14 Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu! 1,5,6,13 Sering Muncul

Penipuan adalah hal perbuatan yang dilakukan oleh orang yang tidak dikenal dekat olehnya dan melakukan banyak cara untuk meraup keuntungan dari korban dan risiko juga ditanggung oleh penipu tersebut mendapatkan celaan oleh orang terdekatnya.

Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!


Berikut ini beberapa jenis penipuan diantaranya ialah:

1. Phising


Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!
Phishing


Phising merupakan tindakan pencurian data diri / biodata Anda, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat Anda hingga nomor identitas Anda. Tujuan dari phising ini adalah untuk mengakses rekening bank Anda, ataupun untuk menyampaikan pesan yang bersifat fitnah menggunakan jati diri korban.

Phising biasanya selalu berdampingan dengan SPAM, dengan arti SPAMMER melancarkan serangan ke ribuan hingga jutaan calon korban melalui e-mail maupun telepon yang mengaku sebagai pegawai asuransi, petugas bank, dan berbagai pihak yang menurut korban berhak untuk meminta segala data diri Anda.

2. Ebay Scam (Penipuan dibawah harga pasar)


Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!
Pasar palsu: harga jual barang lebih murah dari harga pasar


Jenis penipuan kedua yakni mencoba untuk menjual barang dengan harga yang jauh dibawah pasar sehingga orang tertarik untuk membeli tanpa harus berpikir panjang. Biasanya barang yang dijual memiliki harga di atas $1,000 seperti TV Plasma, PC Gaming, Laptop Gaming, LCD, Spare Part Motor dan Mobil dan lain sebagainya.

Setelah korban melakukan transaksi dan proses pembayaran telah selesai, biasanya barang yang dikirim adalah barang palsu atau bahkan barang rusak atau yang lebih parahnya, tidak mengirim apapun.

3. Nigeria Letter


Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!
Nigerian Letter


Sebagian besar jenis penipuan ini berasal dari Nigeria, sehingga disebut sebagai Nigeria Letter. Anda mungkin pernah mendapatkan sebuah E-Mail yang sangat mengejutkan berisi tentang ajakan untuk membantu dalam pencucian uang.

Dimana Anda akan dilibatkan dan diberi komisi dengan nilai yang sungguh luar biasa, atau seorang pengacara yang memegang harta klientnya yang telah tewas sekeluarga sehingga bingung harta warisannya akan jatuh ke tangan Anda.

Kesamaan dari jenis penipuan ini adalah keharusan Anda membayar pajak terlebih dahulu sebesar beberapa persen dari nilai yang akan Anda dapatkan, ketika pajak Anda bayar, mereka akan hilang bersama uang Anda.

4. Online Lottery (Undian Online)


Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!
Lottery


Online Lottery dan Nigeria Letter mempunyai skema yang sama dengan trik yang sama pula namun dengan chase yang berbeda. Untuk Online Lottery anda dibuat tergiur bukan karena harta warisan, tetapi oleh uang dari menang Lottery yang tidak pernah Anda ikuti sama sekali.

5. Ponzi Scheme (Skema Ponzi)


Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!
Charles Ponzi


Ponzi adalah nama orang yang menerapkan skema ini. Ini adalah skema penipuan terstruktur namun pasti akan ketahuan. Salah satu Pelaku Ponzi terbesar yang terbuka kedoknya abad ini adalah Bernard Madoff yang telah berhasil menipu sebesar $40 Miliar atau 400 Triliun Rupiah.

Skema dari Ponzi adalah, menawarkan sebuah program investasi dengan bunga / Return of Investment (ROI) yang diluar akal sehat, dan Anda akan mendapatkan hasil dari korban berikutnya. Ketika sudah tidak member baru / korban baru, maka jenis penipuan ini akan terungkap.

Untuk menghindari hal ini sangatlah sulit, karena sebuah perusahaan yang memiliki dokumen legal pun tetap melakukan penipuan ini.

6. HYIP (High Yield Investment Program)

Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!


Salah satu jenis program yang menggunakan skema Ponzi. 90% dari HYIP adalah bohong dan 10% sisanya menunggu antrian untuk dicap sebagai pembohong, mengapa? Bos HYIP biasanya menggunakan modal yang besar untuk mendapatkan dana yang besar pula.

Mereka rela membayar member mereka selama beberapa tahun untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon investor, sehingga investor yang tidak berhati-hati akan langsung melakukan investasi secara besar-besaran.

7. Scam E-mail Junk
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!


Karena Anda tidak pernah nyebarin e-mail sembarangan, bukan berarti e-mail-mu udah pasti aman dari scam. Biasanya, e-mail tidak jelas tersebut bakalan langsung masuk ke folder junk-mu. Walaupun “subject”nya tidak mencurigakan, tapi biasanya kalau Anda ngeklik link atau bahkan ngebuka pesannya aja tuh bisa bikin akun e-mail-mu bermasalah.

Mulai dari tiba-tiba inbox hilang, atau bahkan bikin akun e-mail-mu ngirim pesan-pesan tidak jelas ke kontak lain. Daripada e-mail-mu bermasalah, terlebih lagi e-mail kantor dan bisnis, sebaiknya tidak usah buka pesan yang belum jelas.

8. E-mail bersahabat yang masuk ke inbox


Kalau ada pesan yang masuk ke junk sih emang kalau bisa tidak usah dibuka. Tapi, ada juga e-mail yang masih masuk ke kotak pesan. Biasanya, e-mail ini bersahabat banget. Bahasanya rapih dan susunan kalimatnya bagus plus alamat e-mail-nya cukup terpercaya.

Biasanya, isinya berupa minta tolong yang berhubungan dengan saham, imigrasi, deportasi dan soal kenegaraan yang lain. Pertama kali terima e-mail macam tersebut pasti kamu tidak bakalan tahu kalau itu scam. Hati-hati ya! cukup dibaca aja.

9. E-mail Atas Nama Kartu Kredit


Ada juga jenis scam yang mengirimkan e-mail mengatasnamakan bank kartu kreditmu dan menginformasikan kalau kartu kreditmu bermasalah dan minta kamu mengklik sebuah tautan. Kalau udah terima e-mail jenis itu, hati-hati. Daripada Anda buka link-nya, mendingan langsung hubungi perusahaan kartu kreditmu untuk mengvalidasi notifikasi tersebut.

10. Tawaran Kerja Fanstastic
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!


Siapa sih yang nggak penasaran kalau terima e-mail yang berisi tawaran kerja? Hm, tapi, kalau kamu nggak ngerasa apply tapi bisa dapat tawaran yang super menggiurkan, apa nggak mencurigakan? Coba validasi pengirim dan perusahaan yang disebutin dulu sebelum kamu ngikutin langkah-langkah yang diminta, kayak misalnya beralih ke sebuah link atau mengisi data diri.

11. Scam Lewat Pesan di Sosial Media
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!


Selain lewat e-mail, ada juga scam lewat pesan di akun sosial mediamu, Facebook biasanya. Sang akun scam tersebut bakalan ngirim pesan nggak jelas dengan link. Nah, permasalahnnya, link tersebut yang bisa nge-hack akun sosial mediamu. Hati-hati, bisa-bisa sang hacker mengambil alih akun sosial mediamu itu lho.

12. Kartu Kredit yang Amblas
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!

Salah satu kekurangan lain kalau kamu belanja di tempat jual beli online yang nggak terpercaya adalah kemungkinan kartu kreditmu yang jebol. Makanya, penting banget untuk terus ngecek status kartu kreditmu dan terus bertransaksi di tempat yang terjamin ya!

13. Virus Bawaan dari Unduhan File yang Tidak Jelas
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!


Buat Anda yang hobi download aplikasi atau film di internet, usahain berhati-hati dan jangan asal ngeklik link yang ada. Kalau Anda asal ngeklik aja, Anda bukannya mengunduh film aja, tapi juga mengunduh virus-virus yang sepaket dengan film tersebut. Yuk, teliti saat download sesuatu di internet!

14. Password yang Jebol
Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu!

Terakhir, scam password yang jebol juga banyak terjadi di internet. Misalnya saja saat lagi mendaftarkan akun di website baru, usahakan jangan langsung kasih link ke beragam akun sosial mediamu.
Bisa jadi, web tersebut belum terpercaya dan malah bisa ngebobol akun sosial mediamu. Apalagi buat tipe orang yang menggunakan password yang sama di setiap sosial medianya. Kalau satu udah jebol, bisa-bisa akun yang lain juga ikut dirampas.

Yuk berhati-hati saat bermain di dunia maya. Bukan hanya akun kamu aja yang bisa diretas, tapi data pribadimu juga jadi taruhannya.

Demikian dari postingan saya siang kali yang membahas Macam-Macam Jenis Penipuan / Scam Tidak Banyak Anda Tahu! semoga bermanfaat untuk kita semua.

referensi:
https://www.shopback.co.id/blog/9-macam-scam-yang-banyak-tersebar-di-dunia-maya