Panleukopenia Virus, Distemper Kucing (FPV) Adalah Penyakit yang Sangat Mematikan.

Advertisement

Advertisement
Tingkat penularannya cepat. Bisa segera atau beberapa minggu setelah terpapar.


Penularan bisa melalui cairan tubuh liur, ingus, diare, kontak langsung maupun tidak langsung melalui manusia, saat dititip atau dimandikan dipetshop.

Terbawa udara bila ada kucing disekitar lingkungan yang sakit juga bisa karena ukuran partikel virus sangat kecil bisa terbawa debu.

Panleukopenia Virus, Distemper Kucing (FPV) Adalah Penyakit yang Sangat Mematikan.

Karena itu vaksinasi adalah KEHARUSAN sebelum berpindah tempat di usia 1.5-2 bulan kalo ada vet yang bilang 3 bulan atau lebih itu ngawur.

1x vaksinasi masih ada kemungkinan terpapar dan sakit, tapi bisa segera sembuh karena sudah ada pengenalan. 2x vaksin lebih baik.

Yang mudah tertular adalah usia 1-2 tahun ke bawah, sesehat dan segemuk apapun virus ini tidak pilih kasih.

Gejala awal bisa hanya demam diam, ngumpet bulu sedikit berdiri, tidak mau makan atau diikuti dengan muntah atau mulut basah.

Kadang orang menduga gejalanya seperti keracunan. Itu fase awal penyakit.
Kalau ke dokter saat gejala hanya muntah suhu normal baiknya kita gelisah karena itu fase pertengahan, apalagi diikuti diare karena tubuhnya sudah mulai kalah.

Ingat bahwa demam adalah respon tubuh melawan penyakit. Jadi ketika suhu sudah dibawah 38 harapan hidup dibawah 10%. Tidak ada obatnya.

Karena masa kritis 3-5hari bila diikuti muntah dan diare biasa dipuasakan sambil tetap diinfus dan semua obat vitamin, antimuntah dan infeksi sekunder berupa injeksi karena virus ini melukai semua dinding pencernaan.

Bila bertahan lebih dari 5 hari umumnya bertahan hidup dan memiliki kekebalan terhadap panle. Tapi juga terkadang ada infeksi ikutan seperti flu dan absces di hidung dan kepala yang mengikuti pascapemulihan.

Bulan desember-januari adalah bulan-bulan terberat biasa pasien panle gagal bertahan krn di musim hujan. Di bulan lainnya persentase kesembuhan masih cukup tinggi.

Indikator bau mulut juga menentukan tingkat keparahan. Semakin berliur bau mulut amis seperti telur busuk bisa dipastikan leukositnya sudah 500 ke bawah dari normal yg seharusnya 5000 jadi bisa dibayangkan spt menderita aids imun drop dan sakit sedikit sj menyebabkan kematian.

#panledoknyom

SEMOGA BERMANFAAT DAN BELUM TERLAMBAT PENANGANAN NYA.