Apa itu ICO? Pengertian dari ICO (Initial Coin Offering)

Advertisement

Advertisement
ICO merupakan singkatan dari Initial Coin Offering, dan akhir-akhir ini semakin banyaknya perkembangannya terlebih pada tahun 2017, para developer (pengembang) menggunakan metode tersebut untuk mengumpulkan dana untuk mengembangkan proyek mereka. Dana yang terkumpul tidak tanggung-tanggung bisa mencapai jutaan dollar.

Baca juga: Giveaway ICO Gratis 50 WCX 1 Token = 5 USD

Apa itu ICO? Pengertian dari ICO (Initial Coin Offering)
Apa itu ICO? Pengertian dari ICO (Initial Coin Offering)
ICO pertama kali dilakukan pada tahun 2013 dan coin pertama yang luncurkan dari ICO ini adalah kriptokoin Mastercoin atau OMNI. Yaitu merupakan sebuah cryptocurrency dan protokol komunikasi berbasis Blockchain yang telah mengumpulkan banyak tokennya pada bulan Juli 2013 di forum Bitcointalk.org.

Ethereum saat ini merupakan kampanye paling sukses yang pernah dilakukan dan koinnya saat ini telah mencapai harga 0.12 BTC / ETH. Tahun lalu setelah kampanye pendanaan yang berhasil di tahun 2014.

Baca juga: Cara Mendapatkan Bitcoin 0.001 BTC Gratis dari App.Coins.id

Ethereum sebagai criptocurrency yang diluncurkan pada tahun 2015. Sejak saat itu telah mampu menjadi mata uang koin terbesar kedua setelah bitcoin.

Apa itu ICO ?

ICO merupakan Kepanjangan dari Initial Coin Offering. Initial artinya berarti terawal, Coin artinya token atau coin digital dan Offering artinya penawaran, bila di artikan secara keseluruhan artinya penawaran coin terawal sebelum diluncurkan ke pasar bebas.

Baca juga: Voucher Bitcoin.co.id Memiliki Banyak Manfaat

Apa Tujuan dari ICO?

ICO ini biasanya di tawarkan oleh para developer (pengembang) dimana tujuan mereka adalah mengumpulkan dana untuk mengembangkan proyek (pekerjaan) yang mereka lakukan dalam hal ini adalah coin digital. Mereka membutuhkan dana guna memaksilkan proyek yang mereka lakukan agar cepat berkembang dan dapat secepatnya rampung.

Baca juga: Cara Menambang Zcash di Pool Mining

Apa Keuntungan dari ICO?

Bagi para developer mereka akan mendapatkan bantuan dana guna mempercepat proyek yang mereka kembangkan sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Bagi para investor akan mendapatkan token atau coin yang mana nantinya coin tersebut dapat diperdagangkan secara bebas di market exchanger.

Keuntungan bagi para investor yang mengikuti ICO, sebelum coin tersebut di luncurkan ke pasar bebas adalah harga yang diberikan akan lebih murah. Dan biasanya saat coin tersebut di luncurkan harganya akan melonjak hingga lebih dari 5x lipat dari harga ICO. Inilah yang membuat para investor menikmati adanya ICO ini.

Baca juga: Auto Trading (Menghasilkan Uang Jutaan) Bersama Bitconnect

Apa Kerugian dari ICO?

Di balik keuntungan pasti ada kerugian yang mendatanginya. Karena ICO sifatnya investasi maka kita mengeluarkan uang dan memberikan kepada pihak ketiga dan uang tersebut bisa saja tidak digunakan sesuai perjanjian saat ICO yaitu di bawa lari tanpa adanya keterangan yang jelas atau lebih di kenal dengan SCAM.

Beberapa hal menjadi permasalahan terjadinya SCAM saat ICO yaitu tidak jelasnya proyek, tujuan mengumpulkan dana yang dilakukan oleh developer serta tim yang tidak jelas atau tidak terpampang. Biasanya hal ini akan di jelaskan dalam whitepaper.

Baca juga: Forex Bitcoin Bisa Membuat Orang Kaya

Apa hubungan antara ICO dan IPO?

IPO adalah merupakan sebuah singkatan dari Initial Public Offering yang mana ini merupakan sebuah investasi dalam sebuah perusahaan seperti misalnya google, facebook dan akan mendapatkan sekian saham dari investasi tersebut.


Perbedaan yang paling mencolok dari IPO dan ICO yaitu IPO saat hendak mengumpulkan dana harus
melalui banyak regulasi seperti institusi pemerintahan, institusi keungan, izin-izin dan ini pun belum sepenuhnya bisa diterima nantinya.

Sedangkan ICO lebih simple dan mudah tanpa melalui regulasi yang rumit seperti IPO serta dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin melakukan investasi. Uniknya lagi tidak ada batas minimal untuk berinvestasi di ICO.

Bentuk Investasi ICO

ICO digunakan pada investasi online yang mana lebih condong ke mata uang digital atau cryptocurrency seperti bitcoin yang merupakan cryprocurrency pertama.

Sekian dari postingan saya kali mengenai Apa itu ICO? Pengertian dari ICO (Initial Coin Offering), semoga bermanfaat