15 Cara Mengamankan Wallet Bitcoin Anda

Advertisement

Advertisement
Bitcoin menggunakan tingkatan keamanan yang sangat tinggi jika kamu digunakan secara benar. Wallet Bitcoin merupakan sebuah tempat untuk menyimpan uang virtual ini. 

15 Cara Mengamankan Wallet Bitcoin Anda
Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang digital paling mahal saat ini, sehingga para hacker "Black Hat" untuk mengincar Bitcoin dari wallet para pengguna Bitcoin yang lemah keamanannya  sehingga saat ini sudah banyak yang kehilangan Bitcoin dari wallet miliknya terutama wallet berbasis web seperti Blockchain.

Cara mengamankan wallet Bitcoin


1. Jangan sebarkan private key wallet ke public

Private key adalah hal yang sangat penting dari wallet kamu. Mengapa saya bisa katakan seperti itu? dikarenakan private key itu dapat kamu gunakan untuk memindahkan wallet kamu dari layanan wallet yang satu ke lainnya.

2. Memberikan kata sandi lebih kuat

Dengan menggunakan kata sandi yang kuat, gunakan campuran huruf kecil atau besar, angka dan simbol. 

Jangan pernah menggunakan tanggal lahir, nama kota atau yang sejenisnya karena akan mudah ditebak. Contoh: *&8WPeD1a.C0m(*&^%$ atau menggunakan encryt md5 atau semacamnya dan simpan notepad di laptop, smartphone ataupun flashdisk.

3. Mengaktifkan two factor authentification

Pada umumnya dompet berbasis web di lengkapi fitur keamanan yang sangat aman yaitu two factor authentification (2fa) yang dapat kamu temukan di menu setting karena dompet berbasis web dapat diakses dimana pun.

Fitur ini berfungsi untuk mengidentifikasi akses masuk dalam akun anda berfungsi sebagai pemberitahuan, 2FA dapat berupa SMS, Google authentification, atau Authy authentification. 

Cara ini memang merepotkan tapi dengan cara ini akun kamu lebih aman walaupun orang lain tahu password account kamu, tetapi jika kamu pernah memberikan private key dompet kamu akan menjadi sia-sia saja.

Khusus untuk dompet berbasis software sangat direkomendasi untuk mengaktifkan fitur encryt kata sandi sehingga untuk membuka software dompet kamu memasukkan password keamanan terlebih dahulu.

4. Mengecek sebelum berkunjungi sebuah link mencurigakan

Yang sebelumnya pernah kunjungi yang telah terisi sebuah script phising untuk suntik komputer Anda dengan script merekam aktivitas yang Anda lakukan di komputer Anda. 

Url phising ini biasanya dikirim para pelaku ke email pada umumnya link yang tidak dapat dipercaya atau memiliki risiko akan masuk ke folder spam tapi tidak semua email yang ada difolder spam bersifat membahayakan.

5. Jangan menyimpan Bitcoin di website exchange

Jangan pernah menyimpan Bitcoin dalam jumlah besar di website Exchange dalam jangka waktu lama, karena dompet yang disediakan situs Exchange pada dasarnya adalah alamat wallet mereka apalagi jika dompet tersebut memiliki fitur membuat wallet baru (generate) maka dapat dipastikan Bitcoin anda akan hilang. 

Untuk menyimpan balance (saldo) Bitcoin dengan jumlah besar dan dalam jangka panjang sebaiknya gunakan wallet dari penyedia layanan khusus pembuatan wallet.

6. Waspada dengan layanan online yang tidak dikenal

Kamu seharusnya mempelajari berbagai jenis layanan yang didesain untuk menyimpan saldo kamu secara online. 

Banyak tempat penukaran dan dompet online yang pernah mengalami kelemahan keamanan. Umumnya mereka masih belum menyediakan kepastian dan keamanan yang ada untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti bank. 

Sebaiknya, Anda bisa menggunakan layanan Wallet Bitcoin lainnya. Jika tidak, Anda seharusnya memilih jenis layanan seperti ini dengan hati-hati. Sebagai tambahannya, sangat direkomendasi dengan memilih layanan yang menggunakan otentikasi dua-faktor.

7. Jumlah kecil untuk keperluan sehari-hari

Jika kamu tidak ingin menyimpan ribuan dollar di dalam dompet, kamu juga memiliki pertimbangan yang sama untuk wallet Bitcoin. 

Sebaiknya menyimpan Bitcoin dalam jumlah kecil di komputer, ponsel, atau server untuk digunakan sehari-hari dan simpan sisa uang Anda pada tempat yang lebih aman.

8. Back up dompet Bitcoin

Dengan disimpan di tempat yang aman, cadangan Wallet Anda dapat melindungi dari kerusakan komputer dan kesalahan oleh manusia. Pencadangan juga memungkinkan Anda untuk memulihkan dompet Anda.

9. Back up seluruh dompet Bitcoin
Dompet menggunakan kunci pribadi yang tersembunyi di dalamnya. Kalau Anda hanya memiliki cadangan kunci pribadi saja untuk alamat Bitcoin Anda yang terlihat, Anda mungkin tidak bisa mengembalikan sebagian besar uang Anda dengan cadangan Anda tersebut.

10. Enkripsi Back up Online

Cadangan apapun yang tersimpan secara online sangat rentan terhadap pencurian. Bahkan sebuah komputer yang terhubung dengan Internet kena akan perangkat lunak berbahaya. Dengan demikian, mengenkripsi cadangan apapun yang terkirim ke jaringan adalah sebuah langkah pengamanan yang baik.

11.Gunakan Banyak Tempat Yang Aman

1 poin kegagalan akan buruk untuk keamanan. Jika cadangan Anda tidak tergantung pada 1 lokasi, maka mengurangi risiko hal buruk terjadi bisa mencegah Anda untuk memulihkan dompet Anda. Anda mungkin harus mempertimbangkan menggunakan media lain seperti kunci USB, kertas, dan CD.

12. Lakukan back up secara berangsur-angsur

Anda harus mencadangkan dompet Anda secara teratur untuk kepastian semua perubahan alamat Bitcoin dan semua alamat Bitcoin baru buat akan termasuk dalam pencadangan Anda. Bagaimanapun, semua aplikasi akan segera menggunakan dompet yang hanya perlu dicadangkan sekali.

13. Mengelola mengenai wasiat 

Bitcoin Anda dapat hilang selamanya jika Anda tidak mempunyai rencana cadangan untuk teman dan keluarga Anda. 

Jika lokasi dompet atau kata sandi Anda tidak diketahui oleh siapapun ketika Anda sudah tidak ada, tidak ada harapan bahwa dana Anda akan pernah bisa ditemukan. Mengambil hanya sedikit waktu untuk hal tersebut bisa memberi perubahan yang besar.


14. Enkripsi dompet Bitcoin
Mengenkripsi dompet atau ponsel Anda agar Anda untuk mengatur kata sandi untuk mencegah orang lain menggunakan dana Anda. Hal ini membantu melindungi dari pencurian, walaupun tidak dapat melindungi dari perangkat keras atau lunak perekam ketikan.

15. Jangan pernah lupakan kata sandi

Anda musti tidak pernah lupa kata sandi atau uang Anda akan hilang secara tak akan bisa dikembalikan. Tidak seperti bank, Bitcoin hanya menyediakan pilihan yang sangat sedikit untuk pemulihan kata sandi.

Anda harus mengingat kata sandi Anda walaupun sudah bertahun-tahun tidak menggunakannya. Untuk jaga-jaga, Anda mungkin bisa menyimpan salinan kata sandi Anda di tempat yang aman seperti brankas.
Demikian dari artikel pembaruan pagi hari ini mengulas tentang 15 Cara Mengamankan Wallet Bitcoin Anda, semoga tips ini bisa membuat bitcoin kamu menjadi aman dan selamat dari tips yang saya.