[5] Cara Mendapatkan Uang dari Travel Hanya dari Blog (Website Maupun Gratis)

Pasti banyak di antara kalian yang pernah membaca travel blog.

Mungkin kamu berpikir:

  • Bagaimana para travel blogger ini bisa jalan-jalan ke berbagai lokasi dalam satu tahun dan hanya mendapat pemasukan dari blog mereka? 
  • Apakah travel blogger mendapat uang sebanyak itu, sampai mereka bisa jalan-jalan hampir setiap hari? 

The Best Traveller Women Blogger, [5] Cara Mendapatkan Uang dari Travel Hanya dari Blog (Website Maupun Gratis)
Thanks to Market Watch

Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana kamu bisa mendapatkan uang dari travel blog.

Setiap travel blogger memiliki cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan pemasukan. Industri blogging sendiri memang belum memiliki cara kerja yang seragam.

Setiap blogger memiliki cara mereka sendiri untuk menghasilkan uang. Biasanya, blogger melihat apa saja keterampilan mereka yang bisa mereka tawarkan kepada pembaca.

Sebelum kita memulai membahas cara-caranya, ada satu nasihat yang selalu diberikan oleh para full-time blogger kepada orang-orang yang baru mau memulai memonetisasi blognya:

"Jangan berharap Anda akan langsung mendapat penghasilan besar. Blogging membutuhkan waktu dan kesabaran untuk bisa sukses."

1. Menjadi Freelance Writer

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk menghasilkan uang dari blog, Anda harus mencari apa saja keterampilan kamu yang bisa kamu tawarkan kepada pembaca. 

Kebanyakan blogger tentunya memiliki keterampilan menulis. 

Oleh karena itu, freelance writer adalah pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mendukung travel blog-mu.

Kebanyakan travel blogger menulis untuk publikasi secara online dan kamu akan dibayar untuk setiap tulisan Anda. 

Menjadi Freelance Writer - Cara Mendapatkan Uang dari Travel Hanya dari Blog (Website)

Selain itu, jika Anda memiliki travel blog-mu sendiri, publikasi akan lebih tertarik untuk memilih dirimu sebagai freelance writer mereka.

Karena Anda memiliki jangkauan audience (pengunjung) kamu sendiri dan bisa membantu mempromosikan publikasi (postingan / artikel) tersebut.

Dengan menulis untuk publikasi lain, Anda juga bisa membangun portofolio (hasil tulisan) mu. Ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan bayaran yang lebih tinggi dengan jangkauan audience dan portfolio kamu sebagai pertimbangan.

Kalau kamu tertarik untuk menjadi freelance writer yang fokus pada topik travelling, Anda bisa memanfaatkan Lonely Planet Pathfinder untuk memulai dan mencari audience untuk blog Anda.
Kesulitan menjadi penulis di blog-mu sendiri? Baiklah, saya bantu kok ^_^.

2. Advertising di Blog Kamu
Advertising On Your Blogger with Google Adsense

Kamu pasti pernah melihat ads (iklan) yang ada pada blog, kan? Nah, advertising di blog adalah salah satu cara travel blogger mendapat pemasukan. Sebelum kamu meletakkan advertising di blog-mu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Jika kamu ingin mulai memasang ads di blog Anda, kamu harus memiliki website yang self-hosted (seperti akizaku.com) atau blogger.com. 

Kalau kamu membuat blog di wordpress.com yang gratis, kamu tidak bisa memasang ads kecuali menggunakan system AdWords internal mereka. 

Jadi ada baiknya kamu membuat website WordPress kamu sendiri. Jika kamu mengalami kesulitan dalam membuatnya saya akan membantu kamu (https://akizaku.com/contact-us/)

Salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk memasang ads di blog kamu adalah Google AdSense.

Dengan Google AdSense, kamu bisa mendapatkan uang tanpa perlu susah-susah memilih ads apa yang ingin kamu pasang. 

AdSense bekerja dengan cara memanfaatkan advertising yang ter-target dalam bentuk text, gambar, video, dan iklan interaktif yang berhubungan dengan konten blog kamu loh.

Saya juga sudah melampirkan dibawah ini termasuk cara menghasilkan Google Adsense hanya dari Blog, Youtube dan lain sebagainya:

3. Membuat Konten Sponsor
Membuat Konten Sponsor ~ Content Placement

Salah satu cara lain untuk mendapatkan uang dari blog traveling kamu adalah dengan membuat konten dan advertorials yang disponsori oleh brand atau perusahaan tertentu. 

Ini adalah salah satu jenis konten yang banyak dilakukan oleh travel blogger. Biasanya, Anda akan diminta untuk membahas brand mereka di salah satu postingan Anda.

  • Biasanya seperti Content Replacement (contohnya seperti website mastimon.com = Content Placement).

4. Affiliate Marketing

Affliate Marketing In Travel Blogger
Thanks to Social Enablers
Affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan pemasukan pasif (passive income) yang banyak digunakan para blogger. 

Memang untuk mendapatkan penghasilan dari affiliate marketing, kamu membutuhkan traffic website dan audience blog yang percaya pada Anda.

Kalau kamu bingung apa bentuk dari affiliate marketing, mungkin saat membaca blog, kamu pernah melihat link-link yang disertakan penulis blog ketika merekomendasikan sesuatu. 

Biasanya link tersebut adalah link affiliate dan blogger akan mendapat komisi. 

Untuk meningkatkan kepercayaan audience Anda, sebaiknya Anda hanya merekomendasikan produk atau layanan yang Anda gunakan, suka, dan memang percaya.

Website seperti: 
  • Booking.com.
  • AirBnB.
Yang memiliki program affiliate yang bisa kamu coba gunakan

Untuk website lokal sendiri di Indonesia, Anda bisa mencoba program affiliate milik Tiket.com. 

Selain itu, ada juga website jaringan affiliasi yang bernama Awin atau yang dulu dikenal dengan nama Affiliate Window. 

AWIN untuk saat ini memiliki lebih dari 6,000 advertisers sehingga kamu pasti bisa menemukan program affiliate marketing yang sesuai dengan niche-mu sendiri. 

Untuk travel blog sendiri, program affiliate marketing Booking.com dan Hotels.com adalah dua dari sekian banyak program affiliate marketing yang bisa Anda temukan.

5. Menjual hasil fotografi (Fotographer) kamu selama traveling

Fotografi tentunya merupakan bagian besar dari travelling. Kalau jalan-jalan, kamu pasti mengambil banyak foto, bukan? Nah, dari foto-foto yang kamu ambil mungkin ada yang kamu rasa bagus sehingga bisa kamu jual.

Kalau Anda merasa sulit menjual langsung foto-foto kamu melalui social media, kamu bisa menggunakan platform stock photo. 

Ada banyak orang yang mendapatkan pemasukan pasif dengan cara ini. Terkadang, memang ada aturan-aturan yang harus Anda ikuti agar foto kamu diterima, tetapi kalau foto kamu diterima, tentu ini adalah pendapatan yang lumayan.

Website yang sering digunakan oleh para travel blogger untuk menjual foto mereka adalah Shutterstock. 

Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar nama ini. Dengan shutterstock, Anda bisa mengupload foto sebanyak-banyaknya. 

Lalu kamu akan mendapat sekitar $0.25 per download dan tidak ada limit berapa kali foto kamu bisa di download. 

Mungkin di bayangan kamu ini terlihat sedikit, tetapi jika foto kamu adalah foto daerah-daerah yang jarang ada di Internet, kamu bisa mendapat keuntungan. 

Jika kamu bisa mendapatkan 1000 download dalam sebulan, kamu sudah mendapatkan pemasukan tambahan sebesar $250. Lumayan kan?

Contoh seperti ini.
Door to the sky and the sea (Ancol)
Thanks to Diwidi

Press Trips

Di luar sana, ada banyak perjalanan yang disponsori oleh tourism board. Biasanya, mereka akan membayar full perjalananmu, jadi kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transport atau akomodasi.

Biasanya, dari perjalanan seperti ini, mereka mengharapkan kamu untuk menulis di blog kamu tentang perjalanan ini. 

Tentunya menulis blog bukanlah hal yang mudah, kamu perlu menulis, mengedit, mengambil foto, mengupload foto, dan mempromosikan konten ke social media. 

Tetapi kalau kamu memang benar-benar suka menulis blog, ini terdengar seperti pekerjaan ideal bukan?

Press trips memang bukan sesuatu yang mudah didapat. Biasa mereka ingin melihat presence online kamu terlebih dahulu sebelum mereka menawarkannya. Mereka juga akan melihat seberapa banyak audience kamu dan seberapa luas jangkauan audience kamu.

Kesimpulan

Di artikel ini, kita sudah membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari travel blog. 

Memang tidak mudah karena kamu perlu menginvestasi banyak waktu agar blog kamu bagus dan mendapatkan banyak traffic serta jangkauan audience yang luas. 

Apakah dari kamu, ada yang menjadi seorang travel blogger? 

Ayo, bagi pengalaman kamu di kolom komen di bawah ini!

Thanks to: Dewaweb