Apa itu VPN? Lalu, Fungsinya Apa?

Menurut Berguru Seo Tentang VPN

VPN merupakan sebuah koneksi privasi yang menggunakan logikal point-to-point connection, atau mudahnya jika kita browsing menggunakan atau berinternet dengan VPN.

Maka segala aktivitas kita akan terenskripsi sehingga membuat akitifitas kita saat menjelajah internet menjadi rahasia atau tak semua orang mengetahuinya.

Apa itu VPN? Lalu, Fungsinya Apa?
Apa itu VPN? Lalu, Fungsinya Apa? -Roblox Blocked In UAE


Menurut Woiden Tentang VPN

Virtual Private Network adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan sebuah perangkat client untuk terhubung ke jaringan publik menggunakan jaringan local dari server yang ditentukan. 

Umumnya Virtual Private Network (VPN) digunakan untuk mengakses sebuah laman atau jaringan secara aman, namun juga sering kali digunakan untuk memungkinkan seseorang mengakses situs atau website yang dibatasi dalam suatu negara seperti pembatasan ketersediaan Youtube Red di Indonesia.

Menurut DosenIT Tentang VPN 

VPN yakni salah satu fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer, baik PC Desktop maupun smartphone yang berhubungan dengan keamanan dalam melakukan akses data dan juga informasi melalui jaringan internet.

VPN merupakan kependekan dari Virtual Private Network, yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia secara harfiah berarti jaringan pribadi virtual. 

Maksud dari istilah ini adalah user (pengguna) nantinya akan memiliki sebuah jaringan pribadi tersendiri untuk melakukan akses terhadap internet.

Akan tetapi jaringan pribadi tersebut dibuat secara virtual oleh fitur yang dimiliki oleh PC desktop ataupun program lainnya.

Secara singkat, VPN dapat berarti merupakan suatu fitur di dalam sebuah komputer yang dapat memungkinkan kamu dapat melakukan pengaksesan informasi di dalam internet secara aman. 

VPN merupakan salah satu fitur yang mendukung penggunaan Internet Safe, yaitu keamanan dalam melakukan browsing dan juga surfing, serta kegiatan lainnya yang menggunakan koneksi internet.

VPN Terdiri dari 3 Teknologi Tunneling

  • PPTP
  • L2TP
  • IPSec

Karena kemampaunnya untuk mengenskripsi data, seringkali VPN dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mengakses internet secara gratis.

Fungsi VPN

1. Fungsi Keamanan

Seperti yang saya katakan diatas, bahwa segala aktivitas yang kita lakukan di internet akan dienskripsi. 

Jadi, saat kamu mengakses sebuah situs maka seseorang tidak akan tahu situs apa yang kamu akses dan begitu juga ketika Log In atau memasukkan password di suatu website, maka pengiriman data akan terenskripsi.

2. Fungsi Keutuhan Data

Salah satu fungsi utama dari VPN adalah untuk menjaga keutuhan data. Dimana data yang dikirim dari sebuah komputer ke komputer lain (misal saat kita mengakses situs web).

Maka, data yang terkirim bisa saja dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan dengan VPN, hal tersebut dapat bisa kita cegah sebelum terjadi.

Manfaat VPN

1. Remote Access

Intinya, dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet.

2. Keamanan 

Dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe.

3. Dapat Menghemat Biaya Setup Jaringan

VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah.

Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Kelebihan Dan Kekurangan VPN

Kelebihan VPN

  • Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.
  • Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.
  • Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.

Kekurangan VPN

  • Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu risiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.
Demikian dari konten saya pada pagi hari ini sambil meminum segelas air hangat bertema vpn.

Semoga konten ini bermanfaat apabila kamu sedang mencari VPN gratis, kamu bisa bookmark terlebih dahulu (CTRL+D).

Baca juga: Seputar Cara Menggunakan VPN [Lengkap].

Untuk memudahkan kamu mencari dengan mudah tanpa repot lagi.