaster (Webmaster Tool)

Pada bagian tab alat webmaster ini terdapat 4 alat web master yang sangat mempunyai pengaruh yang sangat baik terhadap seo yang kita terapkan, pasalnya keempat alat webmaster ini dapat sangat membantu anda untuk kepentingan seo on page lanjutan.

Mulai dari kita bisa menaganalisa aktifitas pengguna, menganalisa interaksi pengguna dengan situs anda, menganalisa kesalahan halaman situs web, menganalisa adanya eror, maupun masalah yang lain.

  • Alexa
  • Bing Webmaster Tools
  • Google Search Console
  • Yandex Webmaster Tools

Kesemua alat seo tersebut dapat anda maksimalkan kegunaanya, untuk lebih mengoptimalkan lagi optimasi seo on page website anda.

Pada bagian tab ini, anda bisa dengan cepat melakukan verifikasi dengan menempatkan ID, Tag HTML, kedalam konfigurasi alat webmaster, dari keempat alat optimasi seo tersebut.

Dengan adanya tab alat webmaster ini, anda tidak perlu lagi untuk konfigurasi lanjutan sepertihalnya menempatkan kode-kode html kedalam bagian ; ; ; , maupun hal-hal lainya yang berkaitan dengan koding.

Pada tab alat webmaster ini anda  juga dapat menverifikasi dengan hanya memasukkan (ID maupun Kode) yang didapat dari alat webmaster tersebut secara mudah.

Hal ini juga termasuk fitur yang akan mudah digunakan untuk para pengguna yang baru saja bermain di bidang content marketing karena mereka tidak perlu untuk memahami koding tahap lanjutan, bahkan yang kurang paham tentang apa itu HTML, CSS, PHP, HTML5, Phyton, Rubby, Go dan lain lainnya akan dimudahkan dengan fitur verifikasi webmaster semacam ini.

Namun sebagai web development atau seorang pengembang website, diharapkan kita juga mampu untuk mengatasi masalah yang ada berkaitan dengan koding, atau kode kode bahasa untuk membuat sebuah website.

 

Keamanan (Security)

Untuk tab keamanan (security) ini digunakan untuk membuat keamanan untuk situs kita.

  • Tidak Menggunakan Centang
  • Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan jika bagian ini tidak anda centang (checklist), dengan alasan bahwa anda merupakan seorang penulis tunggal.


  • Artinya dalam satu situs hanya terdapat anda saja sebagai admin juga sebagai penulis pada situs anda, tidak ada kontributor lain, atau penulis yang lain.


  • Menggunakana Centang
  • Gunakan centang (checklist) jika pada situs anda terdapat banyak kontributor, atau penulis lain.


  • Ketika pada bagian ini anda tidak centang (unchecklist), hal ini bisasaja dapat menimbulkan opsi lanjutan (sepertihalnya pengalihan, bagian pengaturan noindex) bisa terlihat bahkan muncul pada halaman editor tiap halaman.


  • Maksudnya jika anda tidak mencentang bagian ini, kemungkinan kontributor situs anda dapat mengubah konfigurasi (untuk bagian alat yoast).
  • Padahal mereka bukan admin dan hanya sebagai kontributor, oleh karenanya perlu untuk anda untuk mencentang bagian ini, jika mempunyai dua atau beberapa kontibutor pada situs.

 

Judul dan Meta

Serakang kita beralih kedalam bagian fitur judul dan meta yang sama halnya bisa anda temukan pada bagian bilah opsi wordpress sebelah kiri dibawah menu SEO.

Apa bagian ini penting?

Bisa dikatakan bahwa pada bagian ini merupakan dapur utama seo on page, dikarenakan pada bagian ini anda akan mengkonfigurasi bagaimana nantinya situs anda tampil pada SERPs (Search Enggine Rank Pages).

Konfigurasi yang dilakukan pada bagian ini, nantinya dapat mempengaruhi situs anda pada pencarian mesin pencari. Jika pada bagian inianda melakukan konfigurasi dengan baik dan benar nantinya ini juga akan berpengaruh kedalam artikel yang ada, sehingga artikel dari website anda juga akan memiliki konfigurasi yang bagus pula.

Jadi ini merupakan salah satu fitur dari plugin yoast seo yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan seo on page tahap lanjutan untuk website yang sedang anda kelola.

Tampilan awal yang disuguhkan pada saat anda menekan fitur judul dan meta ini adalah bagian tab umum.

Umum (General)

Pada bagian ini anda dapat mengubah tampilan judul situs website anda yang nantinya akan terlihat pada SERPs.

Terdapat berbagai opsi pemilihan untuk menampilkan separator atau pemisah berupa simbol yang bisa anda gunakan. Sepertihalnya simbol (- -- *| ~ < >) yang merupakan pemisah antara nama situs anda dengan halaman anda.

  • (Nama Situs Anda) + (separator - ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime - (Perludigantidengankatakunci)


  • (Nama Situs Anda) + (separator -- ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime -- (Perludigantidengankatakunci)


  • (Nama Situs Anda) + (separator * ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime * (Perludigantidengankatakunci)


  • (Nama Situs Anda) + (separator | ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime | (Perludigantidengankatakunci)


  • (Nama Situs Anda) + (separator  ~ ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime ~ (Perludigantidengankatakunci)


  • (Nama Situs Anda) + (separator < ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime < (Perludigantidengankatakunci)


  • (Nama Situs Anda) + (separator < ) + (Halaman Artikel Anda)
  • Jstime >(Perludigantidengankatakunci)

 

Selain itu pada bagian ini juga terdapat opsi force rewrite title, dapat anda gunakan dengan memberikan centang pada opsi tersebut.

Opsi force rewrite tittle ini nantinya bekerja sebagai alat deteksi jika pada situs anda muncul halaman dengan judul yang sama.

Kenapa ini menjadi masalah?

Dikarenakan untuk optimasi seo, halaman yang terindeks kurang baik ataupun sama (duplicate) lebih baik supaya tidak diaktifkan, atau bisa anda buang. Dengan alasan tersebut, penting untuk anda supaya tidak memberikan pengindekan pada halaman semacam ini.

Karena halaman semacam ini hanya akan memberikan performa yang kurang baik oleh SERP.

 

Beranda (Homepage)

Terdapat dua fitur yang terdapat pada bagian tab beranda (homepage) yaitu Homepage dan Front page.

Pada bagian ini anda menjumpai dua versi untuk beranda atau halaman awal website.

Kebanyakan ini digunakan pada situs perusahaan, karena pada halaman awal website mereka menampilkan untuk keunggulan produk mereka.

Halaman awal yang dibedakan dengan halaman blog, rata-rata merupakan situs website dari perusahaan, personal branding, produk branding, marketing produk, company, situs jasa, dan lain sebagainya.


Situs yang satu langsung memberikan halaman awal adalah blog miliknya, sedangkan situs yang lain memaparkan halaman awal berupa branding product, personal branding, semacamnya.

 

  • Beranda (Homepage)
  • Anda dapat memberikan judul maupun deskripsi baru untuk meta judul serta meta deskripsi pada situs anda. (Homepage dan Blog)


  • Nantinya ini akan tampil sebagai halaman utama situs anda, berupa halaman awal (homepage).



  • Halaman Awal Blog (Front page)
  • Hampir sama dengan beranda, anda juga dapat memberikan judul maupun deskripsi baru untuk meta judul dan deskripsi situs website milik anda. (Blog)

           

Untuk beranda (homepage)  lebih dikhususkan kepada anda yang mempunyai halaman awal (homepage) dan juga halaman awal blog (front page). Branding dulu kemudian halaman postingan artikel.

Sedangkan untuk halaman awal blog (front page) hanya memiliki beranda berupa langsung memperlihatkan blog saja. Maksudnya tidak terdapat halaman awal seperti branding, melainkan langsung tertuju pada halaman postingan situs website.

 

Jenis Postingan  (Post Type)

Judul dan Meta Deskripsi (Title and Meta descripsion)

Post (Postingan Artikel) dan Pages (Halaman Lain)

Tidak menkonfigurasi template, artinya anda mengikuti template dasar untuk pemberian konfigurasi judul maupun meta deskripsi untuk halaman utama situs website anda secara manual, dan untuk halaman lain akan mengikuti konfigurasi yang manual juga.

Maksudnya jika anda tidak secara khusus menulis judul dan meta deskripsi yang dioptimalkan untuk kepentingan seo setiap halaman anda, maka judul beserta meta deskripsi akan mengikuti template dasar yang anda buat pada bagian ini.

Jika anda tidak menginginkan optimasi lebih lanjut tiap artikel yang anda tulis, maka pemberian konfigurasi untuk judul dan meta deskripsi pada bagian jenis posting (post type) akan sangat baik.

Artinya :

  • Memakai template = otomatis

Konfigurasi otomatis, tidak maksimal

SEO sebatas optimal

 

  • Tanpa template = manual

Konfigurasi manual, satu persatu

SEO dimaksimalkan


Anda mengisi konfigurasi template ini (Title template dan Meta description template) , artinya anda menggunakan konfigurasi ini untuk kesemua artikel yang anda tulis.

Sedangkan jika anda tidak mengisi kolom tersebut, maka anda menggunakan konfigurasi SEO yang dimaksimalkan secara manual oleh anda, tanpa menggunakan konfigurasi template ini.

 

Robot Meta (Meta Robots)

Jika anda bisa memaksimalkan dengan adanya opsi tidak diindeks (noindex), dan ikuti (follow) mungkin ini akanmembuat situs anda semakin baik.

Pasalnya opsi ini dapat membuat situs website anda tidak memberikan pengindekan pada suatu halaman yang berada pada situs anda yang memang tidak perlu, bahkan tidak boleh untuk terindeks oleh SERP, terlebih saat proses crawling yang dilakukan oleh google.

  • Dicentang (Checklist)
  • Jika ada sesuatu yang tidak anda inginkan untuk terindeks oleh mesin pencari.


  • Tidak dicentang (Unchecklist)
  • Dalam banyak kasus memang banyak yang tidak memberikan centang pada bagian noindex, dan follow.

Namun, menurut penulis sendiri supaya seo yang anda terapkan pada situs website anda lebih maksimalkan, akan lebih baik jika pada bagian robot meta (meta robot) supaya anda centang (checklist) terutama pada bagian noindex.

Selain untuk menghindari pengindekan dari halaman yang tidak perlu berupa halaman yang mempunyai konten sama, halaman 404, konten kosong dan lainnya, ini juga membuat peningkatan performa dan kualitas dari website anda.

Kalausaja terdapat halaman yang kurang baik pada website anda terindeks oleh mesin pencari, maka ini dapat menimbulkan penilaian yang kurang baik, terlebih untuk SERP (Search Enggine Rank Page) pada mesin pencari, karena mereka menemukan halaman yang mempunyai konten sama, ataupun konten kosong, termasuk dalam hal ini adalah halaman 404 dan semisalnya.

 

Tanggal dalam Pratinjau Cuplikan (Date in Snippet Preview)

Apakah harus anda centang?

Mungkin anda tidak akan mencetang bagian ini jikasaja anda tidak menginginkan pembaca mengetahui tanggal pembuatan artikel milik anda, selain itu ini juga membuat artikel milik anda akan relevan sepanjang masa.

Artinya walaupun hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, artikel milik anda selalu relevan untuk semua perubahan yang terjadi. Biasanya ini ditujukan untuk postingan yang berniche abadi atau selamanya, seperti tutorial.

Sedangkan untuk anda yang mempunyai situs yang menyajikan informasi terbaru, seperti situs informasi berita yang menyajikan berita terupdate, terbaru maka perlu bagi anda untuk menampilkan tanggal pembuatan artikelnya, oleh karena itu opsi ini sebaiknya anda centang, karena opsi ini tidak akan menampilkan tanggal pembuatan situs pada mesin pencari. Show date in snippet preview

 

  • Dicentang (Checklist)
  • Situs berita, niche hot, trending, terbaru, terupdate, terkini


  • Tidak dicentang (Unchecklist)
  • Situs tutorial, niche abadi, niche selamanya,

 

Kotak Meta Yoast SEO

Jika anda mempunyai banyak kontributor, sebaiknya anda menggunakan opsi hide untuk menyembunyikan Yoast SEO Meta Box kepada kontributor anda supaya mereka tidak bisa melakukan perubahan daripadanya.

Berbeda halnya dengan yang mempunyai dua ataupun lebih kontibutor pada situsnya. Untuk seorang yang tidak memiliki kontributor, opsi ini bukanlah konfigurasi besar pengaruhnya untuk seorang penulis tunggal, one founder, atau one publisher.

Karena dengan menggunakan ataupun tidak opsi hide ini, hasil yang ditimbulkan sama saja atau tidak berpengaruh yang signifikan, oleh karenanya anda selalu dapat kembali menggunakan opsi hide ini ataupun tidak, bukan menjadi masalah.

 

Taksonomi (Taxsonomies)

Hampir sama seperti fitur jenis tulisan (post type) yang sebelumnya dibahas. Pada bagian taksonimi ini juga terdapat template konfigurasi yang bisa anda gunakan.

Sedikit perbedaan yang terdapat pada fitur  taksonimi ini, dikarenakan  pada bagian taksonomi ini mereka memberikan template untuk konfigurasi kategori (categories), tag (tags), dan format.

 

Arsip (Archives)

Memiliki konten arsip berdasarkan penulis (author arcieves) maupun tanggal (date arcieves) merupakan cara yang bagus untuk anda gunakan supaya mempermudah pembaca menemukan konten yang anda tulis sebelumnya.

Dalam pandangan mesin pencari (search enggine) halaman arsip (archives) tidak sertamerta dianggap selalu baik, bisajadi mesin pencari menganggap bahwa halaman arsip mempunyai konten ganda (duplicate content).

Pada fitur arsip (archives) tersebut anda bisa memberitahu kepada mesin pencari atau search enggine untuk mengindeks atau tidak halam arsip anda.

Untuk halaman khusus (special pages) anda dapat konfigurasi sepertihalnya halaman 404. Anda bisa mengkonfigurasi halaman khusus tersebut dengan variabel anda sendiri, sesuai dengan yang anda inginkan.  Anda juga bisa melihat halaman tab fitur selanjutnya untuk konfigurasi yang lebih baik.

 

Lain (Other)

Untuk fitur lain (other) ini, anda bisa mengatur beberapa konfigurasi tambahan lain yang bisa digunakan untuk situs website anda, mulai dari konfigurasi noindex subpages of archieves, use meta keyword tag, add noodp, add noydir.

  • Noindex subpages of archieves
  • If you want to prevent /page/2/ and further of any archives to show up in the search result, enable this


  • Use meta keywords tag?
  • I don't know why you'd want to use meta keywords, but if you want to, check this box


  • Add noodp meta robots tag sitewide
  • Prevents search enggines from using the DMOZ description for pages from this site in the search result.


  • Add noydir meta robots tag sitewide
  • Prevents search enggine from using the Yahoo! Directory description for pages from site in the search result.

Pada bagian ini yoast sudah memberikan penjelasan masing-masing pengaturan dengan jelas, jadi ini merupakan bagian yang cukup mudah dipahami dengan anda membacanya saja.

 

Sosial (Social)

Tab akun (account) pada fitur social ini sudah cukup menjelaskan secara keseluruhan, bahwa pada bagian ini anda dapat menambahkan URL, serta nama pengguna (username) dari media sosial yang dimiliki anda.

Dengan mengisi bagian ini berarti anda telah memberitahu kepada mesin pencari (search enggine) bahwa akun tersebut terkait dengan situs anda.

 

Setiap anda membuka setiap tab platform media sosial (facebook, Twitter, Pinterest), anda dapat mengkontrol maupun mengkonfigurasi tampilan yang nantinya muncul pada saat konten anda dibagikan dari situs milik anda untuk setiap platform media sosial.

 

Peta Situs XML (Sitemap XML)

Salah satu fitur yang keren dari plugin Yoast SEO adalah peta situs atau sitemap, jadi dengan adanya fitur ini kita dimudahkan dalam pengelolaan peta situs situs web yang sedang kita kelola.

Ketika anda mengaktifkan fungsi peta situs dengan centang bagian (Check this box to enable XML sitemap functionality), maka plugin Yoast SEO secara otomatis akan membuat sitemap untuk situs anda.

Sitemap akan secara otomatis diperbaharui jika anda membuat konten baru, terbih lagi jika fitur ini diaktifkan maka ini akan secara otomatis melakukan ping kesemua konten yang ada, konten lama maupun konten baru yang anda buat akan terping kedalam mesin pencari (search enggine).

Anda dapat menentukan hal-hal lain yang anda inginkan ada pada sitemap anda, selain itu anda juga dapat menentukan jenis postingan atau kategori konten yang akan anda tampilkan pada peta situs (sitemap) anda.

Sekarang kita beralih ke opsi lanjutan dari Yoast SEO ini, Advanced - Yoast seo bisa anda temukan dibagian paling bawah fitur SEO yang terdapat pada dasbor wordpress anda. Bagian advanced yoast seo ini sebenarnya cukup sederhana.

 

Advanced

Breadcrumbs

Pada fitur lanjutan dari plugin ini, anda akan menemukan adanya fitur lanjutan (advanced) pada bagian tab awal berupa breadcrumbs.

Jika anda mengaktifkan breadcrum (dengan centang bagian Enable Breadcrumbs) maka pengunjung akan melihat tautan yang mengarahkan pada halaman anda, ini bisa anda lihat pada bagian dibawah judul artikel.

Biasanya breadcrum mempunyai format namasitus > blog > judul postingan anda.

Namun untuk pemberian breadcrum kedalam situs anda tidak sesederhana dengan hanya mencentang kotak dialog pada plugin ini saja.

Melainkan anda juga perlu untuk menambahkan sejumlah baris kode untuk membuat breadcrum kedalam situs web anda, anda bisa membaca panduan mengenai cara mengimplementasikan breadcrum terhadap situs anda pada artikel dibawah ini.

Baca juga; Bagaimana Cara Membuat Breadcrum Pada Blog atau Website

 

Permalink

Konfigurasi yoast seo lanjutan (seo advanced) yang lain adalah permalink.

Kita sudah tahu jika permalink adalah kependekan dari permanent link. Pada bagian ini anda dapat membuat perubahan pada struktur URL , Permalink dan , anda dapat konfigurasi lebih lanjut supaya membuat permalink menjadi lebih ramah dengan mesin pencari.

Dalam plugin yoast sendiri, bagian ini telah dijelaskan secara rinci mengenai fungsi dan kegunaan dari setiap fitur yang ada, anda hanya tinggal mengimplementasikan atau menerapkannya dengan mencobanya pada website anda.

 

RSS

RSS terbilang cukup ampuh untuk mengatasi adanya pengambilan beberapa konten bahkan secara masal dari situs web anda.

Kadang kita sudah susah-susah menulis, tiba-tiba tulisan kita diambil kemudian ditulis ulang tanpa melalui perombakan, atau secara singkatnya tulisan kita dicopas oleh orang lain tanpa izin dan diposting pada situs mereka. (Metode Plagiat, AGC)

 

AGC (Auto Generate Content) merupakan hal yang kurang sportif dimainkan dalam bidang pemasaran konten (content marketing) dewasa ini, terlebih untuk ukuran konten yang memakai metode agc maupun agk, konten yang disediakan pastinya akan sangat berbeda dengan konten yang dicopasnya.

Pada situs AGC semacam ini, konten yang disediakan sangatlah buruk, dan kurang berkualitas. Terlebih google akan memberikan penilaian buruk (negatif) terhadap situs semacam ini.

Kalausaja orang tersebut minimal memberikan atribusi kedalam situs web kita, atau melakukan perubahan pada artikel maupun konten yang telah diambil dari situs web kita, itu bukanlah sebuah masalah yang besar.

Namun jika mereka sama sekali tidak memberikan artibusi kepada situs web kita, maka itu bukan hanya merugikan kita namun itu juga merupakan persaingan secara tidak sehat. Karena secara tidak langsung itu juga merupakan penyebab adanya penurunan trafik kunjungan terhadap situs anda.

Terlepas dari semua itu, hal semacam ini juga sangat merugikan dari situs yang dicopas oleh pihak yang kurang bertanggung jawab, oleh karenanya perlu untuk anda memberikan pengaturan lanjutan mengenai RSS kedalam situs web anda.

Pada fitur RSS di plugin Yoast SEO ini hampir sama fungsinya dengan yang ada dalam blog, yang membedakan adalah fiturnya saja yang bisa kita konfigurasi secara lebih dalam.

Kalau pada RSS blog hanya terdapa beberapa fitur RSS saja, berupa fitur RSS singkat, RSS penuh, RSS tidak sama sekali.

Sedangkan pada plugin ini kita bisa mengatur adanya pengaturan RSS mulai dari pemberian kata diawal konten maupun diakhir konten. (yang nantinya akan terlihat pada RSS anda)

Anda bisa konfigurasi lebih lanjut untuk fitur RSS ini sepertihalnya menambahkan alamat pembuat, tautan halaman artikel anda, tautan situs web anda, sampai dengan deskripsi situs web anda.

Kesemua itu bisa anda setting pada bagian fitur RSS pada plugin yoast seo ini.

 

Search Console

Jika anda menggunakan menggunakan Google Search Console, anda bisa menggunakan fitur ini untuk lebih mempermudah menjangkau performa situs kita dari search console google.

Karena pada fitur Search Console ini kita bisa menghubungkan plugin yoast seo dengan search console google, jadi anda dapat melihat adanya kesalahan yang ditemui pengunjung pada situs anda, dan anda dapat langsung memperbaikinya dari dasbor situs anda langsung melalui dasboard worpress anda tersebut.

Pada bagian ini anda tinggal memasukkan kode verifikasi untuk menghubungkannya (menghubungkan plugin wordpress anda dengan google search console).

Untuk melakukan hal ini, anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Klik bagian Get Google Authorization Code (Dapatkan Kode Otorisasi Google).
  • Setelah anda klik bagian ini, nantinya hal ini akan memunculkan kontak dialog kepada anda, yang meminta akses yoast SEO terhadap Google Search Console anda.
  • Klik Accept (Terima)
  • Dengan klik accept ini anda, bersedia memberikan akses kedalam Google Search Console. Terlepas dari hal itu ini digunakan untuk mendapatkan kode untuk diaplikasikan kedalam kotak Authenticate pada Search Console Yoast SEO.
  • Tekan Authenticate (Otentifikasi)
  • Setelah itu pilih profil situs anda dari daftar yang disediakan (dari Search Console Google)
  • Klik Save Profile (Simpan Profil)


Setelah memahami adanya fitur search console yang ada pada plugin yoast ini, sekarang kita beralih pada fitur yang lain yang masih ada yaitu fitur tools.

Kembali ke halaman dasbor wordpress anda, kemudian pada bagian SEO, anda klik bagian Tools.

 

Tools (Alat)

Dibagian tools ini, anda akan menemukan tiga bagian yang dapat anda gunakan untuk mengedit konten situs anda.

  • Bulk Editor (Editor Masal)
  • Dengan menggunakan bagian bulk editor ini anda dapat melakukan perubahan pada judul maupun deskripsi dari konten yang ada pada situs web anda secara masal atau secara keseluruhan tanpa anda harus mengedit satu persatu.


  • Ini akan memudahkan anda jikaingin anda ingin untuk mengedit semua konten secara masal, karena kita tidak perlu mengedit konten satu persatu, ataupun dengan membukanya satu persatu pada bagian post editor yang ada pada dasbor wordpress milik kita.


  • Fitur ini bisa anda gunakan untuk keperluan mengedit konten anda secara keseluruhan secara singkat, namun kalau anda tidak membutuhkannya anda tidak perlu untuk konfigurasi pada bagian ini.


  • File Editor (Editor File)
  • Pada file edit pada bagian tools ini, anda dapat membuat perubahan pada beberapa file dalam situs web anda, sepertihalnya melakukan perubahan pada file robot.txt, file .httacess, dan lain sebagainya.


  • Import and Export (Impor dan Ekspor)
  • Ini merupakan pengaturan untuk mengimpor maupun mengekspor konfigurasi ataupun pengaturan yang telah anda buat pada yoast seo ini.


  • Bagian ini akan mempermudah anda jika anda mempunyai beberapa web.


  • Pada bagian ini impor artinya anda memasukkan konfigurasi (berupa file hasil ekspor), sedangkan untuk eksport adalah membuat hasil konfigurasi (dalam bentuk file keluaran).


  • Maksudnya jika anda mempunyai web lain dan sama-sama menggunakan plugin Yoast SEO maka kita bisa mengimpor konfigurasi kedalam plugin yoast seo pada web tersebut tanpa kita harus melakukan konfigurasi ulang.


Menggunakan Yoast SEO

Setelah anda menginstal dan mengkonfigurasi semua bagian Yoast SEO, sekarang anda bisa melihat hasil dari konfigurasi yang telah anda terapkan pada plugin Yoast SEO anda.

Mulailah dengan melihat kinerja SEO untuk konten atau halaman anda.

Buka menu pada dasboard admin wp untuk pada situs web anda, kemudian pilih semua postingan (all post), nantinya anda akan menemukan tanda kualitas SEO untuk konten anda pada sisi paling kanan dari kolom semua postingan (all post)

Kolom tersebut menunjukan bagaimana tingkatan dari kualitas SEO untuk konten yang anda buat.

Yoast SEO sendiri memberikan beberapa tingkatan warna untuk menandai kualitas seo yang dimiliki, mulai dari konten yang memiliki kulitas buruk, sedang, dan baik dengan memberikan warna indikasi.

  • Titik Hijau  - Sangat Baik
  • Menandai bahwa konten atau halaman pada situs anda dalam kondisi bagus.


  • Titik Kuning  - Baik
  • Terdapat  beberapa hal yang perlu untuk segera diperbaiki.


  • Titik Orange  - Kurang Baik
  • Anda perlu untuk memperbaiki beberapa hal yang lain, karena untuk tingkatan dari seo dengan indikasi orange pada halaman dan konten adalah kurang baik.


  • Titik Merah  - Buruk
  • Menunjukan bahwa halaman atau konten pada situs anda, terdapat masalah yang cukup signifikan.


  • Titik Abu-abu  - (Tidak ada informasi)
  • Yoast SEO tidak memiliki informasi untuk halaman atau konten pada situs anda.

Dengan pemberian kualitas seo untuk setiap halaman maupun konten, anda dimungkinkan untuk bisa lebih mengoptimalkan lagi penerapan seo untuk setiap halaman ataupun konten yang ada pada situs anda, karena indikasi yang telah diberikan plugin yoast ini.

Lanjut kedalam pembahasan toolbox yoast seo, untuk meninjau bagian ini anda masuk terlebih dahulu kehalaman atau postingan untuk membuka halaman editor halaman, nantinya anda akan menemui toolbox Yoast SEO.

Pada toolbox yoast seo (Kotak Alat Yoast SEO) terdapat beberapa bagian yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan seo dari konten ataupun halaman pada situs web anda.

 

Umum (General)

Dibagian ini anda bisa menulis judul halaman atau konten, membuat meta desktipsi, dan membuat fokus kata kunci.

Pada saat anda menetapkan fokus kata kunci, maka yoast akan melihatnya pada bagian konten, halaman, judul, URL, meta desktipsi, dan post sehingga anda akan melihat berapa jumlah kata kunci yang digunakan.

Pada plugin yoast seo ini, anda dapat membuat satu fokus kata kunci untuk dijadikan target (yang nantinya kata kunci tersebut akan ada pada semua bagian, mulai dari ada pada bagian URL, Judul, meta deskripsi, dan lainnya)

Anda dapat melihat pratinjau hasil dari konfigurasi anda tersebut pada bagian Spippet Preview (Pratinjau Cuplikan).

Nantinya pratinjau ini akan tampil pada pencarian nantinya (SERP) dan anda bisa memaksimalkan hal tersebut (memaksimalkan karakter yang digunakan, dan memaksimalkan satu fokus kata kunci yang ditargetkan).

 

Analisa Halaman (Page Analysis)

Setelah anda menetapkan fokus kata kunci pada bagian tab umum (general), kemudian tekan simpan (save atau update) atau perbaharui konsep. Kemudian anda masuk kebagian selanjutnya yaitu bagian tab analisa halaman (page analysis).

Klik pada bagian tab analisa halaman (page analysis), bagian ini akan memberitahu anda (dengan memberikan beberapa umpan balik) tentang seberapa baik halaman maupun konten anda terhadap mesin pencari (search enggine).

Yoast akan memberi anda umpan balik kepada anda untuk lebih memaksimalkan seo untuk setiap halaman anda.

Pada bagian ini yoast akan memberikan beberapa faktor yang menyebabkan halaman anda dirasa kurang baik untuk mesin pencari, ataupun faktor lain seperti halnya anda menggunakan fokus kata kunci terlalu banyak, atau kurang, gambar yang kurang dioptimasi, link outbound, dan masih banyak lagi.

Dengan umpan balik yang dipaparkan oleh plugin yoast seo ini (berupa hal-hal yang membuat kurang baiknya halaman dan konten anda terhadap mesin pencari), nantinya ini akan sangat membantu anda guna untuk lebih memaksimalkan seo untuk halaman atau konten pada situs anda, terlebih lagi ini juga dapat membantu optimasi untuk seo on page website anda.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan

Idealnya anda pastinya menginginkan mendapatkan indikasi bagus pada setiap halaman maupun konten milik anda, tapi pastinya masih ada indikasi yang kurang bagus pada situs web anda.

Perlu diketahui bahwa plugin yoast hanya sebatas memberikan bantuan untuk lebih meningkatkan seo halaman dan konten anda. Namun, anda juga tidak perlu juga untuk mengambil semua solusi yang ditawarkan oleh yoast ini, karena indikasi kuning (cukup baik) sudah baik dalam penilaian mesin pencari.

Beberapa hal lain mengenai umpan balik yang diberikan yoast akan sangat tidak wajar untuk anda terapkan kedalam halaman maupun konten konten anda, karena konten anda dibaca oleh manusia dan bukan dibaca oleh mesin pencari.

Misalnya saja pada fokus keyword (kata kunci) yang anda gunakan, jangan sampai pembaca situs anda mengangap bahwa judul maupun deskripsi yang anda berikan terkesan kaku seperti robot, sangat baku, ataupun kurang menarik.

Jadi perlu untuk anda melihat umpan baik yang bagus untuk anda terapkan pada situs web yang sedang anda kelola, dengan plugin Yoast SEO ini.

 

Advanced              

Pada bagian toolbox yoast seo, juga terdapat bagian advanced (lanjutan) untuk anda konfigurasi lebih lanjut, jika sebelumnya anda tidak hide (sembunyikan) meta Yoast atau meta yoast belum dinonaktifkan maka anda akan melihat bagian advanced (lanjutan) pada toolbox yoast seo.

Pada bagian ini anda dapat mengkonfigurasi pengaturan untuk meta robot, peta situs (sitemap), maupun sampai mengatur URL redirect 301.

Apasaja opsi yang disediakan pada meta robots pada bagian lanjutan?

  • Tanpa ODP (No ODP)
  • Menghentikan mesin pencari dari penggunaan deskripsi oleh situs alternatif (dari ODP / DMOZ)


  • Tanpa YDIR (No YDIR)
  • Menghentikan pencarian dari penggunaan deskripsi situs dari Yahoo directory (direktori Yahoo!)


  • Tanpa Arsip (No Archive)
  • Menghentikan mesin pencari dalam menelusuri pencarian supaya tidak memiliki versi cache halaman anda.


  • Tanpa Cuplikan (No Preview)
  • Menghentikan mesin pencari dari penggunaan cuplikan (preview) dari konten di SERP (Search Enggine Rank Page)