Apa itu Scam? Mengapa Scam Dilarang didalam Islam?

Scam adalah hal perbuatan manipulasi atau aksi penipuan, yang dilakukan oleh suatu badan usaha dan perorangan, dengan cara manipulasi suatu hal untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. yang dilakukan hanya untuk mendapatkan keuntungan.
Apa itu Scam? Mengapa Scam Dilarang didalam Islam?
Apa itu Scam? Mengapa Scam Dilarang didalam Islam?

Jadi setelah mendapatkan yang diinginkan(keuntungan), pelaku disebut sebagai (scammer) dan kabur meningalkan korbannya.

Lalu, Apakah Perbuatan Scam Ini Dilarang didalam Islam?


Syaikh ‘Abdullah Al Fauzan berkata, "Pengelabuan atau akal-akalan pada sesuatu yang telah Allah haramkan menyebabkan murka dan laknat Allah. Orang yang melakukan akal-akalan itu berdosa disebabkan karena melakukan tipu daya terhadap Allah Ta’ala. Orang seperti ini telah menyerupai orang-orang Yahudi yang terkena murka Allah. Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka. Telah banyak bentuk akal-akalan di zaman ini, lebih-lebih dalam masalah jual beli. Itu bisa terjadi karena lemahnya iman dan kurangnya rasa takut pada Allah, juga karena meremehkan hukum syari’at. Ini pun disebabkan karena sudah terfitnah dengan dunia." (Minhatul ‘Allam, 6: 17).

Dari Abu Hurairah, ia berkata,
"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati setumpuk makanan, lalu beliau memasukkan tangannya ke dalamnya, kemudian tangan beliau menyentuh sesuatu yang basah, maka pun beliau bertanya, 
"Apa ini wahai pemilik makanan?"

Sang pemiliknya menjawab, 
"Makanan tersebut terkena air hujan wahai Rasulullah."

Beliau bersabda, 
Mengapa kamu tidak meletakkannya di bagian makanan agar manusia dapat melihatnya? Ketahuilah, barangsiapa menipu maka dia bukan dari golongan kami.” (HR. Muslim no. 102).

Jika dikatakan tidak termasuk golongan kami, maka itu menunjukkan perbuatan tersebut termasuk dosa besar.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا، وَالْمَكْرُ وَالْخِدَاعُ فِي النَّارِ

Artinya:
"Barangsiapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka" (HR. Ibnu Hibban 2: 326. Hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani dalam Ash Shahihah no. 1058).

Demikian dari artikel saya pada pagi hari ini yang bertemakan Apa itu Scam? Mengapa Scam Dilarang didalam Islam?, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan saya sendiri tentu dan semoga kita terhindar dari perilaku tercela ini. karena masih banyak cara lain selain ini. Terima sudah mampir kesini dan sampai jumpai.

sumber:
https://rumaysho.com/7154-penipuan-dan-pengelabuan-dalam-jual-beli.html