Bagaimana cara Memulai Bisnis Online Kita?

Bisnis Online adalah merupakan sebuah usaha untuk memutarkan uang demi mendapatkan keuntungan lebih melalui dengan internet. Maka dari itu syarat utama untuk Anda yang ingin berbisnis online yaitu koneksi internet, dan modal.

Masalah utama yang dihadapi oleh para pemula, ketika mereka ingin berbisnis online adalah bingung. Ya, benar. mereka bingung harus memulai dari mana? dan bisnis online mana yang harus dipilih oleh mereka? apakah bisnis A, B atau C ?

Bagaimana cara Memulai Bisnis Online Kita?
Bagaimana cara Memulai Bisnis Online Kita?
Semua hal itu adalah wajar, dulu waktu saya baru pertama mengenal Bisnis Online, saya juga sempat bingung dalam memulainya, namun saya bersyukur sekarang sudah menemukan bisnis online yang tepat untuk saya. Dalam postingan ini, saya akan membagikan pengalaman saya dalam berbisnis online.

1. Kenali bakat Anda

Sebelum memulai bisnis online, tentu Anda harus mengetahui apa bakat Anda ?

Apakah Anda memiliki ilmu/jago dalam marketing/promosi? Jika ya maka bisnis online yang tepat untuk Anda adalah sebagai Affiliate Amazon, Affliasi Lazada, dll.

Apakah Anda sangat ahli dalam mendesain sesuatu hal? Silahkan coba Anda jual hasil karya Anda di Shutterstock

Apakah Anda lebih jago mengedit video? Videohive adalah merupakan sebuah website yang tepat untuk menjual hasil karya milik Anda

Apakah Anda bisa membuat kerajinan tangan? ingin bisnis tersebut go online, coba jual melalui toko online. seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll

Kesimpulan dari ini adalah jangan memikirkan berapa pendapatan yang kita dapatkan, karena yang terpenting sekarang adalah mengembangkan bakat Anda, buatlah diri Anda pantas untuk dibayar mahal.

2. Pilih bisnis online yang Tepat

Seperti yang kita katakan diatas, bisnis online itu ada banyak sekali jenisnya, maka penting unuk Anda mengetahui kekurang dan kelebihan dari setiap bisnis online yang ada, dan berikut ulasan dari saya.

a. PTC (pay to click)

PayToClick atau biasa dibilang dalam sebutan PTC adalah merupakan sebuah bisnis online dengan sistem pembayaran per klik, jadi uang yang kita dapatkan berdasarkan banyaknya jumlah klik yang kita peroleh.

Situs penyedia PTC: Neobux, Clixsense, Cliquesteria, Cliquebook, ClixUnion, Uniclique, GuruClix

b. PPC (pay per click)

PPC mempunyai sistem mekanisme kerja yang hampir sama dengan PTC, dan perbedaan PPC dengan PTC yaitu hanyalah orang klik iklan yang disediakan oleh pengiklan PPC, yang mana dari dalam bisnis online PTC, Anda sebagai orang yang mengklik iklannya, sementara di PPC orang lain yang harus mengkliknya.

Situs penyedia PPC: Google Adsense

c. PPD (pay per download)

PPD, Tidak jauh berbeda dengan kedua bisnis online diatas, dan sesuai dengan namanya PPD akan membayar Anda setiap orang lain yang download file, film, dll milik kita. Jadi tugas kita disini adalah upload file, selanjutnya menyuruh orang lain untuk download file yang kita upload.

Situs penyedia PPD Terbaik : Tusfiles

3. Belajar dari orang yang telah sukses dan berpengalaman

Kita tidak harus bertanya kepada orang berpengalaman, contoh: ada orang sukses dari Google AdSense dan pendapatan per bulan dia sudah mencapai ratusan juta, lantas Anda tidak perlu bertanya "Gan, Bagaimana cara dapat 100 juta per bulan?'

Itu tidak perlu, yang kita maksudkan belajar dari orang sukses tersebut adalah mempelajari, meniru dan memodifikasi apa yang dilakukan oleh orang tersebut. Jadi disini kita menggunakan teknik ATM (amati tiru modifikasi).

4. Pelajari prospek bisnis online yang Anda pilih

Walaupun kita harus mengetahui bagaimana cara belajar bisnis online yang kita pilih tersebut, contoh kita memilih bisnis online di Amazon, maka sebelumnya itu kita cari terlebih dahulu mengenai bisnis tersebut di masa yang akan datang, apakah bisnis tersebut bagus atau buruk, semua itu kita lakukan untuk menjamin bisnis yang akan kita jalankan, jangan sampai baru mulai sudah scam (tidak membayar).

Namun, kita tidak disarankan terlalu lama dalam menganalisa, karena justru hal tersebut akan membuat Anda tidak segera action, dan akibatnya Anda akan tertinggal atau diam di tempat saja.

5. Action

Jika semua persiapan sudah selesai, kini saatnya Anda untuk segera action, dan yang jelas jangan takut untuk gagal, karena orang yang berhasil adalah orang-orang yang dulunya pernah merasakan pahitnya kegagalan.


Demikian dari postingan saya kali ini yang mengenai "Bagaimana cara Memulai Bisnis Online Kita?", semoga bermanfaat dan semangat belajar bisnis online sejak sekarang.