Apa itu Kucing?

Kucing dalam bahasa latin (Felis silvestris catus) merupakan jenis hewan karnivora yang diyakini adalah keturunan dari hewan liar yang wujudnya menyerupai musang yang hidup pada 50 juta tahun lalu yang bernama Miacis.





Domestikasi atau proses untuk menjinakkan kucing dari hewan liar menjadi hewan peliharaan yang pertama kali tercatat dalam sejarah itu ditemukan pada catatan Mesir kuno sekitar tahun 4000 SM. Pada periode itu kucing dipelihara untuk menjaga toko bahan makanan dari upaya serangan tikus.

Kucing merupakana seekor binatang predator terhebat di bumi ini. Mangsanya sekitar ribuan spesies hewan, dan senjata berburunya juga sangat lengkap mulai dari gigi dan cakar untuk kekuatan, kaki yang lincah dan juga cepat dan memiliki peredam, mata dan telinga yang sangat tajam, hingga pola bulunya yang berkamuflase dengan alam sekitar.

Tapi hanya saja karena ukurannya cenderung kecil, kucing peliharaan tidaklah begitu berbahaya untuk manusia.

Kata "kucing" biasanya merujuk pada jenis kucing peliharaan yang berukuran kecil hingga sampai sedang. Namun sebenarnya Singa, Harimau, Macan dan keluarganya merupakan juga termasuk jenis kucing besar. Jenis spesies kucing peliharaan sendiri terbagi dalam beberapa penggelompokkan.

Jika dilihat dari segi ukurannya kucing terbagi menjadi kucing berukuran kecil seperti kucing rumah, kucing berukuran medium seperti kucing Savannah dan Bengal, kucing berukuran besar seperti Singa dan Harimau.