Mengapa GainMax Investasi Bodong?

Advertisement

Advertisement
GainMax Capital merupakan perusahaan investasi yang berfokus dalam cryptocurrency (yakni mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple dan lain sebagainnya). 

Yang memang akhir-akhir ini, Bitcoin sudah terkenal karena harganya meroket 100 kali lipat pada tahun 2017 dan akhirnya harga bitcoin pun turun 50%-150% pada bulan Januari-Mei 2018 saat ini dikarenakan isu perdebatan yang sedang hangat terjadi.

Mengapa GainMax Investasi Bodong? - Akizaku

Proposal GainMax 

Investasi dalam uang US dollar, investor dijamin untung 5 sampai 15% per minggu. Investasi dapat bisa dimulai dari $10 sampai dengan $100,000. Tentu saja semakin besar investasinya yang dikeluarkan, maka semakin besar bunga yang diberikan.

Besaran bunganya sangat bervariasi dan tergantung hasil investasi dari GainMax. Minggu ini, Anda dapat bunga sebesar 5%, minggu depan bisa meningkat 5,6%, bulan depan meningkat lagi 6%. Tapi minimal 5% per minggu untuk investasi dengan modal $10-$250. Sementara untuk investasi $10,000 dijamin minimal dapat 10% per minggu.


Pendapatan ini bisa bertambah kalau investor mencari anggota lain (downline). Untuk setiap downline yang didapat, investor bisa mendapatkan 5 hingga 15% dari nilai investasi pertama dari downline mereka.

Jadi apa risiko yang terjadi nanti? pihak GainMax mengatakan risiko terburuknya uang Anda 100% hilang total. Lalu mereka bilang dijamin minimal bunga 5% per minggu, mengapa ada risiko uang hilang 100%?

Analisa Berdasarkan Logika

Tentu saja, semua jenis investasi memiliki risiko masing-masing. Anda berinvestasi di saham, ada risiko di perusahaannya gagal dan pembagian sahamnya jadi hangus.  Tapi setidaknya, selama kita mengikuti berita seputar saham, kita dapat menghindari risiko tersebut atau juga kita bisa membeli saham perusahaan besar yang lebih aman.

Dalam website GainMax, informasi seperti itu tidak tersedia. Besaran bunga yang didapat tidak bisa ditebak. Bahkan bunga yang didapat itu berasal darimana dan kita tidak dapat mengetahuinya. Apakah GainMax mengikuti pertambangan bitcoin? Jadi, apakah uang dari para investor untuk membeli GPU / ASIC?

Besaran bunganya pun luar biasa besar, pada investasi paling kecil berarti bunga-nya minimal 20% per bulan (12*20% = 240% per tahun).  Dan pada investasi paling besar bunganya maksimal 60% per bulan (12*60% = 720% per tahun).


Jika memang invetasi GainMax sangat menguntungkan Bagaimana mungkin di brosur tercantum bunga minimal 5% per minggu, akan tetapi masih memiliki risiko uang hilang 100%? Tidak ada investasi tanpa risiko.

Bahwa GainMax tidak ada alamat perusahaan di Indonesia, bahkan juga tidak ada izin dari menteri keuangan / OJK. Sudah sangat mengkhawatir bila tiba-tiba GainMax menghilang, lalu kepada siapa investor harus meminta penjelasan ini?

Perlu Anda ketahui, bahwa semua perusahaan yang bergerak dibidang investasi yang beroperasi di Indonesia wajib memperoleh izin dari OJK. Tanpa terkecuali, walaupun itu perusahaan internasional papan atas sekalipun.

Analisa Online Untuk Menganalisa Kebenaran Perusahaan Tersebut

Saat saya baca brosurnya, GainMax mencantumkan web Companies House, sebuah situs pemerintah Inggris yang memuat database perusahaan di Inggris. Saat saya cari, GainMax terdaftar sebagai perusahaan di Inggris mulai Juni 2017 dengan alamat di:
  • KEMP HOUSE
  • 160 CITY ROAD
  • LONDON
  • UNITED KINGDOM
Ketika saya cari di pencarian google dan mengetik alamat itu, ternyata alamat itu yakni alamat virtual office. Virtual office adalah alamat yang dapat disewa sehingga seolah perusahaan memiliki bangunan di alamat tersebut, padahal perusahaan hanya numpang alamat dalam surat menyurat.

Tentu saja tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan virtual office untuk meningkatkan pamor mereka, tapi umumnya penyewa virtual office adalah perusahaan kecil (personal) atau penipu.

Baca juga: Anda Harus Hati-Hati dengan Scam Bitcoin Berikut ini !

Tercantum di database Companies House bukan berarti perusahaan itu kredibel, hanya berarti alamat perusahaan itu benar adanya.Akan tetapi masalah itu terdapat pengelola, pendapatan, dan sebagainya tidak terjamin.

Kemudian kita membuka website resmi GainMax, ternyata video perusahaannya dibuat oleh salah satu anggota fiverr, situs fiver yang menawarkan berbagai macam jasa mulai dari $5 per jasa. Bagaimana mungkin perusahaan besar menyewa aktor $5 untuk video perusahaan tersebut?

Analisa Lanjutan Berdasarkan Bukti Data GainMax Penipu

Kemudian saya mencoba mencari GainMax di Google dengan kata kunci "GainMax scam" dan hasilnya adalaha banyak website yang mencap GainMax sebagai Ponzi Scheme atau sistem money game.

Alih-alih berinvestasi, perusahaan money game memberikan bunga pada investor dari setoran investor lainnya. Pada saat sudah besar, pengelola perusahaan tinggal kabur, meninggalkan agennya. akhirnya pun agen harus berhadapan dan bertanggung jawab terhadapa investor.

Penjelasan GainMax lainnya bisa dilihat di web disini dan disini yang intinya semua menilai GainMax sebagai investasi bodong!

Penipuan GainMax Berkedok Skema Ponzi / Money Game 

1. Pada tanggal 19 Maret 2018, FCA (badan pengawas investasi, semacam OJK di Inggris, tempat asal GainMax) menyatakan bahwa GainMax berstatus WARNING. Artinya GainMax beroperasi tidak sah, tidak resmi dan dicurigai scam.

2. Pada tanggal 7 Maret 2018, ternyata GainMax Indonesia sudah dilarang beroperasi oleh OJK. Sumber berita Detik.com.

Apakah Anda pernah mendengar kasus First Travel? Bagaimana caranya First Travel bisa menipu 73,000 konsumen?

Caranya dengan memberangkatkan 14,000 konsumen dengan menggunakan uang konsumen lainnya. Dari 14,000 konsumen tersebut sudah dipastikan tidak sedikit jumlah.

Setelah semakin banyak orang yang tertipu, maka First Travel dengan mudahnya membuka kedok mereka. Biarpun dihukum penjara, pelakunya tetap tenang, karena setelah keluar penjara mereka tinggal menarik uang dan bunganya dari bank di luar negeri.

Kasus itu bakal terjadi di GainMax. Pada awalnya investor akan mendapatkan bunga mereka secara lancar, tapi perlahan bunga akan macet kemudian GainMax menghilang.

Pembaruan Seputar GainMax Investasi Bodong


  • Menambah informasi bunga per tahun biar kelihatan jumlahnya. Menambah informasi awal operasi GainMax.
  • FCA sudah mengeluarkan warning untuk GainMax.
  • OJK melarang operasional GainMax Indonesia
Demikian dari postingan saya kali ini yang mengenai Mengapa GainMax Investasi Bodong?, semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita terhindar penipuan seperti ini. Amin, Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam hangat dari Blogger Indonesia.

Referensi:
http://seriously.c97.net/blog/investasi-gainmax-bodong-atau-bohong.php