10 Cara Optimasi Tema Blog dan Website dan Contoh Desain Tema Responsif

Advertisement

Advertisement

Yusuf Yogi Antoro Makfud  - Terdapat berbagai macam orang yang membuat website, baik itu website maupun blog pribadi, ataupun komersial. Hal semacam ini memang ada dalam dunia perbloging-an karena terbilang lumrah.

Ilustrated by Page Designs Lab


Umumnya seseorang pemula dalam dunia perbloging-an ini meembuat website ataupun blog dengan asal, karena baru tahu dan masih kurang tahu mengenai hal hal yang lain dikarenakan masih tahapan sebagai seorang pemula pada bidang ini.

Pemilihan tema merupakan hal yang penting untuk pemula maupun ekspert sekalipun, karena dengan pemilihan tema nantinya artikel yang kita tulis bisa sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya saja artikel yang kita tulis ingin agar lebih utama dan bagian yang lain tidak perlu untuk ditampilkan, serta menginginkan warna yang lain.

Pada pembahasan kali ini penulis membahas mengenai bagaimana sebuah desain tema bisa berpengaruh pada optimasi SEO pada blog ataupun website anda. Anda bisa melihatnya pada artikel berikut ini.

Desain Tema untuk Optimasi SEO On Page

Kebiasaan Blogger Pemula

Kebiasaan blogger pemula pada tahapan pemilihan tema seringkali memilih tema yang mencolok serta banyak menggunakan animasi gambar maupun animasi flash video, akibatnya ini sangat berpengaruh pada performa dari template yang digunakan yang membuat loading page pada website atau blog yang sedang kita kelola menjadi lebih lama karena harus mendownload data yang lain, dari adanya animasi gambar atau animasi flash video pada blog ataupun website kita.

Sejatinya seorang pengunjung hanya mencari informasi yang disediakan pada suatu website ataupun sebuah blog. Mereka hanya menginginkan informasi yang bermanfaat yang sedang mereka cari, dan mereka tidak menginginkan bahkan tidak menghiraukan akan adanya animasi gambar maupun video bergerak yang ada. Oleh karenanya jika anda masih menggunakan animasi, gambar, pernak pernik sampai dengan banner animasi sebagiknya ini dicopot atau bisa dihapus dikarenakan hal semacam ini berpengaruh pada loading page atau kecepatan akses website dan blog yang sedang anda kelola.

Performa yang Buruk

Dari pemilihan tema yang salah, nantinya akan membuat performa website ataupun blog yang sedang anda kelola menjadi buruk. Karena masih terdapat bagian yang kurang untuk disempurnakan atau di optimasi tema yang anda pakai.

Terutama untuk tema blogger yang mana setiap tema blogger yang tidak responsive sangatlah perlu akan di setting ulang untuk memperoleh hasil tema yang responsive untuk setiap pengunjung blog ataupun website anda.

Seseorang memilih tema karena bagus, belum tentu menurut pengunjung atau visitors baik. Ungkapan bagus belum tentu baik karena tema yang anda pasang mungkin tidak sesuai dengan topik blog ataupun website anda.

Tema Untuk Optimasi SEO

Beberapa tema yang baik untuk dipakai pada blog ataupun website anda adalah tema yang responsif pada  tiap-tiap perangkat pengguna dan juga sudah berlabel SEO Friendly, atau ramah dengan perangkat yang dipakai oleh visitors atau penggunjung pada saat mengunjungi blog ataupun website milik anda.

Tanpa adanya animasi, gambar, blinking, banner, banner gambar, banner animasi dan tidak memuat banyak css , javascript yang tidak perlu, ini juga merupakan salah satu ciri dari tema yang termasuk seo friendly. Terlebih untuk tema yang seo friendly ini biasanya bentuk temanya sangat elegan, dinamis, ringan, simple namun terkesan bagus dan profesional.

Tema semacam ini baik untuk anda pakai, terlebih untuk hal optimasi seo on page website ataupun blog yang sedang anda kelola. Optimasi seo on page pada tema yang dipilih merupakan hal utama yang juga berpengaruh pada optimasi seo lanjutan, sepertihalnya tema akan sangat berpengaruh pada tahapan optimasi seo on page mengenai page speed website ataupun blog kita.

Dengan menggunakan tema yang baik nantinya SERP akan memberikan penilaian yang baik juga untuk user eksperiences atau kepuasan pengguna sebelum mereka mengunjungi blog ataupun website anda. Terlebih pengguna atau visitors lebih menyukai tema yang simple dan dinamis dan cepat pada saat mereka mengakses artikel yang lain. Karena hal tersebut penulis sarankan jika anda masih menggunakan tema yang terdapat animasi dan lain lain, sebaiknya anda hapus atau anda bisa beralih pada tema yang sudah seo friendly.

Apakah Tema SEO Friendly Gratis?

Pada internet sekarang ini untuk tema yang seo fiendly sendiri ada yang gratis (free download) dan juga berbayar (premium). Perbedaan dari keduanya yang mendasar adalah gratis dan membayar, selain itu untuk yang tema seo friendly yang gratis biasanya anda diharapkan untuk optimasi tahap lanjutan pada tema yang sudah anda download. Pasalnya tema gratis hanya memuat setting yang tidak sama persis dengan yang dimuat pada demo sebuah tema, misalnya saja penempatan breadcrum, recent post, dan tata letak yang kurang sesuai. Hal semacam ini bisa anda rubah secara manual sesuai dengan yang anda inginkan, terlebih biasanya terdapat panduan dari author atau yang membuat tema tersebut bagaimana cara untuk setting lanjutan tema tersebut.

Sedangkan untuk tema yang berbayar atau premium sendiri, anda bisa memilikinya dengan anda membayar pihak developer atau yang membuat tema tersebut dengan membayarkan sejumlah uang. Rata-rata tema-tema semacam ini banyak sekali yang menjual, namun anda bisa mencari sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk di indonesia sendiri, banyak pihak developer membuat tema seo friendly yang bisa dikatakan sangat banyak dan bagus. Dengan harga yang murah dibawah 200 ribu anda bisa mendapatkan tema seo friendly dengan 1  lisensi premium dari developer tema tersebut.

Ciri Ciri Tema Responsive dan SEO Friendly

1. Responsif

1 kata dari tema ataupun template yang merupakan cici-ciri tema yang seo friendly dan responsve adalah responsif. Arti dari responsif sendiri adalah tema ataupun template yang digunakan pada blog ataupun website yang anda gunakan harus bisa menyesuaikan dengan semua perangkat yang ada baik itu perangkat dekstop (pc, laptop, notebook), mobile (semua jenis smartphone) maupun tablet (semua jenis tablet).

Beberapa tema atau template yang kurang responsive biasanya pada bagian ini tema tidak bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk melihat artikel yang ada. Sehingga kita perlu untuk memperbaiki hal tersebut, dengan membuat bagian viewport menjadi responsive dengan berbagai perangkat dengan kita setting bagian meta viewport ini pada template yang kita gunakan.

 

2.Kompatibel

Template yang  responsive dan seo friendly pada umumnya mempunya ciri kompatible, untuk berbagai macam browser yang digunakan untuk media akses blog ataupun website anda.

 

3.Navigasi

Jelas. Pada saat pencarian sebuah artikel yang ada pada blog ataupun website anda, pengunjung bisa menncari artikel yang mereka inginkan dengan mudah jika navigasi yang ada pada tema atau template yang anda pakai dalam blog ataupun website anda itu mudah. Ini bisa dilihat pada menu yang jelas, terdapat kategori, arcieves, artikel post, recent post, dam laman seperti kontak admin, privasy & policy, disclaimer sampai dengan about mengenai blog ataupun website anda, kesemua itu dinamakan navigasi, dan pada blog atau website yang yang resonsive dan seo friendly kesemua itu harus jelas dan disediakan pada tema.

 

4. Loading Speed

Kecepatan akses pada artikel maupun blog saat menggunakan tema seo friendly dan responsive harusnya mempunyai kecepatan diatas 80/100. Anda bisa melihat kecepatan akses atau loading page blog ataupun website anda pada Gtmetrix atau Google Pagespeed Insigh, keduanya situs tersebut bisa mengecek cepat lambatnya saat akses webpage anda, dan juga memberikan beberapa saran untuk memperbaiki bagian yang kurang.

80 merupakan angka standar untuk ukuran loading speed pada webpage anda, sedangkan untuk nilai dibawah 80 (loading page< 80) maka itu bisa dikatakan kurang dioptimasi pada bagian html, css, rendering javascript dan gambar. Anda bisa mengoptimasi tema yang sekarang anda gunakan dengan mengoptimasi maupun mengedit secara lebih lanjut sampai bisa memunculkan nilai yang lebih bagus. Karena semakin cepat suatu website pada loading speed nya maka semakin bagus website atau blog anda dimata google.

 

5. Sharing

Tombol Berbagi atau sharing button juga perlu ada pada setiap tema ataupun template yang dikategorikan seo friendly dan responsive.

Sharing atau integrasi dengan media social seperti facebook, twitter, flick,rss nantinya selain sebagai penambah backlink secara gratis ini juga akan menambah nilai dari PA (page authority) dari blog ataupun website milik anda.

Penempatan yang jelas dan mencolok untuk tombol sharing button atau tombol berbagi seperti mengambang disamping kiri atau dibawah artikel, akan lebih banyak membuat orang untuk saling berbagi, terlebih jika artikel yang dipaparkan merupakan jenis artikel yang readable, mudah dibaca, lengkap serta bermanfaat bagi para pembaca.

 

6. Background Tema Jelas

Latar belakang atau background dari suatu tema/template yang dikatakan SEO adalah memiliki background yang jelas dan terkesan cerah. Namun bukan berarti tema yang memiliki background berwarna hitam dikatakan tema yang bukan SEO.

Terdapat berbagai variasi dalam pemilihan background tema, namun fokus untuk pemilihan latar belakang atau background yang tepat adalah background yang mendukung artikel yang ada menjadi semakin jelas. Jadi jika terdapat tema dengan tema hitam bisa jadi itu juga termasuk tema yang SEO Friendly. Dikarenakan tema seo friendly adalah tema yang memudahkan pengguna untuk melihat artikel yang disediakan, mulai dari kemudahan dalam melakukan sharing atau berbagi, navigasi yang mudah, dan artikel yang berkualitas, kesemua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap sebuah tema yang dikatakan seo friendly.

Namun kebanyakan dari pemilihan background yang digunakan pada tema seo friendly ini adalah berwarna putih, dan untuk second background berwarna abu-abu. Ini dilandasi untuk lebih membuat pengguna lebih terfokus pada artikel yang disediakan, karena dengan pemilihan warna yang cerah ini membuat artikel yang ada menjadi lebih jelas karena pemilihan warna yang yang pas dan cerah pada bagian latar belakang artikel.

 

7. Dominasi Warna Gelap untuk UI/UX

Dalam kriteria tema atau template yang termasuk kedalam jajaran template yang seo friendly, pemilihan warna gelap berupa warna biru dongker, atau hitam pada navigasi merupakan bentuk UI atau UX yang paling tepat.

Warna gelap pada navigasi akan lebih memudahkan pembaca untuk menjelajahi webpage blog atau website milik kita, terlebih untuk pemilihan warna gelap ini lebih cocok diterapkan pada kesemua tema. Dikarenakan warna gelap berupa warna biru dongker ataupun hitam, tidak membuat mata silau tetapi nyaman pada saat membacanya.

Bayangkan saja jika pada suatu tema hanya terdapat warna cerah saja, yaitu warna putih. Bisa dibilang kalau tema tersebut akan tidak sedap dipandang dan akan sangat menyilaukan mata pengunjung atau visitors situs tersebut.

Oleh karenanya pemilihan tema gelap pada navigasi sangat baik untuk user experiences atau kepuasan pengguna pada saat mengunjungi webpage blog ataupun website yang kita kelola.

 

8. Minimal Javascript

Kadang pengaruh performa tema dari sebuah template seo friendly dikarenakan banyak sedikitnya javascript yang digunakan pada tema tersebut.

Semakin banyak penggunaan javascript maka kecepatan dari loading page tema tersebut akan lebih lama, sebaliknya jika semakin sedikit penggunaan javascript terhadap suatu tema, maka tema tersebut akan memiliki loading page yang cepat.

Jika pada tema seo anda masih banyak penggunaan javascript anda bisa memilimalkan javascript tersebut dengan kompres pada script yang ada pada template yang anda gunakan untuk lebih meminimalkan penggunaan javascript terhadap tema yang anda gunakan tersebut.

 

9. Professional

Salah satu ciri dari tema seo adalah professional. Pada tema jenis seo friendly ini yang dimaksud dengan profesional adalah sebuah tema hanya menyuguhkan ui dan ux yang baik.

Pada tema seo ini, menerapkan UI (user interfaces) atau tampilan yang bagus dan tidak terkesan norak, selain itu tema seo yang digunakan diharapkan bisa membuat sebuah situs berkesan profesional dengan tidak menggunakan berbagai macam hal yang tidak diperlukan.

Hal yang tidak diperlukan pada sebuah tema seo friendly sangatlah banyak, mulai dari banner animasi, banner gambar, pemilhan navigasi tema yang terlalu ribet atau sangat kompleks, terdapat animasi gambar, animasi bergerak, animasi gif , penempatan tata letak yang terkesan ribet dan kurang rapi, berbagai script yang kurang bermanfaat dan lain sebagainya.

UI (User Interfaces) yang baik nantinya akan membuat UX (User Eksperiences) atau kepuasan pengguna yang bagus pula, terlebih jika tema yang digunakan pada situs webiste atau blog anda merupakan tema SEO nantinya ini juga akan lebih mendongkrak adanya optimasi SEO on page situs milik anda.

 

10. Tata Letak Simple dan Rapi

Simple dan rapi pada sebuah tema atau template seo merupakan sebuah ciri paling utama. Tata letak akan membuat sebuah situs lebih terarah. Antara artikel, navigasi, label, arcieves, random post, recent post, related post kesemua itu akan  membuatkan sebuah tampilan yang baik.

Pemilihan tempat atau tata letak untuk kesemua bagian tersebut haruslah diatur sedemikian rupa agar kesemua bagian itu bisa mendukung sebuah artikel yang ada pada sebuah webpage blog ataupun website anda.

Tata letak yang rapidan baik tersebut berupa :

  • Artikel, berada disebelah kiri
  • Navigasi, berada disebelah paling atas dan paling bawah
  • Related post, Popular post, berada disebelah kanan
  • Recent post, berada dibawah artikel
  • Label, Arcieves, berada disamping kanan
  • Jika label, maupun arcieves dirasa kurang perlu, ini bisa dihilangkan saja.

Kebanyakan dari tata letak sebuah tema atau template yang seo ini menggunakan 3 kolom pada halaman utama, sedangkan untuk penggunakan pada webpage postingan biasanya menggunakan 2 kolom untuk tampilan artikelnya.

Artinya semakin simple maka tema yang anda gunakan akan semakin baik, semakin baik tema yang anda gunakan akan berpengaruh pada optimasi seo on page website ataupun blog milik anda. Terlebih untuk tema semacam ini akan lebih membuat situs website anda lebih profesional karena faktor UI maupun UX yang bagus.