8 Hal Sebelum Investasi Cloud Mining

Banyak kejadian yang tidak sengaja bagi Bitcoiner yang melibatkan seluruh negara yang terjebak dengan SCAM atas mengatas namakan Cloud Mining. 

Dan yang lebih buruk lagi mungkin sikap dari kita yang hanya mengutamakan UNTUNG meskipun harus rela mengorbankan menggunakan uang anda sendiri, tragisnya banyak referal yang bertebar yang sudah tersebar ke umum dan masuk kedalam social media. 

8 Hal Sebelum Investasi Cloud Mining
Bitcoin Cloud Mining


Sebenarnya bukannya melarang menggunakan jasa Cloud Mining ini bertujuan supaya Anda tahu yang mana Cloud mining yang benar-benar mengeluarkan jasanya atau Cloud Mining palsu menggunakan skema ponzi.

Bagaimana Cara Supaya Tahu Invest Kita Legit atau Tidak ?
  1. Tidak ada alat penambangan.
    Misalnya ada cloud mining, Anda tidak tahu dimana dia menambang, alamat bitcoin address alat tambang mereka.

    Atau pengguna tidak bisa memilih yang diinginkan pool tambang yang akan dia pilih, bisa patut dicurigai cloud mining tersebut scam (penipu)

    tidak ada alasan untuk menyembunyikan bitcoin address mereka, karena dari disana kita bisa mengetahui apakah pool tersebut dapat terdapat block bitcoin atau tidak.

    Tidak mungkin sebuah pool yang tidak mendapatkan 1 block bitcoin bisa membagi hasil tambangnya.
  2. Tidak ada dukungan vendor Asic
    Penyedia perangkat mining / Asic vendors akan senang hati memberi dukungan terhadap perusahaan penambang, kenapa ?

    Karena bisa jadi sebagai iklan gratis untuk penyedia alat tersebut.

    Jadi, kalau tidak ada penyedia alat yg mendukung dengan cloud mining mereka, bisa  patut dicurigai mereka tidak benar - benar mining.
  3. Tidak ada gambar tentang hardware dan data pusat
    Kalau cloud mining akan tetapi tidak punya data center atau data pusat, tidak bisa menunjukkan alat tambang mereka, bagaimana bisa mereka mining pake alat apa?

    Pakai mimpi? yang perlu diingat bahwa GAMBAR BISA JADI DIMANIPULASI, jadi kalau cuman gambar saja tidak ada bukti itu punya mereka, bisa aja tetap palsu.
  4. Risiko penambangan
    Meskipun yang membuat cloud mining adalah penyedia hardware untuk penambang, harap di ingat bahwa mereka tidak bisa menjual hashrate secara instan dan unlimited, penyebabnya apa?

    Karena memesan hardware, menerima, mengatur, dan menjalankannya itu membutuhkan waktu yang tidak instan atau cepat.

    Kalau cloud mining langsung habis bayar langsung bisa mining, apalagi jumlah hash rate unlimited.

    Dan Anda juga tidak bisa tahu berapa hash rate mereka seluruhnya berapa ?, disewakan berapa ?, sisanya berapa ?, bisa patut dicurigai juga sebagai scam.

  5. Penyebaran program
    Membuat cloud mining itu secara jumlah untung Anda sangat kecil, jika mereka memberi promosi ke Anda berupa refferal yang sangat besar (10%) bisa jadi hanya scam.

    Refferal yang sesuatu untuk memikat hati Anda ini hampir sama dengan proses ponzi, jadi hati-hati saja kalau cloud mining memberi bonus macam-macam, mana untung malah rugi nanti.

  6. Admin tidak bersifat tertutup
    Anda harus mengetahuinya, siapa yang mengelola perusahaan cloud mining itu, tempatnya real, kalo di whois webnya tidak diprotect, alamatnya nyata dan ada.

    Kalau tidak ada, bagaimana kalau ada kejadian tak terduga yang tanggung jawab siapa? Pengen investasinya menguap tiba-tiba?
  7. Taktik 
    Kalau kita sudah nyewa, lalu tidak bisa hasil sewa ini di jual ke orang lain / penyedia, hati-hati itu trik dari cloud mining scam agar uang / investasi kita tidak bisa bawa lari kemana-mana.
  8. Bonus Palsu
    Sementara hanya bitcoinmaker.ch yang hanya menjanjikan bonus ini. Jika mereka menjanjikan profit yang besar.
Semoga artikel bermanfaat bagi kita semua agar kita terhindar investasi yang tidak karuan yang atas namakan Cloud Mining. Be Smart, Think Before You Invest.