Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin adalah mata uang elektronik yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti layaknya Rupiah (IDR) / Dollar (USD), namun hanya tersedia di dunia digital.

Bitcoin
Apa itu Bitcoin?
Fitur yang dimiliki bitcoin sebagai mata uang digital, yaitu:
  • Transfer cepat
  • Bebas mengirim
  • Biaya transfer sangat kecil
  • Transaksi bersifat irreversible
  • Transaksi bitcoin bersifat anonim
  • Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun
  • Jumlahnya terbatas
Anda bebas mengirim bitcoin Anda ke berbagai macam di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Dompet Bitcoin Anda. Dompet ini harus terinstall di kedua belah pihak, bisa dengan PC/laptop, tablet dan smartphone.

Setelah menginstall dompet, Anda akan mendapatkan Alamat Bitcoin Anda. Untuk transfer bitcoin mudah sekali, buka aplikasi dompet, masukan Alamat Bitcoin yang dituju dan jumlah bitcoin yang ingin di transfer, kemudian Anda kirim.

Lalu Anda ingin bertanya, kalau tidak ada perusahaan yang mengelola, lalu dimana data keuangan disimpan ? Di komputer Anda sendiri (dalam dompet) dan jaringan ujung ke ujung di seluruh dunia.

Mata uang bitcoin Anda disimpan di komputer Anda di dalam dompet Anda. Jika komputer Anda rusak sama seperti uang bitcoin Anda hilang, jadi dompet bitcoin harus di-backup/cadangan secara teratur ke media penyimpanan lainnya. Ketika melakukan transaksi, di dalam jaringan bitcoin akan
memberikan bukti data yang Anda masukan sehingga tidak terjadi kecurangan.
Mengapa orang mulai meramaikan membeli dan menggunakan bitcoin?
Bitcoin dibuat dengan kepercayaan bahwa mata uang yang baik adalah tidak di atur oleh pemerintah atau pusat bank. Krisis finansial beberapa waktu yang lalu menegaskan bahwa pemerintah selalu lambat dalam menjaga kestabilan ekonomi.

Pemerintah di percaya selalu dikuasai oleh orang-orang yang korupsi dan hanya bekerja hanya demi untuk keuntungan pribadi baginya saja, sehingga keputusan finansial selalu berpihak kepada pengusaha besar belaka.

Konsep ini cukup menarik bagi seluruh orang terutama para geek di dunia IT. Mereka mulai menyetorkan aset uang mereka dalam bentuk mata uang virtual bitcoin, sementara itu perekonomian dunia semakin selalu berubah-ubah terbukti dengan adanya keadaan yang berbahaya bagi perbankan Amerika dan Eropa.

Bitcoin dipercayai akan menjadi mata uang virtual dan komoditas universal sehingga harga akan selalu melambung tinggi. Dan ini terbukti, lihat tahun ini pada bulan (Januari 2013) 1 BTC (satuan mata uang virtual bitcoin) diperjualbelikan dengan harga berkisaran $13 USD, sedangkan pada bulan (Mei 2013) 1 BTC dihargai dengan harga nilai $120 USD, itu berarti selama 5 bulan lalu nilai bitcoin telah melambung hampir 10 kali lipat.

Sekarang 1 BTC di apresiasi dengan nilai $860 USD pada bulan (Desember 2013) melambung 66 kali lipat dalam 1 tahun. Jika 2 tahun yang lalu (awal 2011) Anda mencoba-coba membeli bitcoin seharga $0,3 USD, saya mengucapkan selamat kepada Anda karena Anda sudah menjadi milioner.

Bitcoin juga memiliki dua fitur yaitu sifatnya tidak diketahui dan biaya transaksi rendah. Anda bisa melakukan transaksi tanpa harus memberikan identitas Anda sama sekali, hal ini dapat menjaga privasi Anda ke tingkat yang paling tinggi.

Siapa menerbitkan Bitcoin?

Bitcoin diciptakan dengan proses yang disebut "mining". Para miner tersebut sudah menggunakan komputer canggih untuk menguraikan program matematika yang kompleks untuk menemukan blok baru dari Bitcoin.

Sebagai hadiah bagi penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per blok ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC,cuman  sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus-menerus berkurang disamakan dengan bertambahkan jumlah Bitcoin. Sistem telah pasti bahwa maksimal bitcoin yang tersebar di dunia yaitu 21 Juta Bitcoin sehingga tidak akan terjadi proses inflasi.

Apakah Bitcoin Aman untuk bertransaksi berbagai macam?

Bahwa sistem bitcoin yang open source (terbuka untuk umum) layaknya seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan mengambil sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Kenyataan sistem ini telah di ulang kembali oleh berbagai kalangan yang profesional sebagai tanpa cacat sedikit pun.

Setiap data transaksi masa lalu tersimpan di semua ujung di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan kenyataan data yang benar oleh sejumlah ujung baru dinyatakan sah.

Sistem bitcoin aman, yang tidak aman adalah pengguna tersebut dan money exchanger (penukaran uang). Sama seperti layaknya kata sandi internet banking, hacker bisa dengan sangat mudah mencuri sejumlah uang dari Anda jika komputer terkena virus.

Bagaimana cara mendapatkan Mata Uang Bitcoin?

Anda dapat mendapatkan bitcoin itu dengan cara membeli dan menambang. Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di penukaran seperti bitcoin (indonesia), mtgox (US & Jepang), dan btcchina (China).

Apakah membeli Bitcoin akan menguntungkan?
Tapi kalau saya lihat dari perkembangan media yang meliput menyebabkan antusiasme akan bitcoin di mana-mana akan menciptakan permintaan yang sangat tinggi. Saya percaya harga Bitcoin akan terus melambung berkali-kali lipat, saya sendiri mulai menyetorkan sejumlah uang saya ke dalam bitcoin saya.

Namun tentunya saya tidak bertanggung jawab untuk terhadap segala kerugian yang seandainya akan dialami pembaca. Nilai penting dari bitcoin sekarang adalah sekitar $1,3 Miliar USD atau sekitar Rp. 13 Triliun Rupiah, $11 Miliar USD atau Rp. 130 Triliun Rupiah pada tanggal (14 Desember 2013), akan tetapi ini masih permulaan banyak orang yang belum mengetahui Bitcoin.

Semoga artikel ini untuk agar kita belajar tentang Bitcoin dan memahami proses-proses dari mata uang virtual yang terkenal ini. Silakan di share ke teman - teman anda. Terima kasih.