Tips Bagaimana Cara Suara Kita Merdu Dan Sedap Didengar

Advertisement

Advertisement
Tips Bagaimana Cara Suara Kita Merdu Dan Sedap Didengar
Vokal Music
Baiklah sudah lama tidak memposting baru dalam blog, kali ini saya akan memberikan tips bagi anda ingin suara bagus atau suara merdu agar enak didengar oleh orang. Suara semua orang itu berbeda-beda, vokal standar penyanyi yaitu 3 oktaf. 

Apa pengertian oktaf? oktaf  merupakan suatu naiknya tingkatan nada dalam sebuah jarak interval, dan juga sebagai dua atau lebih dari nada yang menghasilkan nada yang lebih tinggi.
oktaf
Oktaf Nada

Dari oktaf rendah sampai dengan oktaf tertinggi berdasarkan scale masing-masing seperti Do, Re Mi, Fa, Sol, La, Si, Do sampai 3 oktaf. Akan tetapi ada juga orang yang memiliki range vokal diatas 3 oktaf bisa sampai ada 4, 5, dan juga 6 oktaf. 

Tapi Anda jangan khawatir karena suara tinggi bisa dilatih, dalam kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang latihan vocal suara, walaupun saya tidak belum bisa dalam hal tarik suara saya.

Cara Melatih Suara Anda agar Merdu
  • Lakukan pemanasan. lemaskan pita suara Anda dengan menyanyikan bunyi "ah"-"mah"-"doh"- atau "mi'-"mei"-"mah"-"mow"-"mu" dalam oktaf rendah maupun sampai oktaf tinggi scale vokal Anda.
  • Lakukan latihan ini sesering mungkin, lebih bagus kalau anda latihan setiap hari, karena pita suara Anda dapat kembali melempem/melemas jika tidak sering dilatih, dengan lakukan latihan dengan piano atau keyboard agar nada Anda lebih sama dengan nada yang dikeluarkan.
  • Menyanyikan 1 lagu yang kira-kira Anda mampu mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi lagu tersebut 2 sampai 3 kali. sebaiknya dilakukan dengan cara santai dan ambil napas yang secukupnya, dan konsentrasi kalau nada tinggi itu mudah kamu capai. Setelah mampu menyanyikan nada tinggi dengan baik, maka latihlah suara kamu dengan lagu lain yang nada tingginya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya.
  • Menyanyikan 1 lagu yang Anda mampu mencapai oktaf terendah Anda. Ikuti cara latihan yang dinomor 3. Jika menemukan kesulitan, coba menyanyikan "mah"dan "ah". Setelah mampu menyanyikan nada rendah dengan baik, maka melatihkan suara Anda dengan lagu lain yang nada rendahnya kurang lebih sama dengan lagu sebelumnya
Selama  Melakukan latihan Anda harus menghindari pekat pada pita Anda
  • Hindari komsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu, karena susu mengandung zat yang membuat melapisi pita suara Anda dan menyebabkan pita suara menjadi tegang. disarankan meminum teh hangat untuk menghilangkannya.
  • Banyak minum air putih
  • Jangan pernah Anda memaksakan kemampuan oktaf Anda! ulangi perlahan-lahan dengan  mengatur napas Anda yang cukup
  • Setelah Anda berhasil mencapai suatu oktaf yang diinginkan dengan sempurna, maka otomatis oktaf itu akan sangat mudah anda capai
  • Nikmati latihan ini. jika kamu berlatih dengan santai, maka suara yang Anda hasilkan akan terdengar lebih jelas dan santai
Semoga dengan artikel Tips Bagaimana Cara Suara Kita Merdu Dan sedap Didengar ini bermanfaat. Silakan di share ke teman-teman Anda. Terima Kasih.