Apa itu Phishing? Bagaimana Cara Kerja Phishing?

Phising yakni suatu metode yang sering digunakan oleh para hacker untuk mencuri kata sandi dengan cara mengelabui korban menggunakan fake form login (login palsu) pada website palsu yang menyerupai websitte aslinya.

Apa itu Phishing? Bagaimana Cara Kerja Phishing?
Apa itu Phishing? Bagaimana Cara Kerja Phishing?


Pada beberapa kasus lainnya, situs palsu (web scam) tersebut tidak terlalu mirip dengan aslinya. Namun, dikarenakan korban kurang berwaspada dan tidak mempunyai pengalaman tentang metode phishing maka korban bisa saja terjebak.

Istilah Phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing berarti memancing, yakni memancing informasi berupa username, email dan bahkan kata sandi pengguna (wikipedia). Penulisan dalam bahasa inggris menggunakan kata phishing tapi masyarakat Indonesia sering salah menulis menjadi phising.

Bila kita tahu cara kerja phising  maka sangat memudahkan kita untuk menghindarinya. 
Cara Kerja Phishing
Cara Kerja Phishing

Cara Kerja Phishing Sebagai Berikut

  1. Dengan suatu cara peretas yang membuat kita melakukan klik terhadap link website palsu mereka, bisa dengan bentuk sebuah gambar menarik di media sosial, bujukan pada email yang menggiurkan dan lain-lain.
  2. Setelah melakukan klik, kita akan diarahkan ke situs palsu mereka, yang mana pada situs itu terdapat form login. Contohnya seperti form log in facebook dengan kata kata yang meyakinkan bahwa facebook kita telah log out dan meminta kita memasukkan username dan password kembali. kita yang tidak menyangka bahwa situs tersebut hanyalah tiruan
  3. Apa yang kita masukkan ke form isian itu akan tersimpan di server peretas. Jadi, kita masih punya waktu untuk cepat merubah kata sandi akun kita sebelum peretas menggunakan username dan password kita.
  4. Akun kita akan di ambil alih. peretas kemungkinan besar menggunakan akun kita dengan seenaknnya untuk menyebarkan URL psihing websitenya kepada teman-teman kita di sosial media untuk mendapatkan korban yang lebih banyak lagi.

Meretas password dengan cara phishing merupakan yang paling mudah di praktikkan, itu sebabnya banyak sekali di dunia maya tersebar rujukan alamat yang mengarahkan browser kita ke alamat web phishing atau web palsu.

Mahir membuat design blog itu sudah cukup untuk melakukan praktik phising ilegal ini. Dengan membuat situs tiruan yang tidak sama persis pun, kita masih tetap bisa melakukan metode phising ini, asalkan dapat meyakinkan si target.

Seperti situs phishing COC (Clash of Clan) dengan seenaknya mendapatkan Gems gratis atau situs phising BBM (BlackBerry Messenger) yang mana pada kenyataannya situs tersebut tidak pernah ada sebelumnya. namun korbannya cukup banyak.

Baca juga: Contoh Web Phishing

Demikian dari postingan malam hari ini yang bertema Apa itu Phishing? Bagaimana Cara Kerja Phishing?, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih banyak bagi sudah menyempatkan membaca disini dan Salam hangat dari blogger Indonesia.